Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Shutterstock

Mie Shirataki, Si Lezat yang Pas Buat Diet

February 7, 20204 min readHealthy Foodie

Saat sedang diet, kita pasti sulit sekali untuk menahan diri agar tidak makan mie instan favoritnya orang Indonesia. Sebenarnya, dengan sedikit akal dan karena telah tersedianya shirataki kita bisa tetap menikmati mie lezat saat sedang diet..

Penasaran dengan keajaiban mie shirataki? Kalau kalian sedang berencana untuk diet, simak yuk penjelasannya berikut ini.

Karakter Unik Mie Shirataki

Photo source: bulletproof

Buat yang sudah pernah baca artikel kita tentang hype beras shirataki, kalian pasti tidak asing lagi dengan keajaiban bahan makanan yang satu ini. Sebutan ‘shirataki’ sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya ‘air terjun putih’. Ini menggambarkan penampilan shirataki yang tembus pandang.

Karakter mie shirataki sangat unik. Saat menyantapnya, perut kita bisa terisi penuh sampai terasa kenyang. Tapi anehnya, mie ini mengandung zero calories. Hal ini karena shirataki terbuat dari glucomannan yang merupakan salah satu jenis serat. Asal glucomannan diambil dari akar tanaman konjak yang banyak tumbuh di dataran China, Jepang, dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Nah, untuk membuat shirataki, tepung glucomannan tersebut akan dicampur dengan air dan jeruk nipis. Campuran tersebut kemudian dibentuk seperti mie atau nasi. Mie shirataki biasanya mengandung 97% air dan 3% serat glucomannan. Itulah kenapa makanan ini cocok untuk dijadikan menu diet yang sempurna.

Efek Mie Shirataki untuk Tubuh

mie shirataki

Photo source: biancaking

Buat yang tidak bisa hidup tanpa mie dan pasta, kalian bisa mengganti itu semua dengan mie shirataki. Dampaknya jelas akan lebih sehat untuk tubuh. Bahkan ada beberapa studi yang meneliti bahwa glucomannan dalam shirataki dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan. Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari shirataki, antara lain:

  • Membuat kita merasa kenyang lebih lama meski hanya makan sedikit.
  • Saat kita mengonsumsi shirataki dengan makanan lain, ini akan menekan nafsu kita untuk mengonsumsi makanan lainnya.
  • Nutrisinya dapat meminimalisir risiko beberapa masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan tingginya kolesterol.
  • Baik untuk pencernaan karena dapat menjadi asupan untuk bakteri baik di usus kita.
  • Mengurangi penyerapan karbohidrat, lemak, dan protein untuk orang-orang yang suka makan berlebihan.

Meski banyak manfaat positifnya, kita juga harus ingat kalau mengonsumsi mie shirataki yang berlebihan dapat membuat kita mengalami perut kembung, bergas, dan diare ringan.

Berbagai Menu Mie Shirataki yang Menggoda

Sama seperti mie pada umumnya, mie shirataki dapat diolah menjadi beragam menu enak yang menggoda. Agar makin semangat diet, ini dia beberapa olahan menu mie shirataki yang menggugah selera.

1. Mie Shirataki Goreng Tek Tek

mie shirataki

Photo source: @easypeasyhealthydiary

Kalau biasanya mie tek tek menjadi pantangan saat diet, kalian bisa mengakalinya kok dengan cara membuat mie tek tek dari shirataki. Cara membuatnya sama dengan mie tek tek biasa. Kalian butuh bahan-bahan seperti dada ayam, telur, sayuran pelengkap, dan berbagai bumbu.

Agar makin sehat, gunakan virgin coconut oil saat menumis mie serta kaldu jamur untuk seasoning. Rasanya nggak kalah enak dengan mie tek tek standar, tapi nutrisinya jelas jauh lebih sehat.

2. Soto Daging dengan Shirataki

Photo source: @fen.z

Pelaku diet keto biasanya sangat menghindari nasi. Namun, sebagai orang Indonesia yang tidak bisa hidup tanpa nasi, pasti rasanya hampa menyantap soto daging tanpa nasi. Nah, shirataki bisa dijadikan alternatif nasi lho karena efeknya yang mengenyangkan. Kalian bisa mengombinasikan soto daging yang kaya protein dengan shirataki. Gurihnya kuah soto dengan tambahan topping telur dan tomat ini pasti tidak akan membuat kalian tersiksa saat sedang diet.

3. Kari Ayam dengan Shirataki

Photo source: @fen.z

Siapa yang suka dengan kari ayam? Masakan berkuah merah yang terbuat dari santan, bumbu rempah, serta potongan ayam ini ternyata juga terasa mantap saat disantap dengan shirataki. Untuk asupan protein lebih banyak, kalian bisa menambahkan potongan telur rebus yang semakin lezat dengan taburan bawang goreng di atasnya.

4. Shirataki Salmon Mentai

Photo source: @bubueataway

Sejak tren saus mentai menggila di Instagram, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan shirataki salmon mentai. Perpaduan shirataki yang diselimuti potongan salmon serta saus mentai di atasnya memang tidak ada duanya. Rasanya creamy, terlalu enak, tapi tidak ‘berat’ di perut. Ini nggak akan bikin kalian ‘guilty’ saat melahapnya.

5. Pad Thai Shirataki

Photo source: onegreenplanet

Makanan asal Thailand yang satu ini biasanya menggunakan mie telur sebagai bahan utamanya. Ini tentu bisa diganti dengan shirataki agar bisa dimakan oleh pelaku diet tanpa rasa berdosa. Rasa khas Thailandnya nggak akan berubah, meski jenis mienya diganti. Kombinasi rasa manis dan asamnya cocok di lidah orang Indonesia. Biasanya, menu ini juga dilengkapi dengan ayam, telur, tauge, daun bawang, serta udang.

Pilihan menu mie shirataki di atas benar-benar tidak membosankan, ya? Yuk cobain juga untuk mulai mengganti sajian mie dan pasta dengan shirataki agar tubuh lebih sehat.

Related Articles

Connect with Nibble