Nibble'S Guide

10 Kuliner Pedas Surabaya yang Membakar Lidah

by Danang Lukmana | September 30, 2021

10 Kuliner Pedas Surabaya yang Membakar Lidah
Daftar kuliner pedas Surabaya berikut ini siap menantang ketangguhan lidahmu. Dari mulai nasi sambal, penyetan, hingga mie dengan berbagai level kepedesan siap menjadi tantangan kulinermu selanjutnya. Keringat pun dijamin akan bercucuran setelah menikmati berbagai macam makanan pedas ini. Penasaran dan gak sabar cobain level kepedasannya? Simak pilihan kuliner pedas Surabaya berikut ini!

1.      Sego Sambel Mak Yeye

Kita mulai petualangan kuliner pedas Surabaya dengan menyantap Sego Sambel Mak Yeye yang legendaris. Warung sego sambel ini sudah buka sejak tahun 1982 dan sampai sekarang masih terus ramai oleh pelanggan. Menu makanan di sini sebetulnya sangat sederhana, hanya nasi putih, siraman sambal pedas, dan lauk-pauk. Tapi jangan salah. Rasanya sungguh istimewa. Lauk-pauknya antara lain telur dadar, tempe goreng, lele goreng, dan iwak pe (ikan pari). Sambalnya sendiri tipe sambal basah yang pedasnya akan ikutan menyerap ke nasi dan lauknya.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 12 (Belakang DTC), Wonokromo, Surabaya.

2.      Bebek Sinjay

Kuliner khas legendaris yang harus kamu coba di Surabaya adalah Bebek Sinjay. Ada beberapa cabang yang bisa kamu kunjungi seperti di Jalan A. Yani dan Jalan Dharmahusada Gubeng. Bebek goreng di sini cita rasanya empuk dan bumbunya sangat nikmat khas. Jangan lupa kamu harus menikmatinya dengan sambal mangga muda yang pedes dan asam yang menyegarkan. Meski keringat bercucuran tapi berasa pengen nambah terus.

Source: @amazingindonesiafood

Alamat:
  • Ruko Grand Ahmad Yani Blok 151H, Jl. Ahmad Yani, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota Surabaya.
  • Dharmahusada No. 160B, Gubeng, Surabaya.

3.      Bakso Bringas

Salah satu kuliner pedas di Surabaya yang wajib kamu cobain adalah Bakso Bringas. Tampilan kuahnya sudah cukup ngeri dengan dipenuhi potongan cabai rawit yang dari aromanya saja sudah pedas menusuk. Sebelum disajikan semua bakso direndam dalam kuah penuh cabai tersebut supaya pedasnya benar-benar merasuk. Untuk pilihan baksonya ada bakso tetelan urat, jumbo kikil, pentol beranak, hingga sum-sum.

Source: @surabaya_foodies

Alamat: Jl. Margorejo Indah No. 22, Wonocolo, Surabaya.

4.      Nasi Babat Cak Yasin

Destinasi kuliner berikutnya yang wajib kamu coba adalah Nasi Babat Cak Yasin di daerah Dukuh Kupang. Seperti namanya, menu utama di sini ada nasi putih dengan babat handuk goreng yang sebelumnya sudah diungkep. Semakin spesial lagi kalau babatnya dimakan bersama sambal segar mereka yang rasanya jos pedasnya. Rasa pedasnya sangat cocok jika dipadukan dengan babat, serundeng, dan nasi hangat.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Raya Dukuh Kupang No. 30, Dukuh Pakis, Surabaya.

5.      Pentol Gilaaa

Sempat hits dan viral beberapa waktu lalu di media sosial, Pentol Gila juga wajib kamu coba untuk pencinta pedas. Pentol tusuk dengan siraman sambal yang pedas gila siap menerjang lidahmu. Bukan saus sambal halus biasa, tetapi sambalnya asli dengan biji cabai yang benar-benar melumuri seluruh permukaan pentol mini.

Source: @pentolgila

Alamat:
  • Gubeng Airlangga II No.9, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota Surabaya.
  • Royal Plaza, Lantai 3 Blok N1 No. 21, Jl. Achmad Yani, Wonokromo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya.

6.      Kober Mie Setan

Bisa dibilang Kober Mie Setan ini adalah pelopornya sajian mie dengan bumbu pedas. Di sini punya dua jenis menu mie pedas yakni mie iblis dan mie setan, yang satunya mie biasa dan satunya lagi mie goreng. Tingkat kepedasannya bisa kamu pilih sesuai level, tapi level paling rendah pun sudah cukup menyerang lidah. Selain mie, kamu bisa memesan menu pendamping seperti udang rambutan, lumpia ayam dan udang keju.

Source: @chefamatir

Alamat: Jl. Semolowaru Utara No.12, Semolowaru, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya.

7.      Mie Jogging Surabaya

Pilihan mie dengan cita rasa pedas berikutnya di Surabaya yang bisa kamu cobain adalah Mie Jogging. Saking pedasnya kamu benar-benar bisa sampai berkeringat layaknya habis jogging. Pilihan mie-nya ada mie original dan mie goyeng yang semuanya bisa kamu pilih kepedasannya. Sebagai teman menyantap mie, tersedia aneka dimsum dan milkshake yang nyegerin.

Source: @miejoggingsub

Alamat: Jl. Slamet No.1, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

8.      Penyetan Mbak Noer

Menu penyetan sambal menjadi kuliner pedas khas Jawa Timur dan Surabaya yang wajib kamu coba. Salah satu warung penyetan yang enak dan punya sambal pedas adalah Penyetan Mbak Noer di daerah Jagir Wonokromo. Sambal di sini terkenal khas dan bikin nagih. Meskipun ada sedikit sensasi rasa manis dan asin, pedasnya dijamin bakal bikin kamu berkeringat serta meneteskan air mata.

Source: @foo.ga

Alamat: Jl. Jagir Wonokromo No. 120, Wonokromo, Surabaya.

9.      Waroeng Jangkrik

Tempat makan yang punya menu pedas berikutnya adalah Waroeng Jangkrik di Jalan Raya Jemursari. Untuk pencinta pedas, coba tantang dirimu untuk mencicipi sego sambel mereka dengan lauk iwak pe, tongkol, atau ayam. Pedas sambalnya dijamin bakalan bikin kamu berkeringat dan bibir jadi dower deh. Ada juga menu sego jangkrik dengan bihun, lauk-pauk, dan sambal yang juga pedas.

Source: @veboluz

Alamat: Jl. Raya Jemursari No. 107, Wonocolo, Surabaya.

10.   Depot Sambal Bu Rudy

Siapa sih yang belum kenal sama aneka sambal khas dari Bu Rudy? Selain bisa berburu sambal khasnya untuk dibawa pulang, kamu juga bisa makan langsung di depot penjualannya. Ada nasi udang empal komplit dan spesial, nasi campur, nasi kare, hingga nasi pecel. Tentunya kamu bisa menikmati sajian makanan tersebut dengan bermacam pilihan sambal dari Bu Rudy. Sambal Bu Rudy terkenal banyak pilihan rasanya dari mulai pedas gurih hingga yang pedas pol.

Source: @surabayafoodies

Alamat:
  • Dharmahusada No.140, Mojo, Surabaya.
  • Anjasmoro No.45, Sawahan, Surabaya.
  • Raya Kupang Indah No.5, Dukuhpakis,Surabaya.
  Beragam kuliner pedas Surabaya bisa kamu pilih sesuai selera. Dari mulai tradisional seperti sego sambel, penyetan, dan sambal bawang, hingga kuliner pedas hits kekinian seperti mie dan bakso/pentol dengan level pedas pol. Kira-kira kuliner pedas mana nih yang paling pengen kamu cobain duluan?