Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram @mbokjajan

Nostalgia Snack Masa Kecil. Favoritmu yang Mana?

June 28, 20215 min readInside Stories

Snack adalah salah satu hal yang paling diingat dari masa kecil. Apalagi kalau jajanan favorit kita pada masa itu, sekarang susah banget untuk dicari. Kalaupun masih ada, rasanya sudah nggak sama seperti zaman dulu lagi. Pastinya bikin semakin kangen dan juga membangkitkan rasa nostalgia deh kalau membahas serta mengenang jajanan di masa kecil dahulu.

Buat Nibblers dari generasi millenial yang mengalami masa kecil di era 90-an, pasti sering dibuat rindu pada jajanan atau snack masa kecil. Snack jadul emang punya ciri khas tersendiri baik rasa maupun kemasannya yang bikin selalu kangen untuk mencicipinya kembali.

Nah, buat kalian yang ingin bernostalgia dan mengenang jajanan serta snack jadul di masa kecil era 90an dulu. Nih Nibble rangkumkan 10 di antaranya;

1.      Permen Karet Yosan

snack jadul masa kecil

source: @kuliner_asiksolo

Permen karet Yosan adalah salah satu media belajar kalian dalam mengunyah permen karet yang seru di masa dahulu. Mereka yang suka dari permen Yosan ini karena bisa sambil belajar mengunyah sambil membentuk gelembung balon di mulut. Snack ini dulu sangat memikat dan digemari anak-anak generasi 90an.

Ada hal lain juga yang seru dan menarik dari merek permen ini, yakni kalian bisa mengumpulkan serta merangkai huruf Y-O-S-A-N di dalamnya. Konon saat itu huruf N seolah menjadi misteri dunia, karena sulit sekali untuk ditemukan.

2.      Permen Cokelat Cup Choyo-Choyo

snack masa kecil choyo

source: @jakulcepu

Dikutip dari bp-guide, selain permen karetnya yang terkenal, perusahaan Yosan juga mengeluarkan produk snack berupa cokelat yang gak kalah populer. Choyo-Choyo namanya produk snack cokelat cup yang dikeluarkan oleh Yosan.

Banyak dijual dan dijumpai di warung-warung, serta dikemas dalam cup kecil beserta sendok mungil yang menggemaskan untuk memakannya. Sayangnya, cokelatnya cuma sedikit sehingga anak-anak sampai menjilati cup plastiknya supaya puas.

3.      Cokelat Payung

coklat payung snack masa kecil

source: @medianostalgia

Meskipun cuacanya lagi nggak hujan, tapi anak-anak pada masa itu tetap mencari payung. Ya, bukan payung yang sesungguhnya, tapi yang berbentuk snack cokelat. Harganya yang murah dengan bentuk unik dan lucu, tentu sangat memikat bagi anak TK dan SD di masanya. Selain bentuknya yang lucu, rasanya pun juga lezat yang bisa memuaskan lidah anak-anak.

4.      Mie Gemez

mie gemez snack masa kecil

source: @jadoel_snack

Snack masa kecil yang satu ini berupa mie kering yang harus dihancurkan dulu dengan cara diremas, lalu diberi taburan bumbu yang sudah tersedia di kemasannya. Rasanya gurih dan kriuk-kriuk sehingga sangat digilai oleh kalangan anak-anak. Biasanya, Mie Gemez ini juga dilengkapi dengan hadiah berupa kartu mainan.

Hal yang paling jadi ciri khas dari Mie Gemez adalah dari kemasannya atau bungkusnya. Terdapat gambar bocah laki-laki berkepala botak dan berkacamata hitam yang meremas mie. Gambar tersebut terinspirasi dari karakter Boboho, seorang aktor anak-anak dari Taiwan yang populer masa itu.

5.      Kenji

snack masa kecil kenji

source: @cah90anyk

Secara bentuk tampilan dan rasanya, 11-12 lah dengan snack Taro, akan tetapi Kenji merupakan versi lebih murah. Snack Kenji lebih unggul dari segi pengemasannya yang lebih kecil, sehingga mudah untuk dimakan langsung di tempat serta dimasukkan ke dalam tas sekolah anak-anak.

Memiliki bungkus dengan gambar karakter koboi kocak, jajanan ini menawarkan dua varian rasa. Varian rasa tersebut adalah rasa ayam untuk kemasan warna hijau, dan rasa dendeng untuk warna biru.

6.      Nyam-Nyam

source: bukalapak

Kembali membicarakan snack cokelat, tentu nggak lengkap kalau belum membahas Nyam-Nyam. Snack ini pada masa itu sangat populer dan nggak pernah absen untuk selalu ada di warung maupun supermarket. Hadir dalam kemasan imut dengan beberapa varian seperti stick biskuit dengan coklat leleh, serta coklat leleh dengan remahan rice puff untuk dimakan menggunakan sendok imut.

7.      Koala La

koala la snack masa kecil

source: @jadoel_snack

Anak-anak mana yang nggak tertarik oleh snack dengan rasa manis seperti permen kapas. Jika saat itu nggak sempat jajan permen kapas di abang-abang pasar malam, kalian bisa mencari snack Koala-La ini sebagai alternatifnya. Permen gula kapas satu ini sudah dilengkapi dengan  aroma wangi buah seperti blueberry dan strawberry yang rasanya legit menggugah selera.

8.      Tini Wini Biti

source: nulis.in

Tini Wini Biti merupakan snack enak yang tentunya sering ditemukan di masa kecil anak-anak zaman dahulu. Memiliki aneka ragam bentuk binatang yang lucu-lucu dan imut, snack ini juga dilengkapi banyak varian rasa. Ada rasa sate ayam, jagung manis, hingga rasa keju yang bisa dipilih. Biskuitnya mini dan pastinya bikin gemas untuk dimasukkan ke dalam mulut.

9.      Wafer Cokelat Superstar

source: beritagar.id

Ada banyak merek snack wafer yang beredar di pasaran, tapi nggak semua menawarkan wafer yang dilengkapi lapisan cokelat di luarnya. Nah, Superstar menjadi salah satu pilihan snack wafer dengan lapisan cokelat di luar. Snack satu ini menawarkan harga lebih murah dibandingkan sejenisnya seperti Beng-Beng, sehingga termasuk yang paling difavoritkan.

10. Cokelat Ayam Jago dan Cokelat Koin

source: @n.snack_

Rasanya hampir semua kalangan menyukai cokelat, baik anak-anak, remaja hingga dewasa. Dulu, harga cokelat impor batangan bisa dibilang cukup mahal untuk dijadikan jajanan. Oleh karena itu, kehadiran cokelat batangan merek Ayam Jago menjadi pilihan alternatif yang disukai semua kalangan. Harganya yang murah juga membuat coklat ini populer sampai sekarang.

Selain dalam bentuk batangan, hadir juga cokelat dalam bentuk kepingan koin emas atau yang dikenal dengan Golden Roundies. Harganya juga sangat murah dan bisa dijumpai di warung-warung. Deretan cokelat tersebut juga membawa nostalgia tersendiri mengenai snack jadul masa kecil.

Itu tadi Nibblers, 10 snack jadul masa kecil yang bisa membangkitkan rasa nostalgia. Bagi kalian yang mengalami masa kecil era 90an, snack mana yang paling kalian kangenin? Share di kolom komentar ya!

Related Articles

Connect with Nibble