Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Shutterstock

6 Tempat Minum Jamu paling Hits di Jakarta

March 26, 20204 min readFoodie Trends

Jamu yang selama ini dikenal sebagai minuman tradisional, sekarang lagi naik daun. Alasanya apa lagi kalau bukan karena penyebaran virus corona atau Covid-19. Banyak yang berbondong-bondong membeli bumbu rempah tradisional untuk dijadikan jamu atau minuman empon-empon.

Hal ini adalah hasil dari media sosial yang sukses mem-viralkan manfaat rempah dalam menjaga imunitas tubuh menurut beberapa guru besar universitas ternama. Kalau kalian mau mencoba bikin minuman jamu atau empon-empon, kalian bisa langsung lihat resepnya di sini.

Buat yang nggak mau ribet, nggak usah khawatir. Kalian bisa cek beberapa rekomendasi tempat minum jamu di Jakarta yang sudah terjamin kualitas dan kebersihannya. Simak yuk di mana saja kalian bisa memborong jamu.

1. Suwe ora Jamu

tempat minum jamu

Photo source: @terasmertua

Beroperasi sejak tahun 2013, Suwe Ora Jamu sering menjadi pilihan kaum urban yang rindu menikmati jamu tradisional. Lokasinya yang sangat strategis, seperti di Petogogan, Salihara, dan M Bloc Space, membuat tempat minum jamu ini semakin mudah dijangkau para foodies. Ada beragam rasa jamu yang dihadirkan oleh mereka, mulai dari temulawak rempah, rosella, asem jawa, sereh telang, kunyit asem, beras kencur, wedang jahe, dan alang-alang. Setiap varian memiliki khasiat masing-masing.

Untuk kalian yang mendambakan jamu buat menguatkan imunitas tubuh, kami sangat merekomendasikan jamu kunyit asem dan temulawak rempah untuk dikonsumsi secara rutin. Jika harus #dirumahaja, kalian bisa langsung memesannya di 082123613381 untuk diantar ke rumah.

Lokasi: Jalan Petogogan I No. 28B, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

2. The Jamu BAR

Photo source: @vkalanio

Di tengah modernitas Pacific Place di kawasan SCBD, kalian bisa merasakan keautentikan jamu sebagai minuman tradisional Indonesia di the jamu BAR. Tempat minum jamu ini menyatu dengan outlet Burgreens. Kamu tradisional, seperti jahe, sari asam, sari temulawak, kunyit asam, atau beras kencur bisa kalian dapatkan dengan mudah di sini.

Uniknya, mereka juga berinovasi membuat jamu mocktails yang menggabungkan rempah tradisional dengan bahan natural lainnya sehingga rasa dominan dari rempah-rempahnya bisa tersamarkan.

Lokasi: Pacific Place Mall LG #18, Jl. Jend. Sudirman No.52-53, RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, DKI Jakarta.

3. Jamuwell

Photo source: @jamuwell.id

Tidak semua lidah bisa menerima rasa jamu yang begitu melekat dengan rasa kuatnya rempah tradisional. Jika kalian salah satunya, cobain deh jamu dari Jamuwell. Jamu olahan mereka menggunakan bahan tradisional, tapi rasanya seperti jus buah. Misalnya nih, jamu dengan base kunyit bisa terasa seperti jus leci. Sedangkan yang basenya ginger, terasa seperti minum jus lemon dan passion fruit.

Namun, untuk saat ini, Jamuwell masih belum memiliki offline store. Kalian bisa memesannya melalui GoFood atau langsung cek Instagramnya di @jamuwell.id.

4. Acaraki Jamu

Photo source: @worthyourvisit

MInum jamu sudah menjadi pengganti lifestyle minum kopi selama pandemi Covid-19. Untuk kalian yang tempat tinggalnya tidak jauh dari Kota Tua atau Kemang, pesanlah jamu di Acaraki Jamu. Penyajian jamu di sini sangat modern. Dutch Jamu yang menjadi salah satu menut di tempat minum jamu ini pun menggunakan drip, tidak kalah dengan proses pembuatan kopi.

Kalau mau yang unik, kalian bisa memilih Bareskrim yang mengombinasikan kunyit dengan ice cream.

Lokasi: Gedung Kerta Niaga 3, Kota Tua, Jl. Pintu Besar Utara No.11, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat.

5. Jamu Bukti Mentjos

tempat minum jamu

Photo source: @carlosbryn

Siapa sangka tempat minum jamu di Jakarta yang satu ini sudah ada sejak tahun 1940-an. Saat ini Jamu Bukti Mentjos dijalankan oleh generasi ketiga. Pilihan jamunya ada banyak sekali, sekitar 64 jenis jamu bisa kalian nikmati langsung di sini. Jamu tradisional yang tidak ada di outlet jamu modern juga ditawarkan di Mentjos. Beberapa di antaranya adalah jamu pegal linu, jamu cocok bulan, jamu galian singset, jamu anton-anton, dan masih banyak lagi.

Sambil minum jamu, kalian juga bisa menyantap bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, kolak, atau biji salak.

Lokasi: Jl. Salemba Tengah No.48, RW.4, Paseban, Kec. Senen, Jakarta Pusat.

6. De Jamu

Photo source: @filipusverdi

Pernah nggak membayangkan jika jamu tradisional dijual di outlet-outlet minuman dalam mall-mall besar? Konsep seperti itulah yang dihadirkan oleh De Jamu. Kalian bisa mendapatkan produknya di Plaza Blok M, Setiabudi One, dan Ranch Market Pondok Indah. Campuran bahan-bahan pembuat jamunya juga juara. Hanya di sini kalian bisa minum jamu kunyit dengan yakult, jamu berbahan dasar jahe rasa cokelat, atau jamu beras kencur yang dipadukan dengan susu menjadi Beras Kencur Latte.

Lokasi: Setiabudi One, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav. 62, RT.18/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Unik-unik sekali ya tempat minum jamu di Jakarta yang barusan kita bahas? Menurut kalian, jamu mana yang paling menggugah selera?

Related Articles

Connect with Nibble