Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

Fungsi Jintan Hitam. Ternyata Gak Cuma Buat Obat

July 21, 20214 min readFood

Kebanyakan orang mengenal fungsi jintan hitam sebagai ramuan obat-obatan herbal. Akan tetapi, rempah yang sering disebut habbatussauda ini ternyata juga bisa bikin masakan lebih enak dan lezat, lho. Gak cuma terkenal dalam masakan Indonesia, rempah-rempah ini juga lazim ditemui dalam kuliner India dan Timur Tengah.

Secara umum jintan memiliki bentuk yang mirip dengan adas. Tapi ukuran jintan sedikit lebih kecil dan warnanya pun lebih gelap. Jintan atau jinten merupakan salah satu rempah-rempah yang terbuat dari biji kering tanaman Cuminum cyminum, yaitu anggota dari keluarga peterseli.

Sedangkan jintan hitam atau yang habbatussauda memiliki jenis yang sedikit dengan jintan kebanyakan. Nah, untuk mengenal lebih jauh mengenai fungsi dan manfaat jintan hitam dalam masakan, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Jintan Hitam atau Habatussauda?

Jintan hitam atau habbatussauda ternyata berbeda dengan jintan putih atau jintan kebanyakan. Dikutip dari Healthline, jika jintan kebanyakan berasal dari tanaman Cuminum cyminum, maka jintan hitam berasal dari tanaman Nigella sativa. Dalam penyebutan bahasa Inggris, habbatussauda lebih sering disebut black seeds atau black caraway dibanding cumin yang merujuk pada jintan umumnya.

source: istockphoto

Tanaman Nigella sativa sendiri merupakan tanaman berbunga tahunan, dengan bunga berwarna ungu atau putih yang berasal dari keluarga Ranunculaceae. Tanaman ini umumnya berasal dari wilayah Asia Selatan, Asia Barat, Eropa Timur, dan khususnya Timur Tengah.

Meskipun terlihat berbeda dari semak-semak pada umumnya, tapi ia menghasilkan buah yang punya banyak biji kecil berwarna hitam. Biji hitam ini sudah digunakan sebagai bumbu masakan dan pengobatan selama ribuan tahun.

Fungsi Jintan Hitam dalam Masakan

Berdasarkan penelusuran arkeologis, para peneliti menemukan biji-bijian hitam ini di makan raja-raja Mesir Kuno yang menandakan sudah dikenal bermanfaat sejak ribuan tahun lalu.  Habbatussauda juga digunakan dalam memasak untuk menambah rasa pada roti, kari, dan acar di masyarakat kuno. Saat dimakan, bijinya memiliki rasa pahit getir yang sering disamakan dengan jintan atau oregano.

Nah, berikut di antaranya fungsi jintan hitam dalam masakan.

1.      Bumbu Marinasi Daging

Jintan hitam gak hanya digunakan sebagai obat mujarab untuk melawan beragam penyakit, tapi juga bermanfaat untuk digunakan sebagai bumbu masakan dalam proses marinasi. Yang bisa digunakan untuk bumbu masakan adalah jintan hitam yang telah diubah menjadi bubuk. Kalian bisa membelinya langsung dalam bentuk bubuk atau yang diulek sendiri sebelum dijadikan bumbu.

source: istockphoto

Penggunannya banyak untuk mengolah daging, ayam atau ikan. Cukup taburkan bubuk jintan hitam ke atas bahan makanan yang hendak dimarinasi. Biasanya dicampurkan juga bersama bumbu dan rempah-rempah lainnya supaya rasanya makin nikmat. Rasa jintan ini akan menambah sedap olahan masakan tersebut.

2.      Memperkuat Aroma Masakan

Fungsi jintan pada masakan tak cuma memengaruhi rasa hidangan, tetapi juga aromanya. Masyarakat Mesir Kuno saja sudah menggunakannya untuk aroma masakan maupun aroma terapi obat-obatan herbal.

Menambah biji-bijian ini pada masakan, bisa membuat aromanya jadi lebih harum. Kalian bisa menggunakan jintan hitam untuk membumbui gulai, opor, kari, dan nasi kebuli. Ternyata bubuk jintan hitam bisa digunakan sebagai bahan pembuatan permen. Jintan hitam untuk bahan permen ini banyak digunakan di India karena menghadirkan rasa dan aroma yang berbeda.

source: istockphoto

Namun, sebelum digunakan untuk membumbui, jintan hitam harus disangrai atau dipanggang terlebih dulu baru setelah itu ditumbuk hingga jadi bubuk. Proses ini akan membuat aroma dari jintan lebih keluar secara optimal.

Kandungan Nutrisi Jintan Hitam

Selain fungsi jintan hitam untuk memperkuat rasa dan aroma masakan, tambahan rempah-rempah ini bisa menambah nutrisi baik dalam makanan. Kandungan nutrisi dari habbatussauda sendiri di antaranya karbohidrat, protein, lemak sehat, asam oleat, dan asam linoleat. Ada juga kandungan mineral seperti kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium, dan zat antioksidan.

source: istockphoto

Kandungan nutrisi pada jintan hitam bisa digunakan untuk mengobati beragam penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti sakit perut hingga penyakit kronis seperti darah tinggi, kolesterol, dan diabetes. Jintan hitam bahkan digunakan sebagai pencegah kanker, lho.

Nah, itu tadi fungsi jintan hitam dalam masakan. Selain memperkuat aroma dan rasa makanan, habbatussauda ini juga berguna menambah nutrisi baik di dalamnya. Akan tetapi, tetap perhatikan takaran penggunaannya yang pas supaya makanan tetap nikmat disantap ya!

Related Articles

Connect with Nibble