Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Pizza Italia vs Pizza Amerika, Apa Bedanya?

August 3, 20214 min readFood

Kalian sudah pada tahu belum kalau sampai saat ini terdapat dua jenis pizza yang terkenal di dunia yaitu pizza Italia dan pizza Amerika. Kalau ngomongin resep aslinya yang otentik sih, pizza memang berasal dari Negeri Menara Pisa, Italia. Akan tetapi, orang-orang Amerika-lah yang saat ini mendominasi gaya dan penjualan pizza dengan beragam restoran franchise mereka yang mendunia. Bahkan konsumsi pizza di Amerika jauh lebih tinggi dibanding negara asal makanan ini sendiri.

Kalau kalian mengaku pencinta makanan berbentuk lingkungan datar pipih ini, wajib tahu nih perbedaannya. Karena jika diperhatikan dengan lebih teliti, banyak banget perbedaan mendasar dari pizza Italia dengan yang bergaya Amerika. Dari mulai bentuk adonan, pilihan jenis topping, hingga ragam variasinya juga bisa dibilang sangat berbeda.

Perbedaan Pizza Italia dan Pizza Amerika

Berikut ini 4 perbedaan mendasar antara pizza Italia dengan American pizza yang harus kalian tahu, dilansir dari Tuscan Eats. Simak ya!

1.      Adonan Dasar Pizza

Perbedaan besar yang paling mencolok dari pizza Italia dengan Amerika terletak pada ketebalan adonan dasarnya. Kebanyakan resep asli dari pizza khas Italia menggunakan adonan yang sangat tipis, sehingga sangat renyah untuk disobek dan dimakan. Saking tipis dan renyahnya, kadang sampai menyerupai biskuit dengan cita rasa savory dari saus tomat dan keju.

source: Pixabay

Di Italia, kebanyakan adonan tepung yang digunakan untuk membuat resep ini adalah tepung gandum murni maupun sourdough tradisional. Karena tipis sehingga rata-rata orang bisa menghabiskan sendiri satu loyang pizza utuh. Tapi ada juga pizza Sisilia (Sicillian pizza) yang tekstur rotinya sangat tebal dan berbentuk persegi panjang. Berbeda jauh dengan jenis lain di negara tersebut.

Nah, adonan pizza di Amerika cukup mirip dengan gaya dari Pulau Sisilia, yang teksturnya cukup tebal serta padat. Saking tebalnya, mirip seperti adonan roti tawar yang sengaja dipipihkan. Gak heran kalau pizza Amerika ini lebih mengenyangkan dan teksturnya terasa lebih 'berat'. Beberapa orang menikmatinya dengan hanya mengambil beberapa slice.

2.      Saus Tomat yang Digunakan Berbeda

Saus tomat merupakan bahan baku penting dan utama sebagai olesan pada permukaan adonan pizza. Selain sebagai dasar untuk meletakkan topping-nya, saus ini juga sekaligus untuk memberi cita rasa dasar dari makanan ini. Oleh karena itu, orang Italia sangat concern dengan cara pembuatan saus tomat mereka.

source: istockphoto

Alih-alih saus instan, umumnya orang Italia lebih suka membuat saus tomatnya sendiri. Dari tomat khas Italia yang dimasak hingga kental. Lalu diberi minyak zaitun, bawang putih, basil, thyme, dan oregano. Ini akan membuat pizza nya lebih terasa herbal berbumbu dibanding gaya Amerika.

Sedangkan, pizza Amerika yang dominan sebagai makanan cepat saji, biasanya menggunakan saus tomat biasa tanpa dibumbui. Bahkan mereka juga menggunakan saus tomat botolan atau kalengan yang instan. Jarang sekali restoran yang meracik saus tomat mereka sendiri.

3.      Topping Pizza Amerika Lebih Bermacam

Sebagai makanan cepat saji, maka pizza di Amerika lebih banyak menawarkan selera yang sangat beragam. Sehingga restoran pizza di negeri Paman Sam tersedia banyak variasi topping, baik daging maupun keju. Ya, mencampur topping adalah bagian dari ciri khas evolusi makanan Amerika.

source: Pixabay

Bahkan kalian akan lebih banyak menemukan pizza dengan beragam jenis keju dan daging di atas pizza orang Amerika. Jenis daging yang digunakan pada pizza Amerika ini adalah sosis, peperoni, bacon, ham, dan lain sebagainya. Ibaratnya orang Amerika lebih menyukai makanan yang “rame”.

Sedangkan orang Italia lebih menghargai resep asli tradisional makanan mereka. Menambah banyak daging dan bermacam keju hanya akan dianggap berlebihan dan bahkan bisa dituduh “penistaan”. Sebagai penghargaan terhadap cita rasa sebuah makanan, orang Italia lebih menyukai pizza dengan hanya satu topping saja.

4.      Jenis Pizza Italia Gak Banyak

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahwa orang Italia lebih menghargai resep asli sebuah hidangan tanpa harus diberi inovasi dan kreasi yang aneh-aneh. Umumnya pizza di negara ini hanya mengandalkan topping saus tomat dan keju mozzarella saja sebagai dasarnya.

source: istockphoto

Jika kalian ke Italia, mungkin hanya menemukan jenis Pizza Napoletana (Neapolitan Pizza) sebagai yang utama. Dan beberapa jenis gaya pizza Italia lainnya seperti margherita atau marinara. Ada juga pizza sesuai asal wilayah seperti pizza ala Roma dan ala Sisilia yang berbentuk segi panjang.

Sedangkan orang Amerika yang memang hobi makanan yang “rame”, maka variasi jenis pizza nya pun jadi lebih beragam. Selain mengakomodir para meat & cheese lovers, mereka bahkan berani memasukkan nanas ke dalam pizza.

Nah, itu tadi perbedaan antara pizza Italia dengan Amerika. Bisa dilihat perbedaan budaya kedua negara, di mana Italia sangat menjunjung tinggi tradisi kuliner asli, sedangkan Amerika mengedepankan inovasi dan kreasi. Kalau kalian, lebih menyukai gaya pizza yang mana nih?

Related Articles

Connect with Nibble