Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram @bopetmini_

10 Kuliner Benhil yang Enaknya Legend Banget

September 17, 20215 min readFood

Mencari kuliner Benhil yang nikmat untuk mengisi perut pastinya sangat mudah. Daerah Benhil alias Bendungan Hilir dikelilingi oleh deretan gedung perkantoran dan pusat bisnis yang rame. Artinya, banyak juga pilihan kuliner nikmat sebagai pilihan mengisi perut saat lapar. Bahkan beberapa kuliner di daerah ini sudah terhitung eksis sejak lama atau sudah sangat legendaris.

Mau tahu apa aja yang enak di Bendungan Hilir? Nibble merangkumnya untuk kamu!

1.      Bopet Mini

Di Benhil terdapat tempat makan ala masakan Minang legendaris bernama Bopet Mini yang sudah ada sejak 1982. Di Bopet Mini, mereka punya spesialiasi makanan ringan khas Sumatera Barat, seperti lupis, serabi, dan yang paling terkenalnya yakni bubur kampiun. Gak cuman camilan saja, ada juga pilihan lauk khas Minang lainnya yang terkenal sedapnya. Bahkan tersedia gulai rebung yang sulit dijumpai di rumah makan Padang lainnya.

Source: @bopetmini_

Alamat: Jalan Bendungan Hilir Kav. 1A, RT.12, Jakarta Pusat.

2.      RM Surya

Kalau ngomongin rumah makan Padang yang legendaris di Benhil, jangan sampai melewatkan RM Surya dalam daftarnya. Rumah makan ini sudah ada sejak 1960-an dan sering didatangi tokoh penting dari mulai pejabat negara hingga chef kenamaan Anthony Bourdain. Rendang dan sambalado ikan teri menjadi menu andalan di sini. Tersedia juga pilihan soto Padang, sate Padang, nasi goreng bumbu Padang hingga martabak telur yang semuanya enak dan kerasa banget bumbunya.

Source: @kulinerbenhil

Alamat: Jl. Bendungan Hilir No.5, RT.10/RW.6, Bend. Hilir, Kota Jakarta Pusat.

3.      Sambal Setan Bu Mut

Kalau kamu mengaku pencinta makanan pedas, coba deh tantang lidahmu untuk merasakan pedasnya sambal setan Bu Mut. Sambalnya terbuat dari cabai rawit, tomat, bawang, dan terasi asli Cirebon, serta terkenal akan pedasnya yang bikin orang kesetanan. Supaya lebih nikmat tentu dimakan bersama nasi putih dan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan peda, dan lalapan.

Source: @ericekos

Alamat: Jl. Penjernihan 1 No.50, RW.8, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

4.      Pondok Sate Djono Jogya

Ada satu tempat sate legendaris di Benhil yang bisa dilihat dari bangunannya yang sudah agak tua, namanya Pondok Sate Djono Jogya. Di sini tersedia menu berupa sate ayam dan kambing. Daging kambingnya cukup empuk dan pembeli bisa lihat sendiri proses bakarannya. Kalau mau yang berkuah ada juga sop kambing dan tongseng yang gak kalah nikmat.

Source: @siuix3

Alamat: Jalan Penjernihan 1 No. 5B, Pejompongan, RT.7/RW.6, Bend. Hilir, Kota Jakarta Pusat.

5.      Gudeg Pejompongan

Kamu bisa mengobati rindu akan masakan gudeg khas Jogja di Jakarta dengan mengunjungi Gudeg Pejompongan Benhil. Gudeg Pejompongan sudah berdiri sejak 1964 lho jadi sudah sangat legendaris. Bangunannya juga sederhana serta gudegnya dimasak secara tradisional menggunakan arang. Ada berbagai lauk yang bisa dipilih, seperti opor ayam, krecek, telur kecap, dan pastinya gudeg nangka yang manis dan gurihnya nJogja banget!

Source: @pastilahap

Alamat: Jalan Bendungan Hilir Blok G2 No.15, Jakarta Pusat.

6.      Mie Keriting Benhil Mas Pujo

Kuliner Benhil selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Mie Keriting Mas Pujo. Berawal dari gerai tenda di depan Pasar Benhil, kini Mie Keriting Mas Pudjo bertransformasi menjadi sebuah kios. Nah, tekstur mie di sini kenyal dan ayamnya sudah gurih berbumbu. Apalagi dengan harganya yang tergolong murah dan pelayanannya yang ramah. Gak heran kalau tempat ini selalu ramai pengunjung.

Source: @eghy_foodie

Alamat:  Jl. Bendungan Hilir No.58 G, RT.7/RW.1, Bend. Hilir, Kota Jakarta Pusat.

7.      Warung Korea Pop

Kepopuleran K-Pop membuat banyak restoran dan cafe khas Negeri Gingseng menjamur di Jakarta. Salah satunya adalah Warung Korea Pop yang baru beroperasi pada 2018 lalu. Bangunannya sih sederhana tapi atmosfer ala Korea sangat berasa dengan deretan poster dan lagu dari idola pop asal negara tersebut.  Makanan yang paling favorit di sini adalah tteokbokki dengan kimbap yang cita rasanya otentik banget.

Source: @firzarahmawati

Alamat: Jl. Bendungan Jatiluhur No. 10, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

8.      Caspar

Berlokasi gak jauh dari stasiun MRT Bendungan Hilir, kamu bisa berkunjung ke restoran Spanyol yang lagi happening, namanya Caspar. Beragam sajian mewah khas negeri Matador, Spanyol, bisa kamu nikmati di sini. Kamu bisa pesan paella olahan nasi yang bisa sharing 3-4 orang, aneka tapas seperti alitas picantes dan pulpo a la planca. Serta steak kualitas premium dengan dry aged cuts.

Source: @casparjakarta

Alamat: Sudirman Suites Apartment Jakarta, Lantai Ground, Jl. Jenderal Sudirman, Sudirman, Jakarta Pusat.

9.      Goedkoop

Salah satu coffee shop yang paling ramai di daerah Bendungan Hilir adalah Goedkoop. Dari namanya sudah ketahuan kalau coffee shop ini mengusung tema ala Belanda, mulai dari interior hingga aneka kudapannya. Salah satu minumannya adalah koffie bon bon yang terdiri dari dua shot espresso dan susu kental manis, mengingatkan pada kopi susu jadul. Kudapan lainnya ada poffertjes, bitterballen, dan pannenkoek yang enaknya mirip seperti yang dibuat di negara asalnya.

Source: @goedkoopjkt

Alamat: Jl. Bendungan Hilir No. 62, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

10.   Super Martabak Bangka Acung

Paling pas menutup perburuan kuliner di Benhil dengan membeli dessert khas Indonesia, yaitu martabak. Di Benhil ada pedagang martabak legendaris khas Bangka yang bernama Acung. Banyak pelanggan yang rela mengantre panjang demi menikmati cita rasa martabak khas Bangka di sini. Pilihannya masih berupa rasa dan topping lawas berupa kacang, cokelat, keju atau campur. Tapi kualitas rasanya yang bertahan sejak dulu membuatnya tetap jadi incaran pencinta kuliner.

Source: @supermartabakbangka

Alamat: Jl. Bendungan Hilir No. 60A, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Nah itu dia rekomendasi dari Nibble untuk kamu. Kira-kira kuliner Benhil mana nih yang mau langsung kamu kunjungi? Share di kolom komentar ya!

Related Articles

Connect with Nibble