Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Jr.

9 Stasiun Kereta yang Punya Banyak Jajanan Enak

November 27, 20196 min readFoodie Trends

Kereta commuter sudah menjadi salah satu moda transportasi utama jutaan warga Jabodetabek setiap harinya. Dengan jumlah pengguna yang begitu banyak, tentu kereta commuter membentuk crowd mereka sendiri. Otomatis beberapa stasiun kereta dipenuhi oleh jajanan enak yang bisa sayang banget untuk dilewatkan.

Beberapa stasiun kereta yang memiliki jajanan enak ini ada sebagian yang memang sudah dari dulu menjadi stasiun yang dikelilingi oleh tempat makan, dan sebagian lainnya merupakan stasiun kereta yang baru-baru saja ngehits soal jajanannya. Siapa saja sih stasiun kereta yang wajib banget jadi tempat hunting kuliner ini?

Stasiun Tebet

Untuk saat ini Stasiun Tebet merupakan juara untuk kalian yang ingin hunting berbagai jenis jajanan enak. Bagaimana tidak, stasiun ini dikelilingi oleh Bebek Kaleyo, Warunk Upnormal, Bebek Goreng H. Slamet, Sate Padang Ajo Hendra, Warung Sate Madura Lapangan Ros, dan tentunya Pasar Kuliner Tebet yang terletak di bawah fly over Tebet.

Photo source: Tempat.com

Pasar Kuliner Tebet ini sendiri berkembang menjadi area kuliner tercinta bagi para pengguna commuter line yang naik dan turun di Stasiun Tebet. Bahkan tak jarang banyak orang yang dengan sengaja naik kereta untuk mencari jajanan enak di stasiun ini. Rcommended banget deh buat kalian para street food hunter dalam kota. Khusus fans martabak, Tebet punya 7 Martabak enak yang wajib banget dicoba loh.

Stasiun Gondangdia

Di Jakarta Pusat ada Stasiun Gondangdia yang menjadi akses para pengguna commuter line untuk menemukan jajanan enak di sekitar wilayah Kebon Sirih, Gondangdia, Menteng, dan sedikit area Cikini. Lewat stasiun kereta ini kalian bisa menemukan variasi makanan mulai dari restoran nyaman seperti Tugu Kunstring Paleis, Phoenam Coffee, Relish Bistro, Aromanis, Al Jazeerah, hingga Pelangi Seafood.

Photo source: Indonesia Expat

Bicara jajanan street food-nya ada Bubur Ayam H. Jewo, Gudeg Jogja Bu Tinah, Martabak Pizza Orins, Phoenam Kopi, dan masih banyak lagi jajanan di sekitar stasiun yang bisa kalian nikmati.

Stasiun Pondok Cina

Geser sedikit menuju Depok adalah Stasiun Pondok Cina yang memiliki banyak jajanan enak stasiun. Di Stasiun Pondok Cina akses terpenting adalah dekatnya dengan Jalan Margonda Raya yang dipenuhi berbagai pilihan kuliner. Melalui stasiun ini kalian bisa menikmati Roti Bakar Eddy Margonda, Kopibar, Soto Daging Boyolali Pak Ramli,Surabi Solo Pondok Cina, Soto Ngawi Margonda, hingga Rarai Coffee.

Photo source: Uzone

Selain pilihan makanan di sekitaran Margonda, jangan lupa kalau di jalan keluar stasiun kalian juga akan langsung disambut dengan berbagai jenis jajanan street food yang menggoda. Statusnya sebagai stasiun tempat bertemunya anak-anak kampus, membuat pilihan jajanan di sini begitu bervariasi.

Stasiun Juanda

Stasiun Juanda merupakan salah satu stasiun di Jakarta yang terkenal punya banyak pilihan makanan di sekitarnya. Kalian bisa mencoba Fika Kedai Kafi, Soto Padang H. St. Mangkuto, Rumah Makan Aceh Selera Kita, Riung Sari Juanda, atau Es Krim Italia Ragusa. Selain itu jika kalian mau street food, banyak sekali pilihan yang bisa ditemukan di sekitaran stasiun ini kok.

Ada Soto Madura Pak Hadi Surabaya, Ayam Ancuur Khas Solo, Soto Ayam Ambengan Cak Sikin, Soto Madura Juanda, Soto Gubeng Surabaya, dan masih banyak lagi pilihan kuliner street food di sekitaran Jalan Pintu Air Raya. Jangan terkecoh dengan kesemrawutan di lokasi ini, karena di baliknya tersimpan kuliner-kuliner enak yang wajib banget dicoba.

Stasiun Sudirman

Stasiun Sudirman, salah satu stasiun kereta yang tidak hanya rapi dan modern tapi juga punya jajanan enak di sekitarnya. Sebut saja Mie Keriting Luwes, Bakso Beranak Menteng, Sukiyaki Steamboat Barbecue Blora, Restoran Ikan Tude Manado,  Sop Kaki Kambing Bang Hasan, dan Warung Tongseng Ojolali adalah kuliner enak yang ada di sekitar stasiun ini.

Photo source: Anakkereta.com

Jika ingin pilihan makanan yang lebih street kalian bisa mencoba jalan sedikit ke sekitaran Jl. Karet Pasar Baru Timur. Di sini ada Jajanan Tenda Hijau yang sudah banyak dikenal sebagai kantin jajan super street dengan beragam pilihan makanan berat.

Stasiun Tanah Abang

Stasiun Tanah Abang bisa jadi adalah salah satu stasiun kereta yang paling ramai dengan penumpang commuter line. Lokasinya yang dekat dengan pusat perbelanjaan, garmen, hingga perkantoran membuat stasiun ini salah satu yang paling hidup. Nah, jajanan enaknya juga banyak banget loh.

Photo source: Yopiefranz

Rekomendasi kami untuk kalian yang mau hunting kuliner enak di Stasiun Tanah Abang antara lain; Warung Nasi Alam Sunda, Rumah Makan Padang Prasmanan, Sate Domba Afrika Haji Ismail, Rumah Makan Haji Rawi, hingga Sop Kambing M. Ali. Tanah Abang terkenal dengan pilihan makanannya yang bakal bikin street food lover betah berlama-lama.

Stasiun Bogor

Siapa yang tidak kenal dengan stasiun yang satu ini. Sebagai salah satu stasiun kereta tersibuk, Stasiun Bogor tentu menyimpan banyak sekali pilihan kuliner yang enak. Kalian bisa mencoba Doclang 405, Mie Ayam Dores, Soto Mie Bogor Lowongan, Saung Seblak Taman Topi, Mie Ayam Bangka Mantarena, hingga Rumah Makan Bunut Sari. Selain itu jangan lupakan pilihan-pilihan jajanan enak yang ada di sekitar Jalan Paledang.

Photo source: Fatahilaharis

Bagi kalian yang sudah memberanikan diri untuk hunting makanan hingga ke sini wajib banget untuk meneruskan perjalanan hingga ke kota bogor. Kota ini punya 10 Sate Maranggi yang Paling Nendang dan 13 Restoran Rooftop keren di Bogor.

Stasiun Kota

Tak ada yang meragukan kekayaan kuliner di sekeliling Stasiun Kota. Di sekitar wilayah Kota Jakarta kalian bisa menemukan tempat jajan enak yang juga bernilai secara historis seperti Kopi Es Tak Kie, Pantjoran Tea House, hingga Ketupat Sayur Gloria. Selain itu kafe-kafe unik yang bergaya tempo dulu juga menjadi hits seperti Kedai Seni Djakarte dan Café Batavia.

Photo source: Now Jakarta

Salah datu wilayah yang bisa menjadi titik tujuan untuk berburu kuliner enak ada di wilayah Petak Sembilan dan Glodok. Khusus untuk kalian yang suka beragam jenis Chinese food pasti akan jatuh cinta dengan pilihan makanan di sekitar lokasi ini.

Stasiun Cikini

Area Cikini sejak dulu selalu beraroma sangat anak muda, otomatis pilihan kulinernya-pun beragam dan cocok untuk berbagai kalangan. Main ke Stasiun Cikini kalian bisa mencoba kuliner seperti Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman, Pempek Megaria, Gado-Gado Cikini, Roemah Kuliner, Bakmi Megaria, Giyanti Coffee Roastery, hingga pilihan makanan Makassar di Aroma Sedap.

Photo source: Gendutmakanterus

Ada tiga titik di sekitar Stasiun Cikini yang bisa jadi arena kalian hunting jajanan enak. Sidewalk Taman Ismail Marzuki, Metropole, dan Masjid Sunda Kelapa merupakan pilihan yang tepat untuk mencari berbagai jajanan street food yang kece di sekitaran Cikini.

Itu dia 9 stasiun kereta yang menurut kami ada di puncak daftar. Sembilan stasiun ini secara kuantitas dan kualitas bisa menjadi playground bagi siapa saja yang ingin berburu kuliner enak di Jabodetabek. Bagaimana, apa stasiun dekat rumah kalian juga punya pilihan jajan yang seru?

Related Articles

Connect with Nibble