Food

Sambal Roa, Kuliner Khas Manado yang Pedas Bergizi

by Danang Lukmana | July 28, 2021

Sambal Roa, Kuliner Khas Manado yang Pedas Bergizi
Sambal roa merupakan salah satu kuliner khas Manado, Sulawesi Utara. Wilayah di ujung Pulau Sulawesi ini memang terkenal akan olahan makanannya yang memiliki sensasi pedis atau pedas. Rica alias cabai memang menjadi bahan utama penyedap dalam dunia kuliner Minahasa. Selain cabai, bahan baku lainnya yang sangat umum digunakan dalam kuliner Sulawesi Utara adalah ikan. Wilayahnya yang terdapat lautan lepas membuat sumber daya ikan lautnya sangat melimpah. Salah satu jenis ikan yang sering dijadikan olahan adalah ikan roa atau sejenis julung-julung laut. Perpaduan antara cabai yang pedas dengan ikan roa yang sudah diasap menghasilkan sebuah menu yang bernama sambal roa. Makanan ini menambah daftar jenis sambal khas Nusantara yang terkenal kelezatannya. Selain pedas, karena adanya daging ikan roa di dalamnya, membuat sensasi rasa gurih nikmat dan tentu menambah kandungan gizinya. Supaya kalian lebih kenal lagi sama kuliner Minahasa satu ini, yuk simak penjelasan mengenai sambal roa beserta resep membuatnya.

Resep Membuat Sambal Roa Khas Manado

Sambal roa bisa dinikmati dengan sajian apa pun. Seperti contohnya teman makan nasi putih bersama lauk pauk ataupun teman makan nasi kuning Manado dan bubur Tinutuan. Selain itu ada hal unik lainnya yaitu bisa juga dijadikan cocolan pisang goroho atau pisang goreng ala Manado.

source: kompas

Cara membuatnya gak sulit kok. Berikut resep membuat sambal roa seperti yang dirangkum dari Kompas: Bahan-Bahan Sambal:
  • 20 buah cabai merah atau rawit
  • 10 siung bawang merah
  • 3 ekor ikan roa asap, suwir dagingnya
  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 buah tomat merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai geprek
Cara Membuat:

source: @sambal.dygdag

  1. Goreng sebentar daging ikan roa hingga matang. Jangan terlalu lama karena dagingnya bisa sangat keras. Setelah itu tumbuk daging ikan dengan ulekan hingga lumat dan halus.
  2. Secara terpisah, ulek halus semua bahan sambal kecuali serai dan daun jeruk.
  3. Tumis semua bahan yang sudah dihaluskan bersama dengan daun jeruk dan serai.
  4. Tambahkan gula dan garam, lalu campur rata serta cicipi sedikit sampai rasanya pas.
  5. Setelah sambalnya matang masukkan ikan roa halus, lalu aduk atau ulek kembali sampai tercampur merata dan siap untuk disajikan.

Kandungan Gizi Ikan Roa

Gak cuma menawarkan sensasi pedas gurih saja, tambahan daging ikan roa di dalamnya membuat sambal ini terdapat ekstra kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Ikan roa adalah jenis ikan laut yang bisa dengan mudah ditemui di perairan laut utara Sulawesi sampai ke Kepulauan Maluku. Jenis ikan ini termasuk jenis ikan julung-julung laut yang mempunyai nama latin Hemiramphus Brasiliensis.

source: istockphoto

Walaupun kecil, ternyata ikan ini memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi pada ikan roa antara lain protein, omega 3, kalori, gula dan karbohidrat. berikut manfaat ikan roa untuk kesehatan:

·         Mencegah Penyakit Jantung

Seperti pada umumnya jenis ikan dari laut, roa juga dilengkapi dengan kandungan omega-3 yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung karena mampu membantu kerja jantung dalam memompa dan menyaring darah. Jika rutin makan ikan laut, maka jantung akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

·         Membantu Menjaga Kadar Kolesterol

Selain merawat kesehatan jantung, omega-3 juga mampu menurunkan kadar kolesterol pada darah. Omega 3 mampu menstabilkan kadar kolesterol, jadi konsumsi ikan roa untuk menu sehari-hari tentu sangat sehat.

source: istockphoto

·         Menstabilkan Gula Darah

Ikan roa bisa mengandung zat gula alami. Kadar gula yang rendah bisa dinormalkan kembali dengan mengkonsumsi ikan ini. Tubuh pun jadi lebih segar dan bertenaga. Itulah tadi resep sambal roa khas Manado yang pedas dan juga sangat bernutrisi untuk menu makan sehari-hari. Kalian suka nggak nih menu makanan khas Manado?