Nibble'S Guide

10 Serabi Solo di Jakarta Buat Bangkitkan Nostalgia

by Danang Lukmana | August 12, 2021

10 Serabi Solo di Jakarta Buat Bangkitkan Nostalgia
Menikmati serabi Solo di Jakarta, kenapa nggak? Kalian gak perlu pergi melancong ke Kota Solo untuk bisa makan kuliner legit yang satu ini. Ya.. makanan ini memang sangat enak dinikmati, apalagi dengan tekstur lembut dan empuk bikin banyak orang jadi suka. Ditambah cita rasanya yang manis dengan sedikit rasa gurih ala santan, membuatnya makin pas deh di lidah.

10 Penjual Serabi Solo di Jakarta

Sayangnya, di tengah pandemi ini kita sama-sama gak bisa sering-sering pergi ke luar kota buat menikmati serabi Solo langsung di daerahnya. Tapi Nibblers yang tinggal di kawasan Jakarta, bisa kok kunjungi 10 penjual serabi Solo enak berikut ini.

1.      Serabi Notosuman

Sampai sekarang nama Serabi Notosuman menjadi merek dagang kuliner khas satu ini yang paling terkenal. Notosuman sebetulnya nama daerah di Solo tempat pedagang awalnya ini berjualan. Namun sekarang jadi brand merek dagang yang terkenal di mana-mana, termasuk di Jakarta dan sekitarnya. Kalian bisa melipir sejenak ke daerah BSD Tangerang untuk bisa membeli Serabi Notosuman yang terkenal ini.

Source: @srabinotosuman

Alamat: Pasar Modern BSD, Jl. Letnan Sutopo No.72, Rw. Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan.

2.      Serabi Jess

Di Pasar Mayestik Jakarta Selatan, ternyata ada yang menjual serabi Solo dengan nama Serabi Jess. Uniknya, serabi Solo ini bentuknya sengaja dibuat mini-mini sehingga cukup lucu dan imut. Pilihan rasanya ada pisang, nangka, cokelat, wijen, keju dan polos.

Source: @bubuetaway

Alamat: Pasar Mayestik Lantai Dasar Blok ACT/ 114, Jl. Tebah III, RT.14/RW.3, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

3.      Serabi Solo 88

Bagi kalian yang tinggal maupun ngantor di wilayah Thamrin, gak perlu bingung mencari menu serabi Solo karena di ada kedai Serabi Solo 88. Lokasinya berada di area food court Thamrin. Ada enam varian rasa yang bisa kita pilih, mulai dari rasa cokelat, keju, nangka, pandan, pisang, dan original.

Source: Traveloka

Alamat: Thamrin 10, Jl. M.H. Thamrin No. 10, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

4.      Serabi Solo “Aroma”

Kini serabi Solo juga bisa dinikmati oleh warga yang tinggal di Cipinang, Jakarta Timur. Di daerah tersebut ada kios serabi Solo yang bernama Serabi Solo Aroma. Kios ini menyediakan serabi Solo dengan tiga rasa berupa original, cokelat dan keju. Serabi Aroma juga menerima request rasa serabi asal dipesan H-1 dari waktu pembelian.

Source: @jktinfo

Alamat: Jl. Raya Cipinang Jaya Blok U No. 355 Cipinang Besar Selatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur.

5.      Surabi Goen Goen

Kedai makanan yang satu ini memang gak spesifik menjual serabi Solo, melainkan lebih bertema kuliner anak muda kekinian. Pilihan serabi di sini sudah banyak dimodifikasi dari mulai bercita rasa manis hingga gurih. Ditambah lokasinya yang nyaman, membuat Surabi Goen-Goen banyak dikunjungi oleh kalangan muda-mudi.

Source: @surabigoengoen

Alamat: Jl.Taman Buaran Indah, Bl. Bl No.208, Klender, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur.

6.      Serabi Solo Cokrosuman

Sedikit melipir ke kota di sebelah selatan Jakarta yaitu Depok, di sini juga ada penjual serabi Solo yang enak bernama Serabi Solo Cokrosuman. Penjual di sini benar-benar menggunakan resep asli ala serabi dari kota Solo langsung baik adonan hingga isian. Harganya pun murah hanya Rp2.500 per potongnya.

Source: @waktunyakulineran

Alamat: Jl. Sentosa Raya No.31, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok.

7.      Serabi Solo Mandiri

Di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan ada juga kedai yang menjual serabi Solo bernama Serabi Solo Mandiri. Ada empat varian rasa yang ditawarkan, yaitu original, cokelat, keju, dan nangka. Tempatnya pun bersih dan nyaman untuk didatangi.

Source: @tukangjajanmalam

Alamat: Jl. Raya Jatipadang no. 48 Jati Padang-Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

8.      Serabi Solo Noto Kromo

Warga di bilangan Sunter dan Tanjung Priok, Jakarta Utara juga bisa nyobain serabi Solo yang enak. Namanya Serabi Solo Noto Kromo yang menjual serabi dengan resep dan adonan asli seperti di Solo. Pilihan rasanya yang recommended adalah rasa nangka yang harum aromanya akan keluar ketika hendak disantap.

Source: @carikulinersolo

Alamat: 8, RW.16, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

9.      Seraso Serabi Solo

Kedai serabi Solo ini berada dan masih satu bagian usaha dari Cafe Sudutsatu di kawasan Tanjung Duren. Di sini kalian bisa menikmati sentuhan serabi yang tradisional, namun dikemas dengan penyajian modern ala cafe. Kedai ini juga melayani orderan online sehingga kalian tetap bisa menyantap makanan manis ini dari rumah saja.

Source: @seraso.serabisolo

Alamat: Jl. Tj. Duren Barat 1 No.1c, RT.12/RW.4, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

10.  Dapur Solo

Restoran Dapur Solo memang mengangkat kuliner Jawa terutama Solo. Tentunya kalian di sini bisa menemukan menu serabi Solo sebagai sajian dessert-nya yang dikemas lebih rapi ala restoran. Resto yang satu ini ada banyak cabangnya di seluruh Jakarta, tinggal kalian pilih saja mau mengunjungi yang mana.

Source: @dapursolo1988

Alamat:  Jl. Matraman Raya No.18, RT.2/RW.1, Kb. Manggis, Matraman, Kota Jakarta Timur. Itu tadi pilihan serabi Solo di Jakarta yang bisa kalian pilih dan nikmati. Jadi bagi yang berdomisili di area Jakarta dan sekitarnya tetap bisa menyembuhkan nostalgia pada kota Solo, tanpa harus mengunjunginya langsung.