Food

Mengenal Sejarah Kecap Inggris alias Worcestershire Sauce

by Danang Lukmana | July 13, 2021

Mengenal Sejarah Kecap Inggris alias Worcestershire Sauce
Banyak orang awam yang belum tahu secara detil bedanya kecap Inggris dengan kecap asin biasa. Bahkan mungkin ada yang menganggap kedua jenis kecap ini sama, hanya berbeda merek dagangnya saja. No... dari segi bahan dan teknik pembuatan keduanya sangat berbeda meskipun tampilannya mirip. Rasa yang dihasilkannya juga gak sama, kok. Lalu apa sih kecap Inggris itu? Benarkah berasal dari negara Pangeran William? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan mengenai kecap Inggris lebih mendalam berikut ini.

Apa Itu Kecap Inggris?

Kecap Inggris memiliki penyebutan asli sebagai Worcestershire sauce, yang merupakan saus berbentuk cairan encer berwarna gelap kecokelatan dengan sedikit rasa gurih, asin dan aroma yang khas. Dilansir dari laman The Spruce Eats, saus Worcestershire (dibaca: WUS-ter-sheer) adalah saus fermentasi yang terbuat dari cuka dan dibumbui dengan ikan teri, tetes tebu, asam, bawang merah, bawang putih, asam jawa, serta bumbu lainnya. Bahan-bahan tersebut sudah sangat berbeda jauh sama kecap asin yang berasal dari fermentasi kacang kedelai.

source: istockphoto

Rasanya gurih, asin dengan aroma khas tersebut berasal dari cuka. Cuka juga berperan penting dalam memberikan rasa tajam dan berfungsi mengawetkan komponen lain pada saus Worcestershire ini. Ikan teri (anchovies) akan menambahkan cita rasa umami, sementara rasa unik lainnya didapat dari asam jawa (Tamarindus indica) yang disebut kurma India oleh masyarakat sana.

Asal-Usul Kecap Inggris

Ya, seperti namanya, kecap ini memang berasal dari Inggris. Melansir dari Insider, saus ini diciptakan oleh duo kimiawan asal Worcester yakni John Wheeley Lea dan William Perrins tahun 1835. Cerita awalnya bermula ketika Lord Sandys, bangsawan yang sebelumnya menjabat di Benggala, India, sedang pulang kampung ke Worcester. Ia merindukan masakan dengan bumbu oriental di tempatnya bertugas saat itu. Akhirnya ia menyambangi toko kimia milik Lea & Perrins untuk dibuatkan saus serupa. Hasil awalnya justru gagal dan sangat mengerikan untuk dimakan.

source: istockphoto

Lea dan Perrins nggak langsung membuangnya tapi meninggalkan bahan tersebut di ruang bawah tanah toko mereka. Ketika mereka menemukannya beberapa tahun kemudian, ternyata saus itu sudah melunak dan menghasilkan rasa yang kaya dan gurih. Pada akhirnya mereka berdua mengembangkannya menjadi saus botolan untuk diperdagangkan tahun 1837.

Saus Worcestershire Terkenal Hingga Seluruh Dunia

Lea & Perrins akhirnya sadar dan menemukan resepnya bahwa bahan-bahannya tersebut harus didiamkan dulu kurang lebih selama dua tahun dan diaduk secara berkala, sebelum disaring. Dengan cepat mereka menjalankan bisnis barunya dengan menjual botolan saus Worcestershire ini di dalam negeri Inggris dan ke luar negeri. Pada tahun 1839, botol-botol saus hasil pengiriman pertama mereka tiba di pelabuhan New York, Amerika Serikat. Sebelumnya botol-botol tersebut dibungkus dengan kertas dan dikemas sebaik mungkin supaya tetap aman dan gak berubah rasa selama perjalan menaiki kapal Trans-Atlantik. Saus ini menjadi bumbu botolan pertama yang diperdagangkan secara komersial di negeri Paman Sam lho.

source: FoodHistory

Cita rasa umami dari kecap Inggris yang khas dengan cepat menggapai popularitasnya untuk menambah rasa gurih pada hidangan seperti casserole, saus, dan pai. Saus Worcestershire membantu menambah banyak kedalaman dan kekuatan rasa pada hidangan yang sebelumnya cukup hambar. Saus ini menjadi pilihan mudah dan sederhana untuk meningkatkan rasa dalam sebuah hidangan.

Cara Memasak Menggunakan Kecap Inggris

Kecap Inggris atau saus Worcestershire ini bisa dibilang serba guna karena bisa digunakan dalam berbagai bumbu dan cara masak. Kalian bisa menggunakannya sebagai bahan dalam bumbu marinasi  untuk daging, ikan, atau ayam sebelum digoreng atau dipanggang.

source: istockphoto

Gak cuma daging saja, saus ini cocok juga kok digunakan untuk bumbu mengukus, memanggang, atau menggoreng sayuran. Saus Worcestershire juga bisa digunakan sebagai bumbu pada sandwich dan kerang, atau bumbu dressing salad. Gak ketinggalan juga untuk digunakan dalam menu sup dan semur sebagai penambah rasa gurih sedap. Unik kan sejarah terciptanya kecap Inggris alias Worcestershire sauce ini? Mulai sekarang jangan tertukar lagi ya dengan kecap asin maupun jenis saus berwarna gelap lainnya.