Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pexels

Manfaat Wortel. Ternyata Gak Cuma Buat Mata

August 2, 20214 min readHealthy Foodie

Apa sih manfaat wortel yang paling kalian tahu? Kalau jawabannya untuk kesehatan mata, ya itu memang benar tapi masih terlalu umum. Ternyata sayuran berwarna oranye cerah ini punya banyak manfaat lainnya untuk menunjang kesehatan tubuh lho.

Selain warnanya yang cantik, sayuran ini punya rasa manis alami dengan tekstur renyah yang membuatnya banyak disukai. Lagipula harganya bisa dibilang sangat murah di pasaran sehingga mudah didapat. Wortel juga gampang diolah menjadi sayur sop, salad, acar, bahkan dijadikan jus atau cake. Semuanya adalah cara enak mendapat ekstra nutrisi dari sayuran ini.

Kandungan Nutrisi Wortel

Dilansir dari Healthline dan MedicalNewsToday, wortel memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, termasuk di antaranya vitamin A, K1, B6, C, dan potasium. Selain itu sayuran ini juga dilengkapi serat, serta kalsium, kalium, dan zat besi yang memadai.

source: Pexels

Selama ini, wortel cuma dikenal sebagai makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A. Namun masih banyak manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan dari rutin konsumsi wortel. Selain mata yang sehat, wortel bisa membantu tubuh lebih sehat, mengontrol kadar kolesterol darah, hingga mencegah kanker.

Manfaat Wortel bagi Kesehatan

Berikut manfaat kesehatan yang bisa kalian dapatkan jika rutin mengonsumsi wortel. Simak ya!

1.      Menjaga Kesehatan Mata

Yup, manfaat umum dari konsumsi wortel adalah untuk meningkatkan kesehatan mata. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan xerophthalmia, yakni penyakit mata yang progresif. Xerophthalmia bisa menyebabkan rabun senja atau kesulitan melihat ketika tingkat cahaya rendah.

Selain itu, vitamin A berguna untuk mencegah terjadinya penyakit mata lainnya seperti rabun jauh, rabun dekat, bahkan kebutaan. Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta kombinasi keduanya bisa membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, sejenis kehilangan penglihatan.

source: istockphoto

2.     Menjaga Tekanan Darah dan Kolesterol

Serat dan potasium dalam wortel bisa membantu mengatur tekanan darah supaya tetap stabil. Kandungan kaliumnya juga membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan masalah kardiovaskular lainnya.

Umumnya, orang yang sedang menjalankan diet rendah kolesterol akan mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium, sehingga wortel menjadi salah satu menu yang paling banyak dipilih. Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

source: istockphoto

3.      Karotenoid dalam Wortel sebagai Anti-Kanker

Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh bisa meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit kronis, salah satunya adalah kanker. Wortel mengandung karotenoid –pigmen warna cerah alami- yang juga berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Lutein dan zeaxanthin adalah dua contoh karotenoid ini.

source: istockphoto

Rutin makan sayuran ini bisa mencegah berbagai risiko kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker prostat. Seseorang yang mengonsumsi wortel dua kali sehari dapat menurunkan 17% risiko penyakit kanker.

4.      Membantu Mengontrol Gula Darah

Wortel adalah bahan makanan rendah kalori tinggi serat yang relatif rendah gula. Untuk alasan ini, maka kandungan indeks glikemiknya bisa dikatakan cukup rendah. Indeks glikemik rendah ini bisa membantu penderita diabetes memahami makanan mana yang cocok dikonsumsi supaya gak bikin kadar gula darah meningkat.

source: istockphoto

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa makan wortel gak akan memicu lonjakan gula darah dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan berserat tinggi juga bisa membantu penderita diabetes tipe 2 mengontrol kadar gula darah mereka.

5.      Serat Wortel Bermanfaat Menjaga Pencernaan dan Kurangi Berat Badan

Dalam kandungan wortel ukuran sedang ada 1,7 g serat, atau antara 5% hingga 7,6% dari kebutuhan harian seseorang. Kita tahu bersama kalau makanan berserat tinggi bisa meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan melancarkan BAB.

source: istockphoto

Kandungan serat wortel juga cocok untuk kalian yang sedang diet menurunkan berat badan. Rutin minum jus wortel bisa meningkatkan laju metabolisme karena tubuh harus mengubah makanan menjadi energi. Di samping itu, serat juga membuat kalian kenyang berenergi lebih lama meski belum makan.

Nah, itu dia ragam manfaat kesehatan dari wortel yang baik untuk tubuh. Kalau kelinci saja suka wortel, masa kalian kalah?

Related Articles

Connect with Nibble