Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Taste

14 Kombinasi Makanan Berbahaya yang Sebaiknya Dihindari

September 24, 20196 min readHealthy Foodie

Inovasi makanan saat ini seakan tanpa batas. Kalian mungkin sering menemukan kombinasi makanan unik yang coba dihadirkan oleh restoran-restoran di Jakarta. Tapi tahukah kalian kalau beberapa kombinasi makanan ternyata bisa menjadi makanan berbahaya?

Ada beberapa kombinasi makanan berbahaya yang tanpa sadar kita santap tanpa memedulikan faktor kesehatan di baliknya. Agar tidak terjebak, cari tahu yuk beberapa kombinasi makanan berbahaya yang sebaiknya kita hindari.

Dua Makanan dengan Kandungan Protein yang Tinggi

Makanan seperti surf and turf atau bacon and egg merupakan salah satu kombinasi makanan berbahaya yang sering kita temukan di restoran. Kenapa berbahaya? Ternyata saat kita menyantap dua makanan dengan kandungan protein yang tinggi, kita membebani kerja pencernaan. Kedua protein ini butuh waktu yang sangat lama untuk dicerna.

Agar tubuh kita tidak kena imbas negatif, sebaiknya konsumsilah makanan ini satu persatu. Kita bisa menyantap makanan dengan protein yang lebih rendah dulu, dan menyantap daging setelahnya. Atau ganti salah satu sumber protein dengan buah dan sayuran segar.

Minum Air atau Jus Saat sedang Makan

Siapa yang suka minum di tengah-tengah sesi makan? Kalau masih sering melakukan kebiasaan ini, tampaknya  kita harus berhenti melakukannya. Minum air atau jus saat sedang makan memang terlihat sepele, tapi ternyata hal ini tidak baik untuk dilakukan.

Air atau jus yang kita minum di tengah sesi makan akan meluruhkan asam lambung dan mengurangi keefektifannya untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat. Jadi sebaiknya, kalau haus minumlah air atau jus 10 menit sebelum makan.

Makanan Manis dan Alkohol

Kalau kalian sering mengonsumsi alkohol, sebaiknya hati-hati dalam memilih makanan pendampingnya. Pasalnya, tidak semua makanan aman dikombinasikan dengan alkohol. Salah satu kombinasi makanan berbahaya yang harus dihindari saat minum alkohol adalah permen atau sesuatu yang manis-manis.

Alkohol cenderung mengubah gula menjadi lemak jenuh. Saat tidak digunakan, lemak jenuh bisa terakumulasi dalam tubuh dan akhirnya memicu masalah kesehatan lain, mulai dari sakit jantung hingga kolesterol. Agar lebih sehat, sayuran hijau bisa menjadi pilihan terbaik sebagai teman minum alkohol.

Kentang Goreng dan Burger

Kombinasi makanan berbahaya yang satu ini mungkin akan membuat kalian bingung karena hampir semua tempat makan burger yang bikin ngiler menyediakan kentang goreng sebagai side dishnya. Siapa sangka kalau ternyata kombinasi ini tidak baik lho untuk tubuh.

Kentang goreng dan beef patty diolah dengan cara digoreng. Kombo lemak trans dalam kedua makanan ini akan membuat kita merasa sangat lelah dan lesu. Selain itu, kedua makanan ini juga akan menaikkan kadar kolesterol dan gula dalam tubuh. Hasilnya, berat badan dan selera makan akan meningkat drastis.

Yoghurt dan Buah

Satu lagi kombinasi makanan berbahaya yang lumrah ditemukan di mana-mana, yaitu yogurt dan buah. Seperti yang kita tahu, yogurt mengandung bakteri baik untuk tubuh. Tapi jangan salah, bakteri ini akan bereaksi dengan gula dari buah lho jika dimakan bersamaan. Reaksi tersebut akan menghasilkan toxin, membuat kita terserang pilek atau flu.

Nah, untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk menggunakan yogurt plain dan campur dengan madu, cinnamon, atau raisins, untuk menggantikan buah.

Pisang dan Susu

Campuran pisang dan susu yang paling fenomenal ditemukan di minuman bernama banana milkshake. Ternyata kombinasi kedua makanan ini tidak sesehat kelihatannya. Susu dan pisang sangat berat untuk dimakan secara bersamaan. Efeknya, kedua makanan ini jadi susah dicerna tubuh dan dapat memperlambat kerja otak kita.

Selain itu, pisang akan berubah menjadi asam saat dicerna tubuh dan ketika bersatu dengan susu, asam tersebut bisa menjadi racun. Hal inilah yang sering membuat banyak orang mengalami batuk, alergi, atau ruam merah di tubuhnya setelah mengonsumsi kombinasi makanan berbahaya ini.

Pizza dan Soda

Siapa coba yang tidak suka dengan kombinasi makanan yang satu ini? Pizza dan minuman bersoda ibaratnya adalah soulmate yang terasa sempurna di lidah. Tapi hati-hati, kombinasi ini sama sekali tidak sehat untuk tubuh lho.

Kedua makanan ini sama-sama mengandung asam. Selain itu, pizza terdiri dari karbohidrat dan protein yang jumlahnya sangat tinggi. Tubuh kita membutuhkan banyak energi untuk mencerna pizza. Nah, jika kita malah minum soda, ini akan memperlambat sistem pencernaan dan membuat kita mengalami masalah pencernaan.

Minuman Berareasi dan Peppermint

Kalian pasti sering melihat eksperimen yang mencampurkan minuman bersoda dengan permen mint, bukan? Nah, coba bayangkan jika kombinasi tersebut terjadi di dalam perut kita. Tentu sangat menakutkan! Perpaduan mint dan minuman bersoda akan membuat perut kita bergas yang akhirnya bikin tidak nyaman.

Karbohidrat Pati dengan Tomat

Tomat merupakan buah asam yang bisa menyebabkan masalah saat dimakan bersama karbohidrat pati, seperti nasi. Masalah yang biasanya sering muncul setelah menyantap kombinasi makanan berhaya ini adalah GERD atau perut bergas.

Bayam dan Kacang Kedelai

Buat yang suka makan masakan rumahan, jangan sekali-sekali menggabungkan sayur bayam dengan tahu atau tempe ya. Kedua makanan ini tidak ditakdirkan bersama karena bayam mengandung asam oktalat dan ini bereakasi dengan kandungan kalsium di dalam bayam itu sendiri, sehingga menghasilkan kalsium oksalat. Kalsium oksalat yang bertemu dengan kacang kedelai akan membentuk endapan yang tidak bisa larut di dalam perut kita.

Susu Kedelai dan Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun, jika telur digabungkan dengan susu kedelai akan menjadi makanan berbahaya yang sebaiknya dihindari. Saat minum susu kedelai, aktivitas enzim protease yang berguna untuk metabolisme tubuh akan berkurang. Hasilnya, tubuh kita tidak akan mendapatkan manfaat terbaik dari protein yang ada dalam telur jika dikonsumsi bersama susu kedelai.

Makan Buah Setelah Makan Besar

Menjadikan buah sebagai makanan pencuci mulut sangat wajar kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi ternyata kita tidak akan mendapatkan manfaat terbaik dari buah jika dikonsumsi dalam keadaan perut penuh. Nutrisi dalam buah tidak akan terserap maksimal. Sebaiknya, berikan jeda 30 menit setelah makan besar sebelum menyantap buah sebagai pencuci mulut.

Roti Bakar Keju dan Kopi

Kalau lagi nggak ada waktu masak buat sarapan, kita seringkali cari makanan yang cepat disajikan, seperti roti bakar dengan keju, tidak lupa minum secangkir kopi agar semangat menjalani hari. Ternyata kombinasi makanan ini tidak memberikan efek positif dalam tubuh.

Karbohidrat sederhana dalam roti akan mencegah tubuh mencerna kalsium yang terkandung dalam keju. Apalagi kalau kita minum kopi setelah makan roti bakar keju, tak ada efek positif yang akan didapatkan tubuh sama sekali. Jika kamu suka sekali nongkrong di tempat makan roti bakar dan memesan roti bakar keju, setidaknya ganti kopimu dengan secangkir teh hijau yang lebih sehat.

Tomat dan Mentimun

Kedua sayuran ini paling sering ditemukan dalam semangkok salad, bukan? Sayangnya, penelitian terbaru menunjukkan kalau kombinasi kedua sayuran ini bisa mengganggu jalur biokimia tubuh. Tomat dan mentimun akan menyebabkan proses kalsinasi sehingga vitamin di dalamnya tidak bisa terserap dengan baik.

Solusinya, kita bisa memakan kedua sayuran ini secara terpisah. Misalnya, hari ini makan salad dengan tomat, besok makan salad yang terdiri dari mentimun.

Wah, ternyata ada banyak sekali ya kombinasi makanan berbahaya yang merugikan tubuh? Yuk lebih hati-hati lagi dalam memilah makanan.

Related Articles

Connect with Nibble