Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

10 Kuliner Non Halal Surabaya yang Menggoda Banget

September 14, 20215 min readFoodie Trends

Kuliner non halal Surabaya cukup mudah ditemukan dari mulai kedai makanan di pinggir jalan hingga gerai foodcourt di pusat-pusat perbelanjaan. Bahkan, ada yang berdiri sejak tahun 1931, lo! Di mana letaknya? Yuk, kita intip apa aja makanan non halal yang bisa kamu nikmati di Surabaya.

1. Depot Se'i Babi Aroma Kupang

Photo source: Instagram/seiaromakupang

Se'i roma Kupang ini beneran cabang langsung dari yang ada di NTT, jadi soal rasa kayaknya nggak perlu diragukan lagi, ya. Rumah makannya berkonsep modern sehingga nyaman untuk makan. Selain nasi babi komplet, mereka juga punya sate babi yang besar-besar, tore babi, nasi goreng babi, dan sup brenebon khas NTT.

Alamat:

  • Jl. Raya Darmo Permai I No.68, Pradahkalikendal, Dukuhpakis, Surabaya

2. Jack & John Kitchen

 Photo source: Instagram/jacknjohnkitchen

Jack & John Kitchen berada di mall, membuatnya mudah untuk dicari terutama kalau kamu mau makan quick bites yang nggak pake lama. Mereka punya menu rice bowl yang praktis untuk dibawa. Salah satu menu yang wajib kamu coba adalah babi kriuknya, Nibblers. Pilihan sambalnya ada sambal korek, rica, dan sambal matah. Ada juga pilihan nasi rica a la Manado dan nasi khas Bali yang gurih banget.

Alamat:

  • Pakuwon Mall, Pakuwon City Mall, GM3, GWalk
  • Darmo Permai I No. 60, Gunawangsa Merr

3. Bigul Ayu Komang

Photo source: Instagram/bigulsby

Bigul alias babi guling a la Bali memang punya cita rasa tersendiri. Berbentuk kedai sederhana, di sini kamu bisa memilih lauk seperti kalau makan di warteg karena semua tersedia siap di meja sajinya. Selain babi guling, ada lauk sate babi, sate lilit babi, sop babi guling, dan babi kriuk tentunya. Satu porsi isi semua? Tentu aja boleh!

Alamat:

  • Jl. Karang 4 Besar 3, Surabaya
  • Ruko Villa Bukit Mas RO 02, Surabaya

4. Warung Larris

Photo source: Instagram/warunglarris

Kalau yang satu ini, spesialis US pork ribs alias iga babi dan sate babi. Warung Larris punya racikan bumbu bakar yang khas banget yang bikin banyak orang balik lagi ke sini. Kalau mau yang berkuah, mereka punya sop baikut dengan sayur asin yang seger banget. Selain itu, ada juga menu makanan yang nggak terlalu mengenyangkan seperti sosis babi dan kentang goreng homemade buatan Warung Larris.

Alamat: Ruko Darmo Villa, Jl. Raya Darmo Permai Selatan No. 1, Pradahkalikendal, Dukuhpakis, Surabaya

5. Chiang Kong

Photo source: Instagram/chiangkong.sby

Mau coba yang berbeda? Chiang Kong punya menu babi hong yang berisi samcan dengan kuah gurih yang kental. Rumah makan chinese food ini memang punya menu yang cukup berbeda dari yang lain. Kamu bisa mencoba beberapa menu a la carte yang cocok banget buat makan ramai-ramai. Untuk sekadar camilan, coba juga udang ham yang mirip dengan bakso udang goreng dengan irisan ham di atasnya. Selain babi, mereka juga punya menu ayam dan tumisan, lo.

Alamat: Jl. Kusuma Bangsa No. 63A, Genteng, Surabaya

6. Nam Heong

Photo source: Instagram/namheongipoh.id

Nam Heong ini merupakan cabang dari Ipoh, Kuala Lumpur, yang emang udah legendaris di sana. Makanannya khas chinese dan peranakan sehingga membuat suasananya menjadi klasik. Mereka punya beberapa menu babi andalan seperti bubur babi asin, babi goreng crispy, pork chop, dan babi panggang. Seperti restoran pada umumnya, ada menu paket dengan nasi atau a la carte untuk kamu yang mau makan bareng temen atau keluarga.

Alamat: Pakuwon Mall Level G

7. Bakwan Mulia

Photo source: Instagram/bakwanmuliasby

Bakwan di Surabaya bisa dibilang juga bakso kuah karena memang terdiri dari bakso babi dan pangsit dengan kuah kaldu yang gurih banget. Pangsitnya ada yang direbus bersama bakwan, ada juga yang digoreng garing. Selain makan di tempat, Bakwan Mulia Surabaya juga menerima pesanan untuk acara dan dalam jumlah besar, lo.

Alamat: : Jl. Darmo Permai Timur 6 No. 17A, Surabaya

8. Ai Doho

Photo source: Instagram/aidoho

Makanan sederhana bisa jadi istimewa di Depot Ai Doho. Ada Nasi dengan telur goreng berisi ham babi yang crispy disajikan bersama sambal yang pedas di sini. Pelengkapnya ada kekian goreng yang nggak kalah nikmatnya serta bandeng goreng yang memang jadi spesialisasi Depot Ai Doho. Depot ini hanya buka dari siang hingga sore, jadi lebih cocok untuk brunch atau makan siang, ya.

Alamat:

  • Jl. Doho No.9, Keputran, Surabaya
  • Jl. Raya Darmo Baru Barat 48, Surabaya

9. Bakwan Kapasari

Photo source: Instagram/bakwan_kapasari_surabaya

Bakwan Kapasari udah berdiri dari tahun 1931, membuat kuliner non halal Surabaya ini menjadi salah satu yang melegenda untuk urusan makanan berbahan dasar babi. Untuk isiannya, ada bakwan halus, bakwan kasar, tahu, dan siomay. Yang membuatnya istimewa, ada juga usus babi yang digoreng garing sehingga memberikan tekstur unik waktu dimakan bersama kuahnya yang gurih.

Alamat:

  • Jl. Mayjend Sungkono 23, Surabaya
  • Jl. Ngagel Jaya Selatan, Ruko RMI C5, Surabaya

10. Sate Babi Glory

Photo source: Instagram/glorysatebabi

Sesuai namanya, Sate Babi Glory punya menu sate yang enak banget karena dibakar di atas arang hingga matang, tapi nggak gosong sama sekali. Dagingnya empuk dan bumbunya meresap hingga ke dalam. Menu lain yang ada di sini adalah baikut sayur asin dan babi kecap yang nggak kalah enaknya, Nibblers.

Alamat:  Jl. Ngagel Jaya Selatan 166, Surabaya

Surabaya menjadi tempat yang kaya akan kuliner karena perpaduan budayanya yang datang dari berbagai tempat. Kuliner non halal Surabaya dengan ciri khas Bali, chinese, atau NTT bisa kamu temukan di sini. Dengan banyaknya pilihan, jangan sampai bingung mau ke mana dulu, ya. Kalau nggak sempat mengunjungi, kamu bisa cari tempat kuliner terdekat dan memesannya secara online.  Selamat mencoba!

Related Articles

Connect with Nibble