Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Jr.

Restoran Dekat MRT Buat Ganjel Perut Kosong

September 19, 201912 min readFoodie Trends

Kehadiran Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta begitu ditunggu banyak orang. Kemampuan dari MRT untuk membawa penumpang dari Bundaran HI ke Lebak Bulus dalam waktu 30 menit menjadi sebuah oase bagi orang yang membutuhkan transportasi umum yang dapat diandalkan. Tapi buat foodies yang kelaparan tentu perlu tahu restoran dekat MRT juga dong!

Pada jam pergi dan pulang kerja bahkan jumlah penumpang MRT bisa 2x lipat dibandingkan jam biasa. Jam pergi dan pulang kerja sendiri merupakan jam krusial dimana seharusnya perut terisi agar mampu beraktivitas dengan maksimal. Namun, tentunya tidak semua orang mau mencari restoran atau tempat makan yang jauh dari jangkuan transportasi yang mereka gunakan.

Beruntung Jakarta memiliki banyak restoran yang letaknya berdekatan dengan MRT.  Penasaran dengan rekomendasi restoran dekat MRT dari kami? Lihat daftarnya dalam artikel berikut!

Bundaran Hotel Indonesia

Kaum Jakarta

Kaum merupakan sebuah restoran yang menjual menu-menu khas Indonesia. Yang menarik, setiap musimnya Kaum memiliki menu spesial yang terinspirasi oleh keberagaman Indonesia. Lokasi: Kaum Jakarta, Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 77-79, Thamrin.

Queen's Tandoor

Jika kalian bertanya dimanakah bisa menemukan makanan India yang autentik di Jakarta, pasti banyak yang akan menjawab restoran yang satu ini. Interior Queen’s Tandoor juga disulap menjadi sebuah bangunan khas India dengan berbagai pernik khasnya, seperti lukisan dan keramik. Lokasi: Queen’s Tandoor, Plaza Permata, Lantai Basement, Jl. MH Thamrin No. 57, Thamrin.

Honu Central

Pecinta makanan sehat pasti mengenal restoran yang satu ini. Seperti namanya, Honu Central seakan menjadi sentral dari makanan sehat di Jakarta. Berbagai menu dengan nama yang unik menyambut kalian ketika berkunjung ke Honu Central. Selain itu, banyak promo-promo yang bisa kalian dapatkan di Honu Central. Lokasi: Honu Central, Jl. H. Agus Salim No. 60, Thamrin.

Dukuh Atas

Steam Boat-Sukiyaki-Barbeque Blora

Kedai yang satu ini seakan menjadi sebuah hidden gem di kawasan elit seperti Sudirman. Bagaimana tidak, kedai yang satu ini tidak akan terlihat dari jalanan utama karena tempatnya yang tersembunyi. Namun, soal rasa, kedai yang satu ini bisa diadu dengan restoran yang berada di mall. Lokasi: Steam Boat-Sukiyaki-Barbeque Blora, Jl. Purwodadi No. 44, Thamrin.

Chicory European Patisserie

Ingin sejenak melepas penat dari kemacetan di pusat ibu kota? Melipir saja ke Chicory. Sesuai namanya, tempat yang satu ini memang menjadikan aneka patisserie sebagai makanan utama yang mereka jual. Namun, tersedia juga menu-menu makanan ringan lain yang bis kalian nikmati, seperti sandwich dan omelette. Lokasi: Chicory European Patisserie, Jl. Sumenep No. 9, Menteng.

Setiabudi

Hause Rooftop

Sesuai dengan namanya, restoran yang satu ini terletak di atap bangunan, tepatnya MD Place di bilangan Kuningan. Selain sejuk karena berada di atap, tanaman-tanaman hijau di sekitaran restoran semakin membuat kalian betah berada di sana untuk waktu yang lama. Nasi goreng kampung dari Hause Rooftop adalah salah satu juara! Lokasi: Hause Rooftop, MD Place Bulding, Lantai 6, Jl. Setiabudi Selatan No. 7, Kuningan.

La Posta Taste of Argentina

Restoran dekat MRT Setiabudi yang satu ini menyediakan menu yang masih jarang ditemukan di Jakarta, yaitu makanan khas Argentina. Menu seperti buttifara de cerdo, noquis de patata, chuleton corte mariposa, atau ternera al wok bisa kalian coba tanpa perlu jauh-jauh bepergian ke Argentina. Lokasi: La Posta Taste of Argentina, Jl. Karet Pasar Baru Timur 5 No. 25, Sudirman.

Tontoki

Jika kalian sedang mencari restoran yang menu olahan babi khas Jepang, Tontoki bisa menjadi salah satu jawabannya. Aneka olahan babi seperti tonkatsu, rosu katsu, atau ton tan don dapat kalian nikmati tepat di jantung ibu kota Jakarta. Lokasi: Tontoki, Mid Plaza 1, Lantai Basement. Jl. Jendral Sudirman, Sudirman.

Bendungan Hilir

RM Surya

Rumah Makan Surya merupakan salah satu rumah makan yang pertama kali berdiri di bilangan Bendungan Hilir. Memiliki berbagai menu makanan Padang yang bisa dipilih, soto padang dari RM Surya adalah salah satu soto yang paling ikonik. Lokasi: RM Surya, Jl. Bendungan Hilir Raya No.15, Bendungan Hilir.

Goedkoop

Suasana jaman dulu akan langsung terasa ketika kalian memasuki restoran yang satu ini. Seakan ingin mempertahankan sejarah yang dimilikinya, Goedkoop memiliki jendela lebar khas bangunan peninggalan Belanda. Menu makanannya juga dipenuhi oleh makanan khas Belanda, seperti bitterbalen dan poffertjes. Lokasi: Goedkoop, Jl. Bendungan Hilir Raya No. 62, Bendungan Hilir.

Kembang Goela

Kembang Goela menyajikan menu makanan khas Indonesia yang mampu dikemas dengan dengan tampilan modern. Ambiance tradisional begitu terasa di restoran ini karena bangunannya juga menggunakan bangunan tua yang mampu disulap menjadi sebuah restoran mewah. Lokasi: Kembang Goela, Plaza Sentral, Jl. Jenderal Sudirman.

Istora Mandiri

GO Food Festival

Kawasan GBK menjadi tempat pertama dan menjadi pusat dari semua GO Food Festival yang diselenggarakan di Jakarta. Dalam Go Food Festival GBK, kalian bisa menemukan variasi makanan yang begitu beragam sesuai dengan selera kalian. Selain itu, GO Food Festival juga menyediakan ruang makan yang begitu santai dan dikelilingi oleh pohon sehingga membuat suasana menjadi sejuk. Lokasi: GO Food Festival, Gelora Bung Karno Pintu 4.

Kila Kila by Akasya

Berbagai makanan khas Indonesia menjadi menu utama yang dijual oleh Kila Kila by Akasya. Lidah sapi cabe ijo merupakan salah menu andalan dari Kila Kila yang harus kalian coba. Pemandangan gedung-gedung pencakar langit di sekitaran SCBD menjadi pemandangan utama yang bisa kalian dapatkan di Kila Kila. Lokasi: Kila Kila by Akasya, Lot 4, Lantai 7, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, SCBD.

Tom Tom

Setiap porsi makanan di Tom Tom bisa kalian nikmati berdua karena setiap porsinya memiliki jumlah yang cukup besar. Tom yum menjadi menu paling stand out dari Tom Tom. Isian dari tom yum-nya begitu bervariasi dan tidak memiliki rasa yang pedas. Lokasi: Tom Tom, Pacific Place Mall, Lantai 4, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD.

Senayan

Momo Paradise

Momo Paradise adalah salah satu restoran dengan konsep all you can eat yang begitu hype di bilangan Senopati. Sukiyaki di Momo Paradise memiliki rasa yang manis, tetapi tidak membuat enek. Daging di Momo Paradise juga dikenal memiliki kelembutan yang pas dan memiliki lemak yang sedikit. Lokasi: Momo Paradise, Jl. Senopati Raya No. 92, Senopati.

Meatman Nikuo

Izakaya merupakan salah satu konsep restoran yang begitu populer di Jepang. Di Jakarta, konsep ini coba digunakan oleh Meatman Nikuo. Ternyata, restoran ini begitu digemari dan selalu dipenuhi oleh pengunjung di jam makan siang. Aneka menu makanan Jepang seperti katsu, ramen, dan sushi tersedia di restoran ini. Meatman juga memiliki paket makan siang dengan harga Rp100.000 untuk 1 ramen dan 1 nasi. Lokasi: Meatman Nikuo, Gedung Parkir Kompleks Summitmas 1, Lantai Dasar, Jl. Jend. Sudirman, SCBD.

Mr. Park

Daerah Senayan memang begitu identik dengan restoran Jepang karena banyaknya ekspatriat asal Jepang yang tinggal dan bekerja di sana. Namun, restoran yang satu ini menyajikan menu Korean BBQ dan begitu digemari. Jika kalian menyukai pedas, maka menu sundubu jjigae harus kalian coba. Tidak suka pedas? Jangan khawatir, pesan saja galbi tang yang memiliki rasa gurih asin. Lokasi: Mr. Park, Lot 6 Jl. Jenderal Sudirman, SCBD

ASEAN

Papoea by Nature

Ingin mencoba menikmati sajian khas Papua? Saat ini kalian tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Papua untuk mencoba papeda atau sagu karena di Jakarta sudah memiliki restoran yang khusus menjual makanan khas Papua. Papoea by Nature juga mendatangkan langsung bahan bakunya dari Papua sehingga rasa masakannya begitu mirip dengan makanan di tanah asalnya. Lokasi: Papoea ny Nature, Jl. Pakubuwono VI, No.77, Blok M.

Noble by Zap Thai

Noble menawarkan beragam menu makanan Thailand yang tidak bisa kalian nikmati di restoran Thailand lainnya. Setiap makanannya memiliki rasa yang autentik dengan masakan yang ada di Thailand. Selain itu, setiap makanan Thailand di Noble juga mampu diolah menjadi sebuah makanan modern dengan tampilan yang begitu menawan. Lokasi: Noble by Thai, Jl. Gunawarman No. 41, Senopati.

Buba & Bump

Restoran dekat MRT ASEAN yang satu ini pernah kami masukkan dalam daftar restoran ramah anak yang seru buat orang dewasa. Buba & Bump merupakan tempat yang tepat untuk semakin menguatkan ikatan orang tua dengan anak. Pilihan finger food yang beragam bisa kalian nikmati di restoran yang satu ini. Lokasi: Buba & Bump, Jl. Ciranjang No.9, Senopati, Jakarta

Blok M

Gulai Tikungan

Siapa yang tidak kenal Gulai Tikungan. Tempat makan yang lebih dikenal dengan nama Gultik ini selalu menjadi pilihan utama jika mencari gulai terbaik di bilangan Jakarta Selatan. Jam bukanya yang dimulai dari jam 5 sore hingga jam 5 pagi menjadi teman paling cocok untuk dinikmati pada jam pulang kerja. Lokasi: Gulai Tikungan, Jl. Mahakam, Bundaran Blok M Plaza, Blok M.

Uma Uma Eatery Shop

Masuk ke dalam daftar rekomendasi restoran baru yang buka di bulan September, Uma Uma memiliki ambiance yang begitu segar. Watermelon pizza yang begitu unik dan ikonik harus kalian coba jika sedang berkunjung ke Uma Uma. Lokasi: Uma Uma Eatery & Shop, Jl. Sultan Hasanuddin Dalam No. 18, Melawai.

Tokyo Skipjack

Semenjak awal kemunculannya di Jakarta, Tokyo Skipjack sudah menjadi salah satu tempat pertama yang dicari jika ingin menikmati sajian steak terbaik. Saus chimmichuri yang dimiliki Tokyo Skipjack menjadi salah satu signature yang harus kalian coba. Lokasi: Tokyo Skipjack, Jl. Bulungan Raya No. 16, Blok M.

Blok A

Plataran Dharmawangsa

Setiap restoran Plataran dikenal memiliki menu makanan Indonesia yang begitu autentik. Salah satu cabang dari restoran Plataran ini bertempat di sekitaran stasiun MRT Blok A, tepatnya di Dharmawangsa. Ambiance dari Plataran Dharmawangsa begitu Indonesia, dengan rumah joglo dan berbagai ukiran yang bisa kalian temukan di dalam restoran. Lokasi: Plataran Dharmawangsa, Jl. Dharmawangsa Raya No. 6, Kebayoran Baru.

Taco Local

Masih di seputaran Dharmawangsa, kalian bisa menemukan restoran yang secara khusus menjual makanan khas dari Meksiko. Lengua tacos menjadi salah satu menu andalan yang harus kalian coba. Selain taco, Taco Local juga menjual aneka makanan khas Meksiko lainnya, seperti burritos, quesadillas, enchiladas, dan nachos. Lokasi: Taco Local, Pelaspas Dharmawangsa, Jl. Dharmawangsa Raya No. 4, Dharmawangsa.

Ciknic Roast Chicken

Ayam panggang menjadi menu utama dari Ciknic Roast Chicken. Ayam panggang dari Ciknic dikenal memiliki tekstur yang juicy. Salah satu makanan yang paling direkomendasikan untuk menemani ayam panggang adalah truffle mashed potato. Tekstur dari mashed potato ini begitu lembut dan creamy. Lokasi: Ciknik Roast Chicken, Ruko Dharmawangsa Square, Jl. Dharmawangsa VI No.46, Dharmawangsa.

Haji Nawi

Eatz

Menu Timur Tengah menjadi andalan dari Eatz. Berbagai makanan Timur Tengah seperti mandi, biryani, dan sheesh tawuk bisa kalian pilih. Eatz juga tengah memiliki menu khusus yang hanya tersedia hingga tanggal 30 September 2019, yakni deer biryani. Yuk cobain sebelum terlambat! Lokasi: Eatz, Ruko Margaguna, Unit 9, Jl. Radio Dalam No. 125, Pondok Indah.

Eatsomnia

Buka selama 24 jam penuh setiap hari menjadi sebuah nilai plus dari Eatsmonia. Menu-menu di restoran dekat MRT Haji Nawi ini disajikan dalam bentuk ricebowl. Tidak ingin makan berat di tengah malam? Tengan, pesan saja aneka roti bakar atau roti kukus dengan topping sesuai dengan keinginan kalian. Lokasi: Eatsomnia, Jl. Fatmawati No. 3C, Fatmawati.

Yesterday Backyard

Sesuai dengan namanya, restoran yang satu ini memiliki halaman belakangan yang menjadi highlight utamanya. Halaman belakang dari Yesterday Backyard begitu hijau dan asri sehingga cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Berbagai menu tradisional tersedia di Yesterday Backyard, mulai dari pizza hingga nasi goreng. Lokasi: Yesterday Backyard, Jl. Pangeran Antasari No. 36, Fatmawati.

Cipete

Byurger

Byurger masuk ke dalam list burger enak dengan porsi monster versi kami. Bukan tanpa alasan kami memasukkan Byurger dalam daftar tersebut. Semua menu burger di restoran dekat MRT Cipete yang satu ini menggunakan roti yang tebal serta isi yang banyak dan variatif. Satu porsi burger saja pastinya akan langsung membuat perut kalian begah! Lokasi: Byurger, Jl. Antasari Raya, Pasar Cipete Selatan No. 10, Fatmawati.

BNB Terogong

BNB Terogong adalah salah satu restoran yang menjual menu makanan sehat paling lengkap. Begitu banyak pilihan smoothies, jus, dan salad sehat yang bisa kalian pilih. Tempatnya yang cozy dan cenderung sepi menjadi sebuah tempat yang tepat bagi kalian yang mencari sebuah ketenangan. Lokasi: BNB Terogong, Jl. Terogong Raya No. 28, Pondok Indah.

Toodz House

Carbonara rice menjadi menu andalan yang harus kalian coba di Toodz House. Memiliki tekstur yang begitu creamy, namun carbonara rice ini dijamin tidak akan membuat kalian enek. Menggunakan sebuah rumah yang disulap menjadi restoran menjadikan Toodz House memiliki ambiance yang begitu homey. Tak heran restoran yang satu ini selalu ramai dikunjungi dan masuk daftar restoran enak dan paling ramai di Cipete Raya. Lokasi: Toodz House, Jl. Cipete Raya No. 79, Fatmawati.

Fatmawati

Sunyi House of Coffee and Hope

Banyak coffee shop yang saat ini bermunculan di Jakarta. Namun, tampaknya belum ada yang menginspirasi seperti Sunyi. Coffee shop yang satu ini mempekerjakan rekan-rekan difabel untuk menjadi Barista. Untuk memesan menu, kalian bisa menunjuk menu yang diinginkan atau menggunakan bahasa isyarat. Tersedia menu cheese sandwich atau chicken wings untuk mengganjal perut kalian. Lokasi: Sunyi House of Coffee and Hope, Jl. RS Fatmawati No. 15, Fatmawati.

Lovester Shack

Lovester Shack sering disebut sebagai salah satu restoran yang menyajikan olahan lobster terbaik di Jakarta. Selain lobster, aneka menu seafood lainnya juga bisa kalian nikmati di Lovester, seperti cumi, udang, dan ikan. Tidak suka seafood? Jangan khawatir, tersedia menu ayam juga di Lovester. Lokasi: Lovester Shack, Jl. Terogong Raya No. 36, Pondok Indah.

Akademie

Aneka olahan mie dapat kalian temukan di Akademie, mulai dari aneka mie instan hingga mie jawa. Jika kalian sedang tidak ingin makan mie, tersedia juga roti dan pisang bakar. Jam bukanya yang hingga tengah malam menjadikan Akademie salah satu tujuan utama para kalongers. Lokasi: Akademie, Jl. RS. Fatmawati No. 4D, Fatmawati.

Lebak Bulus

Selow The BBQ Artisan

Sesuai dengan namanya, seluruh menu BBQ di Selow dimasak dalam waktu yang cukup lama.Tersedia daging sapi dan ayam yang telah diasapi selama 12 jam atau 24 jam yang bisa kalian nikmati di Selow. Meskipun memiliki restoran yang tergolong kecil, tetapi suasana di dalamnya akan membuat kalian betah untuk berlama-lama berada di Selow. Lokasi: Selow The BBQ Artisan, Jl. Taman Lebak Bulus IV Blok O No. 44, Lebak Bulus.

Piknik - Arif Inn

Ingin berpiknik sejenak melepas penat, tetapi malas untuk bepergian jauh? Datang saja ke Arif Inn. Banyak spot instagramble yang bisa kalian manfaatkan untuk menambah perbendaharaan foto guna postingan media sosial kalian. Selan itu, tampilan makanan yang disungguhkan pun tidak kalah memikat. Lokasi: Arif Inn, Jl. Pertanian Raya No. 53, Lebak Bulus.

CJ Tomyum

Mencari tomyum yang memiliki rasa autentik dengan tomyum di Thailand? Yuk cobain datang ke CJ Tomyum. CJ memiliki Chef yang didatangkan langsung dari Thailand. Selain tomyum juga tersedia makanan khas Thailand lainnya yang bisa kalian nikmati, seperti pad thai, tod man pla, dan kai ob sabparod. Lokasi: CJ Tomyum, Jl. Adiyaksa Raya No. 5, Lebak Bulus. Lihat daftar restoran dekat MRT Lebak Bulus lainnya dalam artikel 10 restoran dekat stasiun MRT Lebak Bulus ini.

Related Articles

Connect with Nibble