Foodies Trends

6 Fakta Unik Seblak, Jajanan Jabar yang Membakar Lidah

by Danang Lukmana | July 15, 2021

6 Fakta Unik Seblak, Jajanan Jabar yang Membakar Lidah
Kalian yang ngaku pencinta makanan pedas, harusnya sih sudah mencicipi jajanan yang bernama seblak ya. Jajanan Jawa Barat ini cukup populer saat ini, bahkan semakin mudah saja dijumpai di pinggiran jalan maupun rumah makan. Kreasi olahannya pun dibuat semakin kekinian mengikuti tren dan kesukaan masyarakat. Dibalut kuah kental dengan cita rasa pedas beserta aroma rempah-rempahnya yang khas, membuat banyak orang menyukainya. Apalagi kalau dimakan saat cuaca dingin, pasti benar-benar bisa memberi sensasi panas di lidah serta hangat di tubuh. Selain gaya tradisional, saat ini variasi pilihannya topping-nya pun semakin beragam yang tentu bisa kalian pilih sendiri sesuai selera. Di balik cita rasanya yang pedas menghangatkan tersebut, ternyata seblak menyimpan beragam fakta unik lho. Penasaran mau tahu? Simak sampai tuntas ya!

1.      Asal-Usul Nama Seblak

Kalian penasaran nggak nih kenapa jajanan yang rasanya pedas ini kok diberi nama ‘seblak’ sih, emang apa artinya? Dilansir dari laman Kumparan, ternyata penamaan tersebut berasal dari kata  dalam bahasa Sunda yaitu 'nyeblak' yang apabila diterjemahkan secara harfiah punya arti 'mengagetkan'. Rasa kaget tersebut karena ketika mencicipinya kalian akan langsung mendapat tendangan rasa pedas di mulut.

source: istockphoto

Gimana, kalian beneran kaget gak nih?

2.      Kencur Jadi Kunci Cita Rasa Seblak

Selain mendapat tendangan rasa pedas dari cabai, kalian akan bisa merasakan aroma khusus yang khas di dalam kuahnya. Aroma khas kuahnya tersebut akibat penggunaan kencur di dalamnya. Kencur memainkan peranan kunci dalam cita rasa jajanan ini. Dipadukan dengan bawang, telur, hingga cabai rawit, membuat kuahnya menjadi semakin harum serta nikmat di lidah.

source: istockphoto

Bukan cuma bisa memperkuat cita rasa khasnya, tapi manfaat kencur untuk kesehatan juga sudah terbukti banyak lho. Saudara jahe ini juga bisa bermanfaat meredakan batuk, sakit perut, radang, hingga mencegah kanker.

3.       Kerupuk Basah Jadi Bahan Isian Utama

Keunikan jajanan satu ini selain pada rasa kuahnya yang pedas ‘nyeblak’, adalah pada bahan isian utamanya yang terbuat dari kerupuk. Kalau pada umumnya kerupuk dimasak menggunakan minyak panas hingga mekar merekah dan kriuk, maka berbeda dengan kerupuk seblak. Dalam sajian ini, kerupuk akan dimasak dengan cara direndam air panas, direbus maupun dikukus hingga matang.

source: istockphoto

Teknik masak tersebut membuat kerupuk menjadi bertekstur kenyal dan unik ketika dikunyah. Itulah yang bikin makanan ini punya sensasinya tersendiri. Apa pun jenis seblak yang kalian pesan, kerupuk basah ini selalu ada sebagai bahan isian utamanya.

4.      Mirip Jajanan Jadul "Krupuk Godog"

Sebagian besar orang pasti sudah akrab mengenal seblak sebagai salah satu jajanan populer yang berasal dari Kota Kembang, Bandung. Namun, tahu nggak kalian kalau ternyata di tahun 1940-an sudah ada lho makanan yang sangat mirip, yaitu krupuk godog khas dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah. Sesuai namanya, krupuk godog juga punya cara penyajian yang sangat mirip, yaitu bahan kerupuk mentah yang dimasak dengan cara direbus.

source: @istockphoto

Hal tersebut tentu saja membuat beberapa pemerhati kuliner beranggapan kalau krupuk godog adalah cikal bakal dari kuliner seblak yang kita kenal sekarang ini. Namun, soal asal-usul hubungan kedua jenis jajanan ini masih belum bisa benar-benar dipastikan. Sayangnya, kini krupuk godog sudah semakin jarang dijumpai sehingga sulit untuk dikenal luas. Sementara itu, seblak masih tetap eksis dan bahkan semakin diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan, dengan variasi yang semakin kekinian.

5.      Seblak Punya Dua Jenis Varian

Jajanan khas Bandung ini memang dikenal memiliki kuah yang pedas dan hangat aroma kencurnya. Tapi kalau kalian gak begitu suka makanan berkuah, bisa kok memilih varian lainnya yakni seblak kering. Pada dasarnya sih bahan-bahan yang digunakan kedua varian ini sama saja kok. Bedanya hanya pada teknik memasaknya, di mana seblak kering dimasak sampai bumbunya benar-benar meresap dan airnya habis.

source: @seblakblakan99

Kalian tim yang berkuah atau yang kering nih?

6.      Variasi Topping-nya Makin Beragam dan Kekinian

Dulunya para pedagang seblak di Bandung cuma membuat jajanan ini dari kerupuk basah, irisan kubis, dan telur orak-arik. Saat ini topping dan isiannya sudah jauh lebih beragam. Beberapa pedagang mulai menyajikan menu ini dengan tampilan baru yang jauh lebih menarik sekaligus menggugah selera.

source: @loyalseblak

Mengikuti tren selera kekinian, topping-nya pun dibuat lebih variatif dan berlimpah. Contohnya, ceker ayam, daging ayam, sosis, bakso ikan, cilok, bahkan keju mozzarella. Gak ketinggalan, tersedia juga beragam level pedas yang bisa dipilih sesuai selera. Itulah tadi Nibblers, deretan fakta-fakta unik dari jajanan seblak yang populer saat ini. Kalian termasuk pencinta jajanan yang satu ini?