Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istimewa

7 Destinasi Terbaik Untuk Berburu Kuliner Indonesia

September 16, 201911 min readTips & Tricks

Sebagai Negara yang begitu besar, Indonesia tentu menyimpan begitu banyak kekayaan. Mulai dari kekayaan alam, kebudayaan, bahasa, seni, dan tentunya yang paling menarik minat adalah kekayaan kuliner kita yang begitu beragam.

Banyak sekali kuliner Indonesia yang akhirnya tersebar di berbagai penjuru negeri. Mulai dari kota-kota besar hingga area-area di sekitarnya pasti memiliki keunikan kuliner tersendiri. Nah, lewat artikel ini kami tertarik untuk membahas wilayah-wilayah tersebut. Panduan ini akan menjadi pedoman seru buat kalian yang tertarik untuk mengeksplorasi lebih jauh tentang kuliner Indonesia.

Berdasarkan hasil riset kami, ada 7 destinasi yang memiliki daya tarik kuliner terbaik di Indonesia dan tentunya bisa kalian kunjungi. Destinasi-destinasi ini dijamin bisa memuaskan dahaga kalian akan perburuan kuliner-kuliner asli Indonesia. Siapa sajakah mereka, berikut inilah urutannya dari yang paling juara.

1. Jakarta

Berbahagialah kalian yang tinggal di Ibu kota Indonesia ini, karena ternyata Jakarta menjadi lokasi paling juara sebagai destinasi kuliner di Indonesia. Ada alasan kuat kenapa kami menempatkan Jakarta sebagai juaranya. Lantaran berstatus sebagai ibu kota, tentu Jakarta menjadi pusat dari berbagai macam aktivitas di Negara ini, tak terkecuali soal kuliner.

Salah satu yang membuat Jakarta juara adalah karena kota ini seperti rangkuman dari keseluruhan Indonesia. Tidak percaya? Kuliner-kuliner hampir dari seluruh penjuru negeri bisa ditemukan di kota ini. Banyak sekali penduduk dari berbagai daerah tertarik membawa kuliner khas daerah mereka untuk dijual di ibu kota. Seakan tidak takut akan sepi peminat, daya beli yang tinggi di ibu kota seakan-akan membuat Jakarta seperti pasar besar yang selalu penuh dengan pembeli.

Jumlah perantau yang terbilang lebih banyak daripada jumlah penduduk aslinya sendiri juga membuat makanan dari berbagai daerah cenderung bisa diterima di Jakarta. Tapi jangan salah ya, Jakarta tetap punya kuliner khas-nya sendiri yang bahkan juga cukup tenar dan selalu jadi tuan rumah. Kalian belum ke Jakarta kalau belum mencoba kuliner-kuliner berikut ini:

Soto Betawi

Soto betawi paling mudah ditemukan di seluruh pelosok Jakarta. Lantaran rasanya yang khas dengan kuah santan dan susunya, soto betawi bisa bersaing dengan soto-soto dari kota lainnya di Jakarta. Campuran daging sapi juga menjadi bahan yang membuat kuliner ini begitu lezat. Berikut ini 7 Soto Betawi di Jakarta yang Paling Nikmat.

Kerak Telor

Kerak telor dibuat dari bahan utama beras ketan putih, telur ayam/bebek dan serundeng. Kerak telor masih bisa ditemukan di beberapa wilayah Jakarta dengan mudah seperti di Kemayoran dan sekitaran Monas. Dikenal unik karena cara membuatnya yang memang beda dari kuliner-kuliner lainnya.

Es Selendang Mayang

Minuman tradisional asal Jakarta yang mulai sulit ditemukan di Jakarta. Bahkan untuk kalangan Betawi sendiri minuman ini dianggap minuman kuno dan disajikan hanya pada acara khusus saja. Es selendang mayang mengenyangkan karena dibuat dengan bahan dasar tepung beras.

2. Makassar

Juara 2 dipegang oleh Kota Makassar di Sulawesi Selatan. Makassar sudah sangat tersohor dengan kuliner-kuliner khas-nya yang menyebar ke seantero negeri. Perkembangan kota ini sebagai kota metropolitan terbesar di wilayah timur membuat Makassar seperti Jakarta-nya Indonesia bagian timur.

Photo source: ResepKoki

Karena statusnya sebagai kota besar, tentu mirip juga seperti Jakarta yang dihuni oleh berbagai suku dari sekitar wilayahnya. Sebut saja suku Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa. Keragaman jumlah penduduk ini juga memperkaya variasi kuliner yang ada di Makassar. Sebagai salah satu kota yang menjadi andalan destinasi kuliner, kalian bisa singgah di kota ini seminggu tanpa kehabisan menu makanan baru.

Tapi jika berangkat ke Makassar, kalian harus mencoba makanan ikonik dari kota ini, yaitu:

Coto Makassar

Biasa disebut juga coto mangkasara, ini adalah kuliner asli Makassar yang berupa jeroan daging sapi yang direbus lama. Lalu disajikan dengan kuah yang diracik dari bumbu dan rempah yang begitu banyak. Rasanya? Udah pasti juara dong. Wajar jika menu kuliner yang satu ini bahkan bisa sangat diminati di kota-kota lain selain Makassar.

Sup Konro

Sup konro ini adalah menu kuliner buat kalian yang benar-benar jatuh cinta dengan menu iga sapi. Kuah pada sup konro warnanya cenderung gelap karena penggunaan dari buah kluwek seperti pada rawon. Namun jangan harap rasa bumbunya selembut sup pada umumnya ya, karena sup konro berbumbu kuat dan sedikit pedas dari ketumbar.

Es Pisang Ijo

Es pisang ijo juga menjadi salah satu kuliner yang diburu para penikmat makanan saat di Makassar. Namun popularitasnya yang beberapa tahun melejit, membuat es pisang ijo akhirnya bisa ditemukan di kota-kota lainnya di Indonesia. Di Jakarta sendiri kalian bisa kok menemukan menu es pisang ijo ini di banyak tempat. Rasa esnya yang segar dan isian pisang yang dibalut lapisan tepung beras bisa membuat perut kenyang loh.

3. Bukittinggi

Jika bicara soal kuliner minang mungkin kalian akan banyak berpikir tentang Kota Padang. Padahal ternyata Kota Bukittinggi merupakan hub utama berkumpulnya kuliner minang.

Photo source: Grid.id

Wajar jika kota ini juga menjadi destinasi utama di Sumatera Barat. Karena selain soal kuliner, Bukittinggi juga bisa bicara banyak untuk urusan tujuan wisata. Kota sejuk yang punya banyak tujuan wisata alam dan sejarah ini cocok untuk kalian yang mau memperkaya rasa kuliner Indonesia di lidah.

Pasar Ateh (Pasar Atas) adalah salah satu titik yang wajib kalian kunjungi untuk berburu kuliner di sana. Lalu apa saja yang ada di Bukittinggi?

Nasi Kapau

Nasi yang mengambil nama dari sebuah desa bernama Kapau ini bukanlah sebuah menu. Namun masakan-masakan dari Desa Kapau inilah yang terkenal seantero Sumatera Barat sebagai masakan yang enak. Jadi kalau kalian ingin makan kuliner nasi padang yang sebenarnya, makanlah di restoran padang yang memakai nama Nasi Kapau.

Soto Padang

Soto padang tentu sudah menjadi salah satu kuliner minang yang tak diragukan kelezatannya. Kalian bisa menemukan soto padang autentik langsung di Bukittinggi. Yang membuat soto ini berbeda dengan soto-soto lainnya adalah serpihan daging yang digunakan adalah daging dendeng yang crunchy. Dimakan dengan nasi yang dicampur langsung ke dalam kuah, membuat soto padang ini cenderung lebih ringkas dari soto lainnya. Buat yang mager bisa pilih 7 Soto Padang di Jakarta yang Lamak Bana.

Sate Padang

Sate padang merupakan kuliner yang populer di kalangan sate. Berbeda dengan sate-sate pada umumnya karena sate padang menggunakan lidah sapi dan jantung sebagai bahan utamanya. Bumbunya yang berbahan beras dan kacang jugalah yang membuat sate padang unik dibandingkan varian sate lain.

4. Bandung

Bandung menjadi salah satu destinasi kuliner Indonesia yang berlokasi terdekat dari Jakarta. Sesekali dua kota ini-pun bertukar sajian. Seperti sebut saja batagor, sebuah kuliner Bandung yang bisa dengan mudahnya ditemukan di Jakarta.

Photo source: ResepKoki

Sebagai ibu kota Jawa Barat, tentu kuliner Bandung dipenuhi dengan unsur-unsur masakan Sunda yang kental. Namun statusnya sebagai kota besar tentu banyak pula terjadi modifikasi dan inovasi dari kuliner-kuliner Sunda tradisionalnya. Dikenal sebagai kota yang menyimpan banyak jiwa-jiwa kreatif, membuat kuliner di kota ini terkenal progresif dan terus berkembang.

Apa yang autentik dari Bandung, ini dia versi dari kami:

Nasi Tutug Oncom

Walaupun aslinya dari Tasikmalaya, namun nasi tutug oncom bisa dengan mudah ditemukan di banyak restoran Bandung. Nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar ini memiliki rasa yang begitu khas. Tutug sendiri merupakan pengertian dari proses menumbuk nasi dan oncom. Singgah ke Bandung tak akan lengkap tanpa mencoba kuliner tradisional ini.

Surabi

Surabi adalah kue jajanan pasar tradisional khas Bandung. Banyak yang bilang surabi sendiri adalah pancake khas Jawa Barat. Adonan tepung beras yang dicampur dengan santan dimasak pada wajan bulat di atas tungku. Menjadi begitu populer, surabi akhirnya bisa ditemukan di banyak kota besar. Tapi saat ke Bandung kalian harus mencoba yang orisinalnya.

Batagor

Batagor adalah singkatan dari baso tahu goreng. Jajanan khas Bandung ini begitu menasional, sehingga kalian bisa menemukannya di banyak lokasi Indonesia. Harganya yang murah membuat batagor bisa dengan mudah bersaing dengan menu jajanan lain. Malas berangkat ke Bandung untuk beli batagor? Nih 7 Batagor yang Paling Bikin Ngiler di Jakarta.

5. Medan

Wakil lain dari tanah Sumatera adalah Medan. Menjadi ibu kota Sumatera Utara, Medan sudah tidak diragukan lagi sebagai destinasi kuliner Indonesia. Sebagai salah satu kota yang berumur tua di Indonesia, tentu Medan menyimpan banyak sekali kekayaan kuliner yang bisa dieksplor.

Photo source: Travelingyuk

Sebagai kota besar dan dihuni oleh beragam etnis seperti Melayu, Karo, Tionghoa, India, dan Jawa tentu kuliner di Medan begitu kaya rasa. Serunya, Medan bisa menjadi destinasi kuliner Indonesia untuk para fans makanan non-halal. Banyak sekali daging olahan babi yang bisa kalian nikmati di kota ini, walau sebagian besar berada di wilayah pecinan dan batak.

Bagi kami sendiri kuliner-kuliner khas Medan yang paling utama harus kalian coba adalah tiga kuliner berikut ini:

Lontong Medan

Banyak dikenal juga sebagai lontong sayur medan, tampilan menu yang satu ini sekilas mirip dengan lontong sayur biasa, aslinya berbeda kok. Lontong medan memiliki isian yang lebih bervariasi seperti bihun goreng, kerupuk udang, tauco, dan ikan teri. Rasanya, sudah pasti nampol banget buat kalian yang sedang kelaparan.

Mie Gomak

Terkenal sebagai masakan khas dari tanah Batak Toba serta Sibolga, dan Tapanuli. Kuliner yang satu ini juga sering disebut spageti Batak karena mirip dengan spageti dari Itali. Mie yang sudah direbus biasanya dibuat terpisah dengan kuah dan sambalnya. Selain itu ada juga yang dibuat seperti mie goreng. Rasanya sangat unik karena menggunakan andaliman sebagai bumbunya.

Bika Ambon

Namanya bukan berarti berasal dari Kota Ambon, bika ambon ternyata merupakan kue khas Medan yang diadaptasi dari kue melayu yang bernama bika atau bingka. Bika ambon jauh lebih cocok untuk kalian bawa pulang selepas dari berburu kuliner di Medan. Karena kue ini memang sangat identik sebagai oleh-oleh dari kota tersebut.

6. Yogyakarta

Nah, kota yang satu  ini memang terkenal begitu ngangenin. Banyak penyebabnya, mulai dari keramahan warganya, ketenangan kotanya, bahkan yang paling penting adalah karena kulinernya.

Photo source: Tribunnews

Menurut kami Yogyakarta akan sangat cocok untuk para pemburu kuliner Indonesia yang bergigi manis. Karena makanan di sini begitu kental dengan lidah Jawa Tengah yang gemar dengan kecap dan gula. Walau tidak sedikit juga makanan pedas yang bisa ditemukan di kota ini, namun semua itu justru membuat kuliner Yogyakarta semakin kaya.

Lalu apa saja yang wajib kalian incar saat singgah di kota ini?

Gudeg

Jelas sekali gudeg sudah menjadi ikon kuliner Yogyakarta sejak dulu. Nasi ini bisa ditemukan hampir di setiap sudut kota. Gudeg sendiri adalah nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam-jam. Warna coklatnya datang dari daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tempe, tahu, dan sambal goreng krecek.

Bakmi Jogja

Banyak dikenal juga sebagai bakmi jawa atau mie jawa. Namun untuk warga Yogyakarta sendiri nama bakmi jogja sudah begitu melekat. Bakmi jogja mungkin sekilas seperti mie rebus atau mie goreng biasa, tetapi yang membuat mereka berbeda adalah pada cara memasaknya. Menggunakan tungku tanah liat dengan api dari bara arang memberikan rasa yang unik.

Bakpia

Kata paling relevan dengan Yogyakarta tentu adalah bakpia. Merupakan hasil adaptasi dari kuliner Tionghoa di Yogyakarta. Jika ke kota ini kita akan mendapatkan merek-merek bakpia yang dijual tidak memiliki nama, tapi angka. Ternyata angka-angka itu adalah nomor rumah produsen bakpia tersebut. Kue berisikan kacang hijau ini menjadi oleh-oleh yang paling dikenali dari Yogyakarta.

7. Bali

Bali merupakan provinsi yang telah banyak mengangkat nama Indonesia ke dunia lewat pariwisata. Provinsi ini juga menyimpan banyak sekali kekayaan kuliner yang sayang dilewatkan untuk melengkapi perburuan kuliner Indonesia kalian.

Photo source: Balitravelnews

Walau memilki kedekatan budaya dengan kebudayaan Jawa, tetapi Bali memiliki jalurnya sendiri sehingga masakannya pun cenderung berbeda dengan Jawa. Bali juga merupakan surga lainnya untuk kalian yang menggemari kuliner non-halal. Rasa pedas dan bumbu kuning cenderung mendominasi di tanah ini.

Belum pernah ke Bali kalau kalian tidak mencoba kuliner-kuliner wajib berikut ini:

Ayam Betutu

Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Khas dari Gilimanuk, ayam betutu ternyata juga adalah menu yang disajikan dalam ragam kegiatan adat. Bumbu dasar genep khas Bali-lah yang membedakan ayam betutu dengan ayam bakar biasa.

Sate Lilit

Sate lilit begitu unik sehingga tak ada sate lainnya yang mirip dengan kuliner khas Bali ini. Sate ini terbuat dari daging babi, ikan, ayam, daging sapi, atau bahkan kura-kura tetapi bukan dagingnya yang membuat unik. Tusuk sate yang digunakan pada sate lilit-lah yang menjadikannya berbeda. Pada sate lilit, daging tidak ditusuk, tapi dilekatkan pada batang bambu atau tebu muda.

Babi Guling

Inilah main course buat kalian penggemar babi panggang. Di Bali, babi yang digunakan adalah anak babi berisikan bumbu dan sayuran lalu dipanggang. Karena bumbu yang digunakan adalah bumbu khas dari tanah Bali, maka kalian yang gemar dengan babi panggang pasti akan mengacungkan dua jempol untuk babi guling ini.

Itu dia 7 destinasi yang menempati posisi teratas bagi kalian yang ingin berburu kuliner Indonesia. Selain daftar makanan yang kita rekomendasikan dari masing-masing wilayah di atas, tentu masih banyak lagi yang bisa kalian eksplor.

Jadi bagaimana nih, berangkat kita?

Related Articles

Connect with Nibble