Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pexels

Makanan Penambah Imun Biar Gak Gampang Sakit

June 17, 20214 min readHealthy Foodie

Nibblers, yuk selalu perkuat daya tahan tubuh dengan rajin konsumsi makanan penambah imun. Terlebih di tengah iklim dan cuaca yang gak menentu ditambah banyaknya virus yang berkembang dari mulai flu, pilek, sampai yang mengkhawatirkan saat ini yaitu Covid-19. Membuat daya tahan tubuh kita akan selalu diuji kemampuannya.

Tubuh kita memang memiliki seperangkat perlindungannya sendiri yakni sistem imun. Akan tetapi harus tetap dibantu dengan asupan makanan bernutrisi yang berguna untuk memperkuat sistem imun tersebut. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat, kalian bisa terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Makanan Penambah Imun Tubuh

Dirangkum dari beragam sumber seperti Healthline dan MedicalNewsToday, berikut beberapa jenis makanan penambah imun yang bisa kalian konsumsi supaya tubuh tetap sehat.

1.      Jeruk

makanan penambah imun jeruk

source: pexels

Hampir semua jenis buah jeruk dikenal tinggi kandungan bahkan menjadi gudangnya vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat untuk membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih sebagai kunci melawan infeksi.

Kalian bisa mengonsumsi langsung beberapa jenis buah jeruk maupun dibuat jus sari buah jeruk untuk dijadikan bekal minuman sehat. Sari buah jeruk terbukti membuat sakit flu dan pilek sembuh lebih cepat.

2.      Buah Kiwi

source: istockphoto

Sama seperti jeruk, buah kiwi juga sangat tinggi akan kandungan vitamin C-nya, lho. Hanya dengan mengonsumsi satu buahnya saja, kebutuhan akan kandungan vitamin C harian kalian sudah terpenuhi semuanya.

Selain mendukung fungsi kekebalan tubuh, konsumsi buah kiwi juga sangat membantu mencegah penyakit flu dan pilek, terutama bagi lansia dan anak-anak. Kalian bisa memakan langsung daging buahnya, atau bisa juga dibuat smoothie, salad buah, dan dimakan bersama overnight oatmeal.

3.      Bayam

source: istock

Siapa yang gak kenal sama makanan kesukaan Popeye satu ini? Ya, bayam memang memiliki segudang manfaat yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Dalam setiap helai daunnya, sayuran ini mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, dan zat besi. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan beta-karoten dan antioksidan yang berguna melawan infeksi.

Untuk memastikan nutrisi di dalamnya tetap terjaga dengan optimal, kalian harus memasaknya seminimal mungkin ya. Mengolah bayam gak boleh terlalu lama, lagipula sayur ini juga cukup lunak kok teksturnya sehingga cepat matang.

4.      Brokoli

source: istockphoto

Brokoli merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Dilengkapi dengan vitamin A, C, dan E, serta serat, sayuran ini juga memiliki banyak kandungan antioksidan lainnya. Kerabat dari kembang kol ini adalah salah satu sayuran paling sehat yang bisa dijadikan menu santapan rutin kalian.

Sama seperti bayam, kunci menjaga kandungan nutrisinya tetap utuh adalah dengan mengolahnya seminimal mungkin. Brokoli hanya perlu dipanaskan sebentar dengan direbus, dikukus, atau ditumis hingga sedikit lunak.

5.      Bawang Putih

source: pexels

Bawang putih merupakan jenis bahan makanan yang hampir ditemukan pada beragam masakan. Hal tersebut karena kemampuannya dalam memperkuat aroma dan cita rasa dalam setiap masakan. Tapi selain itu, ternyata ia juga memiliki manfaat kesehatan seperti mengontrol tekanan darah, melawan pengerasan arteri, dan anti infeksi.

Bawang putih mengandung antioksidan yang mencegah radikal bebas yang dihasilkan dari senyawa allicin. Senyawa tersebut yang membuatnya memiliki aroma khas namun juga dapat membunuh bakteri dan kuman.

Kalian gaperlu ragu lagi menambahkan porsi bawang ini dalam bumbu masak kalian. Atau jika suka, kalian bisa mencoba resep asinan (pickle) bawang putih yang sempat viral di TikTok.

6.      Jahe

source: freepik

Sudah sejak lama jahe digunakan sebagai resep obat-obatan tradisional. Tanaman rimpang ini memiliki manfaat mengurangi efek peradangan seperti radang tenggorokan, melancarkan pernafasan, dan menyembuhkan mual karena masalah pencernaan. Selain itu, ia juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit kronis dan menurunkan kadar kolesterol.

Jika kalian kurang menyukai minum air jahe karena rasanya terlalu pedas, mungkin kalian bisa coba variasi jahe sebagai bumbu masakan. Akar-akaran ini bisa diiris tipis, digeprek, atau diparut untuk ditambahkan pada banyak jenis masakan. Kalian juga bisa membuatnya menjadi campuran kue dan cookies.

7.      Kunyit

kunyit makanan penambah imun

source: freepik

Orang Indonesia tentu sudah sangat familiar sama bumbu dapur yang satu ini, karena sering digunakan untuk memberi warna kuning pada gulai, opor, dan bumbu ungkepan. Namun, kalian tahu gak nih kalau zat kuning cerah pada kunyit mengandung senyawa anti-inflamasi yang bermanfaat mengobati osteoarthritis dan rematik.

Warna kuning cerah tersebut karena kunyit memiliki kandungan curcumin yang tinggi. Curcumin tersebut juga mengandung antioksidan yang bisa memperkuat imunitas dan melawan radikal bebas.

Itu tadi pilihan makanan penambah imun yang bisa membantu perkuat daya tahan tubuh guna melawan berbagai macam penyakit. Akan tetapi, selain asupan dari dalam, tetap jaga kesehatan dengan selalu merawat kebersihan diri dan sekitar ya.

Rajinlah mencuci tangan dengan sabun serta menutup hidung dan mulut ketika bersin atau batuk. Pastikan kalian mendapat istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur ya!

Related Articles

Connect with Nibble