Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Jr.

Khasnya Rasa Boyolali di Tongseng Benhil Jakarta

December 12, 20194 min readReviews

Siapa sih yang tidak doyan dengan yang namanya tongseng? Kuliner asli Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah ini sudah menjadi salah satu makanan yang dicintai di ibu kota. Tertarik dengan kekhasannya, akhirnya kami mencoba sebuah tongseng yang sudah cukup lama dikenal, yakni Tongseng Benhil Jakarta.

Tongseng Benhil ini dikenal memiliki karakter rasa yang khas dari Boyolali. Nah, menariknya sang pemilik-pun mulai memberikan branding tongseng Boyolali pada usaha miliknya, di mana sebelumnya belum ada satupun penjual tongseng asli  Boyolali yang mencoba hal ini. Entah kenapa para penjual tongseng Boyolali merasa lebih percaya diri dengan membawa nama kota Solo untuk branding tongsengnya.

Pilihan menu yang ada di Tongseng Benhil Jakarta juga tidak muluk-muluk, mereka hanya menyediakan tongseng kambing, ayam dan sate kambing. Penasaran dengan rasa tongsengnya, jadi kami memesan tongseng kambing dan ayam dengan seting rasa yang berbeda.

Tongseng Ayam

Menyiapkan menu ini terbagi menjadi tiga fase, mulai dari penyiapan bumbu, menggoreng daging, lalu merebus daging dalam kuah. Menggunakan kompor bara dari tungku tentu jelas rasa yang dihasilkan cukup khas. Aroma pembakaran arang dari bara akan selalu membuat masakan apa saja lebih berkarakter dibandingkan dengan masakan yang dimasak dengan api kompor biasa.

Untuk tongseng ayamnya kami meminta yang tidak pedas, dan otomatis rasa dominan yang dihasilkan dari kuah tongseng adalah manis yang lumayan keras. Bagi kalian yang tidak terbiasa dengan rasa manis dari kecap ini bisa request untuk rasa yang lebih ke gurih namun, hal ini akan mengurangi keautentikkan rasa.

Tomat yang digunakan juga adalah tomat sayur yang berwarna hijau. Hal ini wajar untuk mengejar rasa segar yang tak mungkin didapatkan dari tomat buah yang berwarna merah. Benar saja, rasa segar lebih kentara dibandingkan dengan tongseng yang menggunakan tomat merah. Untuk tongseng ayam ini dihargai Rp20.000 sudah termasuk dengan nasi yang porsinya luar biasa serta teh tawar hangat.

Tongseng Kambing

Berikutnya kami mencoba tongseng kambing dengan permintaan pedas paling maksimal. Yes, pedasnya cukup membuat keringat sebesar biji jagung menetes selama kami mencobanya. Cabai yang digunakan adalah cabai rawit muda yang bahkan masih mentah. Kalian yang suka tongseng pedas akan merasa terpuaskan di Tongseng Benhil Jakarta ini.

Keseriusan Tongseng Benhil Jakarta dalam mengolah daging kambingnya wajib diacungi jempol. Tekstur prengus dan alot yang sering diidentikkan dengan daging kambing benar-benar tak ada di sini. Daging kambing yang digunakan bisa dipastikan adalah kambing muda yang diolah dengan baik.

Bagi kalian yang tidak menyukai daging kambing-pun bisa mencoba tongseng kambing di sini karena rasanya yang ramah di lidah. Kuah tongseng yang digunakan juga lumayan membantu menutupi aroma daging kambingnya, jadi oke banget deh buat kalian yang ingin coba-coba jatuh cinta dengan tongseng kambing.

Ambiance

Jangan berharap banyak dengan ambiance ya, letak Tongseng Benhil Jakarta yang benar-benar di trotoar tentu kuliner yang satu ini tidak menjanjikan suasana makan yang nyaman. Khusus di siang hari saat jam makan siang kalian bisa banjir keringat makan di sini. Namun sekali lagi, semuanya worth it demi semangkuk keaslian rasa tongseng Boyolali.

Karena tongseng ini buka mulai dari pukul 11 siang hingga 9 malam, kami rekomendasikan kalian mencoba Tongseng Benhil Jakarta di jam makan malam. Pukul 7 malam menjadi waktu yang kami rasa cukup aman untuk menghindari panas matahari. Namun, jika kalian tetap kekeuh ingin mencobanya saat jam makan siang, pilihan terbaiknya adalah take away.

Rekomendasi Kami

Sudah 10 tahun berjualan di Benhil tentu membuat Tongseng Benhil Jakarta ini sangat dikenali dan punya penggemar tetap. Kalau kalian mencari cita rasa tongseng khas Boyolali yang autentik, Tongseng Benhil Jakarta adalah tempat yang benar. Kalian bisa menemukan tongseng ini di Jl. Bendungan Hilir No.142, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kalian yang tertarik dengan berbagai kuliner street food recommended di Jabodetabek boleh coba kunjungi artikel kami tentang 9 Stasiun Kereta yang punya Jajanan Enak! Selamat ber-street food ria!

Related Articles

Connect with Nibble