Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram @surabayafoodies

10 Rujak Cingur di Jakarta untuk Ngobatin Rindu Surabaya

September 8, 20215 min readFood

Mau mencari rujak cingur di Jakarta untuk mengobati rindu akan kuliner Kota Surabaya? Beberapa tempat makan berikut ini wajib banget untuk kamu kunjungi. Makanan yang berbahan sayuran, cingur sapi, dan siraman kuah berbumbu petis ini juga ada di Jakarta. Rasa bumbu petis yang khas ditambah kenyalnya cingur, memang jadi daya tarik tersendiri yang bikin siapa pun tergoda mencicipi hidangan unik ini.

Berikut ini Nibble pilihkan 10 tempat makan rujak cingur di Jakarta yang cita rasanya otentik. Simak dan masukkan dalam list destinasi kamu ya!

1.      Rujak Cingur Pak Hadi

Tempat pertama untuk obat rindu akan rujak cingur khas Surabaya adalah di kantin Rujak Cingur Pak Hadi. Lokasinya ada di daerah pusat Ibukota kok, tepatnya di Jalan Wahid Hasyim, Menteng. Rujak cingur milik Pak Hadi ini termasuk yang paling otentik dan dijamin enak se-Jakarta. Buat penggemar tekstur kenyal khas cingur, bakalan puas deh karena di sini potongan cingurnya banyak. Untuk bumbu petisnya cukup berasa dengan tekstur halus, menyesuaikan selera orang Jakarta yang mungkin belum terlalu terbiasa dengan aroma khasnya.

Source: @chimochi1306

Alamat: Jl. KH Wahid Hasyim No. 48, Menteng, Jakarta Pusat.

2.      Tahu Campur Pak Subari

Berjarak 600 meter dari stasiun MRT Fatmawati, kamu bisa menemukan Tahu Campur Pak Subari atau dikenal juga dengan Tahu Campur Kantor Pos. Di sini tersedia beragama makanan khas Surabaya yang rasanya cukup otentik. Selain ada tahu campur dan tahu tek, tentu di sini ada juga menu rujak cingur. Rujak cingur di sini bumbunya kerasa banget karena memang gak pelit dalam memberi tambahan petisnya. Orang yang baru pertama kali mencicipinya pun akan langsung jatuh cinta deh.

Source: @clubkuliner

Alamat: Jl. Anuraga No. 14, Fatmawati, Jakarta Selatan.

3.      Rujak Cingur Cak Anton

Di Bintaro juga ada nih tempat makan rujak cingur yang terkenal enaknya, namanya Rujak Cingur Cak Anton. Bumbu kacang berpadu petis yang aromatik jadi salah satu unggulan sajian di sini. Banyak pelanggan setia yang memang mengatakan kalau Cak Anton punya rasa yang otentik khas Surabaya. Selain rujak cingur juga ada menu lainnya seperti tahu telor dan tahu tek, yang sama-sama kuat petisnya.

Source: @widjaja_andy

Alamat: Jl. Bintaro Utama I Jaya Sektor I No.9, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan.

4.      Kantin Blauran Surabaya

Bagi kamu yang tinggal di Cipete, Jakarta Selatan, juga ada rujak cingur yang enak lho. Ketika kamu menikmati rujak cingur di sini, maka akan merasakan suasana rumahan sederhana dan sangat nyaman. Meski sederhana tapi dijamin nagih dengan bumbu kacang dan petis yang menjadi paduan gurih pedas dan sedikit manis. Ada menu rawon juga lho yang gak kalah nendangnya.

Source: @gedeinperut

Alamat: Kantin Blauran Surabaya, Jl. Cipete Raya No.33D, RT.14/RW.4, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

5.      Warung Arek Suroboyo

Mau menikmati cita rasa khas Surabaya di tengah Ibukota dengan harga terjangkau? Datang saja ke Warung Arek Suroboyo di daerah Johar Baru, Jakarta Pusat ini. Seperti namanya, beragam sajian Surabaya tersedia seperti krengsengan, tahu campur, lontong mie, dan tentu saja rujak cingur. Rujak cingur dan tahu campur jadi primadona yang disukai para pelanggannya. Bumbunya nendang gak pelit petis, sehingga cita rasanya benar-benar seperti cingur yang ada di Surabaya sana.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Percetakan Negara II No. 6A, Johar Baru, Kota Jakarta Pusat.

6.      Waroeng nDiwek

Di perbatasan antara Jakarta Selatan dan Depok, tepatnya daerah Cinere, ada warung khas Jawa Timuran bernama Waroeng nDiwek. Di sini kamu akan menemukan bumbu petis yang sangat kental dengan warna kehitaman, dan porsi yang mengenyangkan. Kenikmatan dari rujak cingur di sini juga didukung oleh kelembutan cingur sapi yang kenyal dan juicy saat dikunyah. Semakin serasi dengan campuran tauge, kangkung, bengkuang, timun, hingga mangga muda.

Source: @aulia.khusnia

Alamat: Jl. Raya Cinere No.7 Cinere, Limo, Depok.

7.      Rujak Cingur Bapusta

Sesuai dengan namanya, warung rujak cingur yang satu ini berlokasi di Jalan Balai Pustaka atau disingkat jadi Bapusta, Rawamangun. Warung pinggir jalan ini selain lokasinya strategis, rasa rujak cingurnya juga bikin nagih sehingga sering ramai pengunjung. Seporsi rujak cingur di sini ukurannya cukup besar dan bisa dinikmati dua orang. Isiannya komplit dan rasa bumbu kacang serta petisnya juga nendang.

Source: @madiunngemil

Alamat: Jl. Balai Pustaka No.38, RT.7/RW.9, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.

8.      Rumah Rujak Cingur Mba Ayu

Kalau kamu lagi ada di kawasan Pasar Minggu, coba mampir ke Rumah Rujak Cingur Mba Ayu. Di sini terkenal dengan sajian rujak cingur yang sederhana tapi rasanya sangat enak dan legit. Apalagi potongan cingur sapinya berlimpah namun empuk dan kenyal, bikin makan semakin lahap. Sebagai rumah makan khas Jawa Timur, di sini juga sedia tahu telur, pecel pincuk, tahu tek hingga nasi rawon.

Source: @mbaayurujakcingur

Alamat: Jl. Gunuk Raya Minggu No.35, RT.4/RW.3, Pejaten Timur, Kota Jakarta Selatan.

9.      Warung Suroboyo Cak Anam

Seperti nama warungnya, beragam sajian khas masakan Surabaya tersedia di sini. Warung makan yang berlokasi di Tegal Parang, Jakarta Selatan, ini punya menu andalan berupa rujak cingur dan tahu telor yang nikmat. Petis yang mereka gunakan merupakan impor langsung dari Sidoarjo. Jadi kebayang dong cita rasanya kuat khas Jawa Timuran banget.

Source: @warungcakanam

Alamat: Jl. Tegal Parang Selatan I No.18, RT.2/RW.4, Tegal Parang, Kota Jakarta Selatan.

10.   Tahu Campur "Ojo Lali" Cak Bejo

Jika kamu melewati kawasan Tebet, jangan lupa mampir ke warung tenda milik Cak Bejo ini. Warung makan ini menyediakan aneka menu khas Jawa Timur seperti tahu campur, tahu tek, tahu telur, rawon, soto, hingga rujak cingur. Rasa petisnya nendang banget, bahkan sampai banyak yang meminta porsi tambahan lebih. Potongan daging dan cingurnya juga lembut tanpa aroma berlebihan.

Source: @tukangngider

Alamat:  Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 32, Tebet, Jakarta Selatan.

Nah, ada banyak kan pilihan tempat makan rujak cingur yang ada di Jakarta. Meskipun makanan ini sangat khas Surabaya, tetapi bisa diterima juga oleh masyarakat Ibukota. Apalagi untuk kamu yang pengen bernostalgia sekaligus mengobati rindu terhadap kampung halaman.

Related Articles

Connect with Nibble