Foodies Trends

Tren Susu Kurma Buat Kesehatan, Sudah Cobain?

by Danang Lukmana | July 28, 2021

Tren Susu Kurma Buat Kesehatan, Sudah Cobain?
Susu kurma belakangan lagi tren. Hal tersebut gak lepas dari kandungan masing-masing bahan yakni susu dengan buah kurma yang memang dikenal banyak manfaatnya. Jika dikombinasikan, selain mengandung sejuta manfaat kesehatan, cita rasanya pun sangat nikmat karena kurma memiliki sifat manis alami.

Manfaat Minum Susu Kurma

Dilansir dari Healthline, buah kurma mengandung nutrisi seperti zat besi, fosfor, potasium, zinc, magnesium, vitamin A, D, dan C. Kurma juga terkenal tinggi kandungan serat yang mampu membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Meskipun bukan buah lokal, kita bisa dengan mudah menemukannya di Indonesia. Terlebih saat memasuki bulan Ramadan. Begitu juga dengan susu yang dikenal sebagai gudangnya kandungan kalsium dan vitamin D. Jika keduanya dipadukan maka bisa menjadi pilihan superfood yang bernutrisi dan juga enak. Ini dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapat jika rutin mengonsumsi susu kurma.

1.     Kesehatan Jantung Terjaga

Manfaat pertama yang ditawarkan oleh susu kurma adalah efek baiknya untuk mendukung kesehatan jantung. Kandungan nutrisi yang ada di dalam bahan ini ternyata bisa menurunkan risiko pemicu serangan jantung.

source: istockphoto

Kurma bisa membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah berlebih, dan mengatasi penyumbatan yang terjadi di arteri. Hal ini karena kurma kaya akan kandungan kalium, tetapi jumlah natriumnya cukup sedikit. Kalium membantu menurunkan tekanan darah dan membantu tubuh membuang natrium berlebih yang sering jadi penyebab pembuluh darah terganggu.

2.      Susu Kurma Mendorong Produksi ASI

Kurma yang diolah bersama susu bisa memberikan manfaat sebagai pendorong produksi ASI. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi kurma bagus sebagai suplemen untuk ibu menyusui. Manfaatnya selain meningkatkan produksi ASI juga mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan ibu secara keseluruhan.

source: istockphoto

Salah satu kandungan kurma adalah tryptophan yang diyakini menghasilkan serotonin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Serotonin juga mencegah turunnya kadar prolaktin yang diperlukan untuk produksi susu ibu. Kondisi ibu yang bahagia bebas stres dan punya kadar prolaktin tinggi, akan membuat produksi ASI meningkat dan semakin banyak.

3.      Manfaat Susu Kurma untuk Tulang Sehat

Baik susu dan kurma sama-sama kaya akan kandungan kalsium. Bahkan, kurma juga mengandung mineral tambahan seperti selenium, tembaga, dan magnesium yang bersifat memperkuat tulang. Gak cuma tulang, kandungan nutrisi ini juga membantu memperkuat gigi.

source: istockphoto

Kalsium dan magnesium sama-sama bekerja sebagai pendorong supaya tulang manusia jadi lebih kuat. Selain itu, tubuh kita juga mengeluarkan kalsium setiap hari dan butuh asupan yang baru untuk menggantikan kalsium yang hilang tersebut. Maka kebutuhan kalsium harian tersebut bisa dipenuhi oleh kombinasi kedua bahan ini.

4.      Membantu Mengatasi Sembelit

Susu kurma diyakini bisa mengatasi masalah susah BAB atau sembelit. Cara menikmati manfaat ini adalah dengan mencampurkan 5-6 buah khas Timur Tengah ini ke dalam 500 ml susu. Masak campuran ini dan biarkan hingga dingin. Minumlah saat perut kosong di pagi hari sebagai menu sarapan. Kandungan serat yang terdapat di dalamnya dipercaya dapat mencegah sembelit. Serat akan menyisakan air dalam sistem pencernaan yang membuat kotoran menjadi lebih lembut dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

source: istockphoto

5.      Susu Kurma juga Bagus untuk Kulit

Meminum susu kurma merupakan cara alami untuk membuat kulit jadi lebih halus dan bercahaya. Kandungan vitamin C dan D di dalamnya memiliki sifat antioksidan yang berfungsi melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Nutrisi tersebut juga bisa mencegah penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan kulit kering. Di samping itu, kurma mengandung fitohormon yang bisa memberikan efek anti-penuaan secara signifikan.

6.      Merawat Sistem Saraf Otak

Kaya kandungan vitamin B, kalium, dan natrium ternyata membuat minuman ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf ke otak. Ketiga nutrisi ini sangat diperlukan untuk tubuh agar bisa menjaga kelancaran kiriman pesan dari tubuh ke otak dan sebaliknya lewat sistem saraf. Terlebih lagi, ion pada natrium dan kalium juga menghasilkan rangsangan saraf yang membantu menyampaikan pesan dari otak. Nah, itu tadi segudang manfaat mengesankan dari susu kurma yang saat ini sedang tren. Kalian tertarik gak nih mengonsumsi minuman ini dalam gaya hidup sehat harian?