Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram: @thehalalfoodblog

Intip Yuk 7 Kuliner Asli Indonesia yang Mendunia

May 31, 20215 min readInside Stories

Nibblers, kalian udah tau belum nih apa aja kuliner asli Indonesia yang mendunia? Sebagai negara yang diberkahi keragaman budaya, tak heran jika dari masing-masing kebudayaan tersebut menghasilkan ragam cita-rasa kuliner yang khas. Tapi sayangnya, dahulu dunia internasional belum terlalu mengenal banyak ragam kuliner yang negeri kita miliki.

Bersyukur, saat ini sedikit banyaknya dunia internasional sudah mengenal serta mengakui beberapa kuliner khas kita. Yuk simak apa saja sih kuliner Indonesia yang sudah mendunia! Berikut 7 di antaranya:

  1. Rendang

Rendang kuliner asli Indonesia mendunia

Photo source: Instagram @linagui.kitchen

Nah, olahan daging khas Ranah Minang satu ini sih gak perlu diragukan lagi kalau cita rasanya sudah diakui dunia. Saking lezatnya, rendang berhasil meraih posisi puncak dalam daftar 50 makanan dunia terenak versi CNN internasional.

Kelezatannya berasal dari proses pemasakannya yang juga gabisa sembarangan. Daging sapi dan santan serta bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun kunyit, cabe merah hingga daun jeruk harus dimasak hingga berjam-jam. Proses tersebut membuat keseluruhan bumbu meresap hingga ke dalam daging dan menghasilkan cita rasa yang mantap.

Saking mendunianya, chef ternama dari Inggris, Gordon Ramsay, melalui program televisinya Gordon Ramsay: Uncharted,  langsung mengunjungi Sumatra Barat secara langsung. Di sana ia secara langsung mempelajari resep dan teknik memasak rendang dari tanah asalnya.

  1. Gado-gado

gado-gado kuliner indonesia mendunia

Photo source: Instagram @wanitadunia1

Makanan satu ini sering dianggap sebagai salad versi Indonesia. Disebut salad karena memang gado-gado diisi campuran sayur-sayuran rebus yang ditambah potongan telur, taburan bawang goreng, kerupuk dan kemudian disiram oleh saus kacang. Nah, tambahan saus kacang inilah yang membuat “salad” ini unik di mata dunia internasional.

Dalam perlombaan memasak internasional di Napoli, Italia tahun 2010, gado-gado membuktikan diri sebagai makanan yang gak bisa dianggap sembarangan. Dalam ajang ini, gado-gado menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika, untuk itu makanan ini menjadi salah satu kuliner asli Indonesia yang mendunia.

  1. Sate

Sate makanan khas Indonesia

Photo source: Freepik

Sate merupakan masakan daging bakar (skewer) khas Indonesia dan dilengkapi dengan bermacam bumbu pendamping. Bumbu-bumbu yang menemani sate inilah yang membuatnya semakin beragam dan khas Indonesia.

Di Indonesia sendiri kita mengenal banyak ragam sate yaitu sate Madura, sate Padang, sate Rembiga, sate Maranggi, hingga sate Lilit khas Bali. Ragam bumbunya juga banyak, dari mulai bumbu kacang, kecap manis, kuah bumbu khas sate Padang, hingga yang gak pake bumbu seperti sate Taichan.

Di dunia internasional, sejumlah restoran yang memasukan hidangan sate Indonesia di dalam menunya juga mulai bertebaran. Seperti contohnya Satay Junction yang terletak di New York dan beberapa warung sate lainnya di Belanda. Sebuah bazar internasional yang diselenggarakan di China tahun 2013 juga menyediakan sate ayam khas Madura dan digemari oleh para pengunjung saat itu.

  1. Tempe

Tempe khas Indonesia

Photo source: Freepik

Daftar berikutnya kuliner asli Indonesia yang mendunia adalah tempe. Bahan pangan yang merupakan fermentasi dari kacang kedelai ini juga mulai dilirik oleh masyarakat dunia sebagai alternatif makanan sehat lho. Tempe juga mulai banyak dibuat variasi olahan supaya lebih menarik untuk dikonsumsi.

Di Jepang, tempe juga mulai dikenal berkat upaya seorang pebisnis tempe, Pak Rustomo, yang memperkenalkan makanan khas tersebut. Di Amerika, Eropa, dan Australia, tempe juga menjadi bahan olahan makanan favorit para vegetarian karena mengandung protein nabati, serat dan banyak prebiotik yang bagus untuk diet hidup sehat.

  1. Soto

soto kuliner indonesia

Photo source: Instagram @subtleasian.cooking

Seperti halnya sate, ada banyak ragam soto berdasarkan asal daerah dan bumbu-bumbu di dalamnya. Ada soto Madura, soto Banjar, soto Betawi, soto ayam, soto babat, dan soto daging. Meskipun secara garis besar, soto merupakan makanan berkuah rempah atau bumbu lengkap isian di dalamnya.

Sajian dengan kuah yang panas ini cocok sekali dinikmati di tengah udara yang dingin, bukan hanya di Indonesia tapi di negara lain seperti Jepang contohnya. Dikutip dari laman Traveloka, sebuah festival kuliner di Ibaraki, Jepang pernah menghadirkan menu soto ayam yang dibawa oleh para pelajar Indonesia di sana. Masyarakat di sana pun turut menggemarinya, karena cita rasa soto gak perlu diragukan lagi kesegarannya.

  1. Sop Buntut khas Indonesia

Sop buntut kuliner Indonesia

Photo source: Instagram @intankarinaijo

Nah, berikutnya makanan Indonesia yang pernah diperkenalkan di ranah internasional adalah sop buntut. Meskipun menu buntut sapi juga banyak ditemukan dalam kuliner negara lain, contohnya dengan nama Oxtail, tapi sop buntut di negeri ini memiliki ciri khas dengan penggunaan bumbu lokalnya.

Sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia, salah satunya menu sop buntut, pernah diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol. Terdapat sekitar 300 orang menikmati menu yang disajikan oleh chef dari Indonesia dan mereka jatuh hati pada sop buntut.

  1. Nasi Goreng

Nasi goreng kuliner Indonesia

Photo source: Freepik

Kalau membicarakan nasi goreng, gak perlu ditanya lagi deh, pasti sebagian besar dari kalian sudah sangat akrab dengan menu nasi satu ini. Sebetulnya menu olahan nasi yang dimasak ulang ini juga lazim ditemui di negara-negara Asia lainnya. Tapi yang membedakan adalah cita rasa dari bumbu dan rempah yang digunakan.

Nasi goreng Indonesia dinilai memiliki rasa enak yang khas karena menggunakan bumbu dan rempah seperti seperti cabai, bawang putih, bawang merah, kemiri, terasi, hingga kecap manis.

Pada ajang “World Expo Shanghai China 2010” masakan nasi goreng menjadi suguhan yang menarik. Ajang perlombaan masak bertaraf internasional ini mampu membawa nama nasi goreng semakin dikenal di mata dunia. Selain itu, presiden Amerika ke-44, Barack Obama juga sangat menyukai menu ini.

Kalian pernah mencicipi yang mana saja nih? Bersyukur deh tinggal di negeri yang banyak memiliki variasi kulinernya ini. Yuk, kita lestarikan dan perkenalkan kuliner asli Indonesia lebih luas lagi kepada dunia.

Related Articles

Connect with Nibble