Foodies Trends

7 Ketoprak di Jakarta yang Paling Sulit Dilupakan

by Atalya Anggraini | August 07, 2017

7 Ketoprak di Jakarta yang Paling Sulit Dilupakan
Jangan ngaku tinggal di Jakarta kalau kamu belum nyicipin makanan-makanan khasnya. Salah satu yang paling membekas di hati adalah Ketoprak di Jakarta. Penampilannya sedikit mirip seperti Gado-Gado. Sausnya memang sama-sama saus kacang, tapi isinya beda banget. Kalau di dalam sepiring Gado Gado, kamu akan menemukan tumpukan sayuran segar. Lain halnya dengan Ketoprak karena berisi tahu, bihun, mentimun, taoge, dan telur. Rasanya sama nikmatnya dan yang jelas nggak akan membuat kantongmu bolong, apalagi kalau kamu makan Ketoprak di 7 tempat berikut ini.  

1. Ketoprak Ciragil

ketoprak-di-jakarta-02

Photo source: Nibble - nadiasnibbles

Di urutan pertama, tentu saja kita punya Ketoprak Ciragil di Senopati. Ini adalah tempat makan Ketoprak di Jakarta yang paling legendaris, sudah survive bertahun-tahun. Harganya memang di atas rata-rata Ketoprak kaki lima, tapi kualitasnya tidak perlu diragukan. Nggak heran kenapa Ketoprak Ciragil bisa awet banget, rasanya memang sangat enak. Bumbu kacang yang mereka sediakan itu halus sekali dan wanginya bisa bikin siapapun tergoda. Semua bahan yang ada di dalamnya terasa begitu nikmat, mulai dari tahu, bihun, hingga lontongnya. Rasanya makin maksimal saat kamu menambahkan telur ceplok dan telur asin.   Lokasi: Ketoprak Ciragil Jl. Ciragil II, Blok Q No. 24, Senopati, Jakarta. Telp. 0858-6515-6117.  

2. Warung Peranakan

ketoprak-di-jakarta-03

Photo source: Nibble - eatsssyummy

Kemang bukan hanya surganya makanan mancanegara. Jika bertandang ke Kemang Utara, kamu akan menemukan Warung Peranakan yang tempatnya cozy abis dan interior designnya Instagramable banget. Jangan lewatkan seporsi Ketoprak di Jakarta buatan mereka. ¬†Dengan harga Rp.35.000, kamu akan dimanjakan dengan Ketoprak yang disiram saus kacang melimpah. Tekstur sausnya tidak terlalu kental atau encer. Bihun, taoge, telur, tahu, dan lontongnya berlomba-lomba untuk mencari perhatian lidah kamu. Perpaduannya sungguh tak terlupakan, dan yang bikin makin happy, porsinya itu banyak.   Lokasi: Warung Peranakan Jl. Kemang Utara Raya No. 6, Kemang, Jakarta. Telp. (021) 7182138.  

3. Gado-gado Puri Kusti

ketoprak-di-jakarta-04

Photo source: @anakjajan

Hidangan khas Jakarta yang harganya terjangkau ini juga bisa kamu temukan di daerah Puri Indah. Mampirlah ke Gado Gado Puri Kusti untuk mencicipi Ketoprak Risol yang rasanya top abis. Ketoprak ini tidak hanya dilengkap dengan bihun, lontong, toge, dan telur. Ada juga gorengan Risol yang di deep-fried dan di potong-potong untuk menambah cita rasa menu ini. Yang bikin makin ketagihan buat balik terus makan Ketoprak di Jakarta di sini adalah kerupuknya yang bisa diambil sepuas-puasnya.   Lokasi: Gado-gado Puri Kusti Blok A9 No. Kembangan, Jl. Puri Kembangan No.1, RT.3/RW.8, Kembangan Sel., Jakarta Barat. Telp. 0813-9992-6599.  

4. Ketoprak Pak Moktar

ketoprak-di-jakarta-05

Photo source: Nibble - anak.kuliner

Satu lagi tempat makan Ketoprak di Jakarta Barat yang wajib kamu datangi, yaitu Ketoprak Pak Moktar. Namanya sudah cukup terkenal di kalangan pecinta Ketoprak. Bumbu Ketoprak yang ditawarkan Pak Moktar sangat berlimpah. Makin nampol saat kamu menambah sambal dan telur ceplok ke dalam sepiring Ketoprakmu. Berhubung tempatnya berada di sebuah food court, kamu juga bisa mencoba berbagai makanan yang ada, mulai dari Nasi Goreng Gila, Tahu Telor, hingga Sate Babi.   Lokasi: Ketoprak Pak Moktar Taman Makan Pola Bugar Kedoya, Jl. Kedoya Raya. Telp. 0858-6459-4336.  

5. Ketoprak Cirebon Mas Bana

ketoprak-di-jakarta-06

Photo source: @kulinerjktmurah

Ketoprak di Jakarta tidak hanya bisa disantap pada siang hari saja. Kalau kamu tipe-tipe orang yang suka lapar menjelang malam, cobalah isi perut dengan Ketoprak Cirebon Mas Bana. Harganya murah meriah banget, sekitar Rp.15.000- Rp.20.000. Namun jangan remehkan kelezatannya. Kamu bisa menilainya dengan antrian yang terus memadati tempat makan Ketoprak ini. Porsi yang disediakan tidak main-main, kerupuknya banyak, dan rasanya jempolan.   Lokasi: Ketoprak Cirebon Mas Bana Jl. Bhakti IV No.1, RT.7/RW.9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat. Telp. 0817-9964-047.  

6. Ketoprak Blok 1 Muara Karang

ketoprak-di-jakarta-07

Photo source: @cicilyumyum

Buat yang cari Ketoprak di Jakarta, Muara Karang juga bisa dijadikan destinasi. Di daerah Blok 1, ada tempat makan Ketoprak yang nggak pernah sepi. Harganya murah saja, cuma Rp.13.000 untuk satu porsi. Tapi lihat saja porsinya, sudah jelas tidak akan membuatmu kecewa. Siraman bumbunya saja membuat kubangan lezat yang tidak terkira. Isi lontong, bihun, tahu, dan kerupuknya pun sampai menggunung. Yakin mau diet kalau bertemu yang satu ini?   Lokasi: Ketoprak Blok 1 Muara Karang Jl. Pluit Karang Molek, RT.12/RW.18, Pluit, Jakarta Utara. Belakang sekolah Apple Tree, sederet dengan Bakpao A1.  

7. Ketoprak Mitro

ketoprak-di-jakarta-08

Photo source: @kuliner_enak_di_jakarta

Di balik padatnya wilayah Tomang, ada satu tempat makan Ketoprak di Jakarta yang siap memanjakanmu dengan kesedapan Ketoprak yang tidak ada duanya. Harganya hanya Rp.15.000, tapi rasanya jagoan banget. Bumbu kacangnya itu bikin lidah terkesan. Saking enaknya, kamu tidak akan rela jika ada saus yang tersisa di piringmu. Isiannya pun banyak dan terasa pas di lidah.   Lokasi: Ketoprak Mitro Jl. Mandala Raya No.5, RT.13/RW.5, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Telp. 0815-8681-2386.   Sudah siap hunting Ketoprak di Jakarta hari ini? Jangan lupa untuk memberi ulasan Ketoprak favoritmu di Nibble ya.¬†Klik di sini untuk informasi lengkap tentang Nibble.   Cover photo source: @misscarolinebong