Nibble'S Guide

10 Kuliner Kaki Lima di Bogor Murah Meriah

by Danang Lukmana | August 10, 2021

10 Kuliner Kaki Lima di Bogor Murah Meriah
Deretan kuliner kaki lima di Bogor ini sangat khas dan mungkin akan susah ditemukan di jajanan kota-kota besar lainnya. Kota hujan ini gak cuma terkenal akan wisata alam, Kebun Raya, Istana, dan museumnya saja. Jajanan mereka juga sangat enak dan unik untuk dinikmati, terlebih bagi para turis luar kota. Nah, kebanyakan jajanan khas Bogor ini dijual secara kaki lima kok sehingga gak akan menguras isi kocek kalian kalau menyantapnya. Oke langsung saja yuk simak rekomendasi 10 kuliner kaki lima di Bogor yang dirangkum dari berbagai sumber seperti Travelingyuk dan Kompas.

Rekomendasi Kuliner Kaki Lima di Bogor

1.      Toge Goreng Mang Gebro

Kuliner khas Bogor yang susah ditemukan di daerah lainnya adalah toge goreng. Uniknya, meskipun namanya toge goreng tapi kuliner ini gak digoreng melainkan direbus. Selanjutnya sayuran tauge tersebut akan diberi bumbu kacang dan tambahan lainnya. Salah satu penjual toge goreng khas Bogor yang terkenal adalah Mang Gebro yang wajib kalian cobain.

Source: @endahsoegi78

Alamat: Pasar Anyar, Blok B.2, Jl. Pengadilan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

2.      Pepes Sagu Pisang Daniel

Biasanya pepes itu dibuat dari ikan, ayam, atau tahu kan. Nah kalau di Bogor, pepesnya dibuat dari sagu dan cita rasanya manis bukan asin gurih. Isiannya juga beragam dari mulai pepes keju, pisang, nangka, dan masih banyak lagi. Langsung saja cobain Pepes Sagu Pisang Daniel kalau mau menikmatinya

Source: @pepessagupisangdaniel

Alamat: Gang Aut, Jl. Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

3.      Soto Kuning Pak M. Yusuf

Bogor juga terkenal sama kuliner soto khasnya yaitu soto kuning. Salah satu penjual soto kuning yang bisa kalian cobain adalah warung soto kuning Pak M. Yusuf. Soto ini punya cita rasa yang khas dan isiannya bisa kalian pilih sendiri. Kalian bisa memilih daging, jeroan, hingga bagian tubuh dari sapi lainnya. Ada juga pelengkapnya, yaitu perkedel dan emping melinjo supaya makin enak.

Source: @jajananbogorbykitkat

Alamat: Jl. Suryakencana, Babakan Ps., Bogor Tengah, Kota Bogor.

4.      Cungkring Bogor Pak Jumat

Pernah mendengar kuliner bernama cungkring sebelumnya? Kuliner khas Bogor ini mirip sate pada umumnya, tapi bahannya kulit sapi dan beberapa urat lainnya. Penyajiannya juga dilengkapi bumbu kacang dan potongan lontong, namun diberi keripik tempe sebagai pengganti kerupuk. Kalian bisa cobain Cungkring Pak Jumat yang sudah buka dari 1975 di daerah Suryakencana, Bogor.

 Source: @infobogor

Alamat: Jl. Suryakencana, Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

5.      Asinan Jagung Bakar Pak Sabur

Pak Sabur mulai berjualan asinan jagung bakar sudah dari tahun 1968, yang sudah lebih dari 50 tahun. Beliau tetap eksis menghadirkan manis dan asamnya kuah asinan bercampur dengan nikmatnya jagung bakar yang manis beraroma arang. Harganya murah banget, cukup Rp8000-an saja lho.

Source: @infobogor

Alamat: Jl. Suryakencana, Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

6.      Laksa Aut Khas Bogor “Mang Wahyu”

Di Bogor ada laksa khas yang enak dan sudah eksis sejak 1960-an lho. Sajian ketupat, bihun, tauge, telur, dan tahu yang disiram dengan kuah kuning kental ini selalu punya penggemarnya tersendiri. Nah, salah satu laksa legendaris yang bisa kalian kunjungi adalah Laksa Gang Aut Mang Wahyu.

Source: @icipkakak

Alamat: Jl. Surya Kencana, Gang Aut, Gudang, Bogor Tengah, Bogor.

7.      Lumpia Basah Bogor

Berbeda dari lumpia Semarang yang berisikan rebung, telur, dan cacahan udang, lumpia basah khas Bogor menggunakan cacahan bengkuang, tauge, tahu, ebi giling, juga telur. Lumpianya pun gak digulung dan digoreng, melainkan disajikan di atas adonan "kulit" tipis. Salah satu lumpia basah legendaris adalah milik Ernes di daerah Suryakencana.

Source: @lumpiabasahsuryakencana

Alamat: Jl. Suryakencana, No.89, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Bogor.

8.      Bakso Kikil Pak Jaka

Secara tampilan gak ada yang istimewa saat melihat gerobak bakso yang satu ini. Tetapi, Bakso Kikil Pak Jaka yang masih di seputaran Jalan Suryakencana ini gak pernah sepi dari pembeli. Seperti namanya, hidangan ini berupa bakso dengan tambahan potongan kikil dan daging yang enak. Meski sederhana, tapi rasanya gak perlu diragukan deh.

Source: @kulinerbogoroke

Alamat: Jl. Suryakencana, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Bogor.

9.      Martabak Encek

Ada lagi nih kuliner martabak sederhana di daerah Suryakencana yang selalu ramai dikerubungi pembeli. Pedagang tersebut adalah gerobak martabak encek yang merupakan jenis martabak Bangka. Martabaknya ini sederhana banget, cuma ada rasa cokelat, kacang, keju, dan wijen, cara masaknya juga masih menggunakan arang kayu. Saking legendaris dan terkenalnya, kalian harus siap-siap antre, bahkan bisa sampai gak kebagian.

Source: @kenyanginperutz

Alamat: Jl. Roda (Sebrang Gang Aut), Suryakencana, Bogor Tengah, Bogor.

10.  Es Bir Kotjok Abah

Kalau kuliner Betawi punya bir pletok, maka di Bogor ada bir kotjok, yang sebetulnya sama-sama “bir” tanpa alkohol. Selain gak memabukkan, minuman ini bermanfaat karena menggunakan rempah seperti jahe merah, kayu manis, cengkeh, dan gula aren. Salah satu pedagang bir kotjok yang paling terkenal adalah Es Bir Kotjok si Abah yang sudah buka dari 1965.

Source: @infobogor

Alamat: Jl.Suryakencana, Gudang, Bogor Timur, Bogor Nah, itu tadi rekomendasi kuliner kaki lima khas Bogor. Yuk main dan kulineran ke Kota Hujan!