Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

Kenalan Sama 10 Jenis Cake Paling Enak di Dunia

July 12, 20215 min readFood

Ada banyak lho jenis cake atau kue yang terkenal sekaligus ikonik dari setiap negara. Cake memang merupakan kudapan favorit banyak warga dunia. Dengan tekstur yang lembut, cake memang bisa menjadi teman santapan ringan yang menyenangkan.

Gak ketinggalan, negara kita Indonesia juga punya jenis cake ikoniknya sendiri lho. Kalian mau tahu nggak nih jenis cake atau kue apa saja yang terkenal dari seluruh dunia? Berikut Nibble rangkumkan 10 di antaranya.

1.      Lamington Cake - Australia

jenis cake lamington

source: istockphoto

Kue satu ini merupakan kue nasional dari negara Australia, tepatnya berasal dari Brisbane di negara bagian Queensland. Dilansir dari TasteAtlas, nama hidangan penutup ini sendiri diambil dari nama Lord Lamington, Gubernur Queensland yang menjabat tahun 1896 hingga 1901.

Ikon kuliner Australia yang terkenal di dunia ini berbentuk kue bolu yang dicelupkan ke dalam cokelat dan diberi taburan parutan kelapa kering di atasnya. Saking terkenalnya, di Australia sendiri ada perayaan Hari Lamington Nasional setiap tanggal 21 Juli.

2.      Victoria Sponge Cake - Inggris

jenis cake victoria

source: freepik

Dilansir dari laman Insider, sudah ada sejak tahun 1843, ketika baking powder dikembangkan. Meskipun sudah sangat tua setelah tahun penemuannya, kue ini tetap menjadi yang paling favorit bagi keluarga di negerinya Ratu Elizabeth II ini.

Kue ini terdiri dari 2 buah sponge cake yang ditumpuk dengan menggunakan mentega.  Selain itu juga diberi selai raspberry,  whipped cream,  dan taburan gula bubuk yang membuatnya tampak semakin manis. Victoria cake ini identik dengan tradisi minum teh sore ala masyarakat Inggris.

3.      Pavlova - Selandia Baru

jenis cake pavlova

source: istockphoto

Halus dan lembut seperti seorang balerina, itulah perumpamaan yang sering diberikan untuk menggambarkan kue nasional Selandia Baru ini. Namanya sendiri memang diambil dari seorang ballerina Russia yang terkenal, Anna Pavlova saat mengunjungi negara tersebut tahun 1920.

Kue ini terdiri atas krim kocok biasanya dioleskan di atas meringue bersalju, diikuti dengan semburat warna-warni dari buah-buahan sebagai topping-nya. Paling disukai adalah pilihan buah-buahan asam untuk mengimbangi rasa manis kue ini.

4.      Lapis Legit - Indonesia

source: harpersbazaar

Nah, ini salah satu cake yang menjadi ikon kuliner Indonesia di mata internasional. Kue lapis legit memiliki nama lain kue spiku atau spekuk. Nama tersebut berasal kata dari bahasa Belanda yakni Spekkoek. Berdasarkan sejarahnya, kue ini sudah berkembang di Indonesia sejak zaman kolonial Belanda.

Terbuat dari tepung terigu, mentega, dan telur. Serta memadukan beragam rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkih, dan pala membuat rasanya sangat khas Indonesia banget. Ciri khas utamanya ada pada tampilannya yang berlapis-lapis hingga sebanyak 18 lapisan.

5.      Madeleines - Prancis

source: istockphoto

Madeleine adalah kue yang berbahan utama mentega dan tepung serta berbentuk kecil sehingga cocok menemani minum kopi hitam ataupun teh. Kue ini berasal dari negeri menara Eiffel, Prancis dan dibuat lucu berbentuk cangkang kerang yang dimasak sampai berwarna cokelat keemasan. Teksturnya sangat renyah di luar dan sangat manis, kenyal di bagian dalamnya, benar-benar jadi kudapan yang sempurna.

6.      Bolu Pandan - Malaysia & Singapura

source: istockphoto

Rasa manis yang dipadukan dengan harum aroma daun pandan memang menjadi ciri khas kudapan asal negeri Melayu seperti Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Kue jenis chiffon cake ini sangatlah lembut dengan warna hijau yang cantik menggugah selera.  Harum aromatik daun pandan yang dipadu rasa manis khas cake membuat siapa saja menyukainya.

7.      Tiramisu - Italia

source: istockphoto

Negara yang menjuarai Euro 2020, Italia, nggak cuma terkenal akan kuliner asinnya seperti aneka pasta dan pizza. Tapi negeri ini juga memiliki kuliner manis sebagai dessert yang sangat terkenal yakni tiramisu.

Tiramisu terbuat dari lapisan kue yang dicelupkan ke dalam kopi dan ditumpuk menggunakan keju mascarpone. Selain rasa yang original dengan rasa kopinya yang khas, ada juga variasi tiramisu menggunakan berbagai rasa seperti stroberi, pistachio, hingga matcha.

8.      Tres Leches - Meksiko

jenis cake tres leches

source: istockphoto

Jika tiramisu direndam menggunakan kopi, kue asal Meksiko ini justru direndam menggunakan 3 jenis susu sekaligus. Oleh karena itu dinamakan tres leches yang artinya tiga susu. Nah, susu yang digunakan antara lain susu kental manis, susu evaporasi, dan susu cair biasa. Kemudian di atasnya diberikan whipped cream dan irisan stroberi. Kudapan ini sangat mengenyangkan dan berkalori tinggi.

9.      Black Forest - Jerman

source: istockphoto

Di Jerman sendiri, kue black forest ini memiliki nama asli Schwarzwalder Kirschtorte. Kue sponge coklat yang dilapisi krim dan buah cherry yang segar ini sangat populer di dunia. Di Indonesia sendiri pasti kalian juga sudah gak asing lagi dengan kue manis satu ini. Umumnya disajikan saat perayaan hari raya Natal, acara keluarga dan ulang tahun.

10. Tompouce - Belanda

source: shutterstock

Tompouce (dibaca: tompush) adalah kue tradisional Belanda yang terdiri dari kue puff tipis yang diisi dengan krim. Bagian atasnya diberi lapisan icing merah muda yang halus dan manis. Makanan penutup ini biasanya disajikan dalam bentuk persegi panjang.  Pada perayaan Hari Raja (Koningsdag) di Amsterdam, lapisan gula di atasnya secara tradisional akan diwarnai oranye terang untuk mewakili warna nasional Belanda.

Tompouce sering disajikan dengan teh atau kopi sore, terutama pada acara-acara meriah seperti ulang tahun. Hati-hati memakannya, karena krim di tengahnya akan lumer mengotori mulut hingga pakaian kalian.

Nah, itu tadi deretan jenis cake yang terkenal dan ikonik dari seluruh dunia. Kalau jenis cake favorit kalian yang mana nih? Share di kolom komentar ya!

Related Articles

Connect with Nibble