Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Ini Dia Bahan Tambahan yang Bikin Salad Tidak Sehat

February 13, 20204 min readHealthy Foodie

Saat mau menurunkan berat badan atau menjalani healthy lifestyle, salad pasti menjadi menu wajib yang dimakan sehari-hari. Kesehatan salad memang sudah tidak diragukan lagi karena menu ini terdiri dari sayuran segar yang tinggi antioksidan, kaya vitamin, serta beta karoten.

Masalahnya, banyak yang menambahkan bahan-bahan ekstra sehingga membuat salad tidak sehat. Kehadiran bahan-bahan tersebut biasanya bertujuan agar rasa salad makin enak. Tapi hati-hati, bukannya sehat, salad dengan bahan tambahan ini justru akan membuat diet kita gagal.

Mau tahu bahan tambahan apa saja yang bisa bikin kita terjebak mengonsumsi salad tidak sehat? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Bacon

Photo source: delish

Sedikit bacon untuk ditaburkan sebagai topping salad memang tidak akan jadi masalah. Tapi pertanyaannya, apakah kita bisa menahan diri untuk tidak menyantap bacon secara berlebihan?

Satu sendok teh bacon saja bisa menambah 35 kalori tambahan ke menu salad kalian lho. Jumlah ini memang terlihat sangat sedikit, biarpun begitu, jumlah sodium yang terkandung di dalamnya cukup besar, mencapai 125mg. Lemaknya pun akan menjadikan salad tidak sehat.

2. Crouton atau Roti Kering

Photo source: olivetomato

Ada yang hobi makan salad untuk mengurangi konsumsi karbohidrat? Jangan sampai menodai niat suci kalian dengan menambahkan crouton alias roti kering ya. Kandungan karbohidrat dan kalori kosongnya tidak memberi manfaat untuk tubuh. Pada beberapa jenis crouton juga ada yang mengandung sodium cukup tinggi. Daripada crouton, akan lebih baik lagi jika kalian menyantap roti gandum yang memiliki serat dan membuat kenyang lebih lama.

3. Dressing yang Kental dan Creamy

Photo source: drweil

Dressing salad seperti ranch, blue cheese, creamy Italian, atau caesar memang bisa membuat salad terasa jauh lebih enak. Sayangnya, dressing creamy yang kental ini membuat salad tidak sehat. Pasalnya, dressing ini bisa menyumbang lebih dari 200 kalori per 2 sendok makan lho. Padahal biasanya orang-orang menambahkan dressing ini lebih dari 2 sendok makan untuk sepiring salad. Bayangkan saja jumlah kalori yang masuk ke tubuh kalian berkat dressing tersebut. Agar salad tetap sehat, lebih baik kalian menambahkan dressing seperti balsamic vinegar atau olive oil saja.

4. Keju dalam Bentuk Apapun

salad tidak sehat

Photo source: thespruceeats

Kalian mungkin merasa salad akan terasa hambar tanpa adanya keju. Anggapan tersebut harus segera dienyahkan karena keju bisa bikin kalian menyantap kalori lebih daripada yang diharapkan. Apapun jenis kejunya, baik itu cheddar atau keju fancy seperti feta cheese atau parmesan, semuanya mengandung kalori yang membuat salad tidak sehat. Jadi sebaiknya, hindari saja, ya.

5. Ayam Crispy

Photo source: sbs.com.au

Ada tren baru dalam dunia per-salad-an, di mana salad sering dikombinasikan dengan sumber protein. Protein memang bermanfaat untuk tubuh, tapi pastikan kalian memilih sumber protein yang tepat untuk salad kalian. Saran kami, jangan pernah mengombinasikan salad dengan ayam crispy atau sumber protein lain yang diolah dengan cara digoreng. Alasannya tentu karena kandungan dalam makan yang digoreng itu punya nilai kalori yang sangat tinggi. Sebagai alternatifnya, kalian bisa memilih seafood atau ayam yang dibakar saja.

6. Buah Kering

salad tidak sehat

Photo source: wonderhowto

Siapa yang suka iseng menambahkan taburan buah kering ke dalam salad agar rasanya lebih legit? Kalian harus segera mengubah kebiasaan ini karena di dalam buah kering terkandung gula yang cukup tinggi. Contohnya dalam satu porsi cranberries kering terkandung 123 kalori dan 26 gram gula. Jika menginginkan sensasi rasa manis, lebih baik berikan potongan buah segar seperti anggur, apel, dan strawberry ke dalam salad.

7. Sayur Kol

salad tidak sehat

Photo source: @Uleletampa

Tidak semua sayuran itu baik untuk dijadikan base salad lho. Sebisa mungkin jangan gunakan sayur kol sebagai base salad kalian. Tekstur sayur kol yang crunchy memang enak, tapi kalau kita telusuri lebih jauh, kol tidak mengandung nutrisi dan kandungan seratnya pun sangat sedikit. Lebih baik gunakan sayuran yang berwarna hijau gelap, seperti bayam, selada, watercress, daun basil atau kale. Dari sayuran hijau ini, kalian akan mendapatkan asam folat, vitamin A,  dan phytochemicals.

Itu dia 7 bahan tambahan yang membuat salad tidak sehat. Yuk segera hentikan menambahkan bahan-bahan yang tidak perlu ke dalam salad sehat kalian. Buat yang lagi hunting salad, kalian bisa cek 7 Restoran Salad di Jakarta yang Bikin Kalian Muda Kembali.

Related Articles

Connect with Nibble