Nibble'S Guide

10 Tempat Buka Puasa di Malang yang Enak dan Memuaskan

by Danang Lukmana | April 03, 2022

10 Tempat Buka Puasa di Malang yang Enak dan Memuaskan

Banyaknya cafe, restoran, dan rumah makan, membuat pilihan tempat buka puasa di Malang cukup mudah untuk dicari. Kota yang juga terkenal akan udara sejuknya ini memang pas dijadikan lokasi untuk wisata kuliner. Saat Ramadan pun, deretan cafe maupun restoran saling berlomba memberikan promo khusus buat buka puasa.

Nah, berikut ini pilihan tempat buka puasa di Malang yang memuaskan.

1. Javanine Resto

Pertama ada Javanine Resto yang jadi pilihan pas untuk tempat buka puasa di Malang yang elegan dan sedikit mewah. Restorannya sendiri sangat megah dengan nuansa warna serba putih yang menampilkan kesan elit berkelas. Areanya sendiri sangat luas sehingga kamu bisa memilih mau bersantap bersama keluarga secara indoor ataupun outdoor.

Menu yang bisa kamu pesan untuk berbuka, pilihannya lengkap dari mulai hidangan pembuka, utama, hingga dessert. Ada pilihan nasi goreng buntut, semur lidah, gurame kremes, udang mentega, iga bakar madu, sate ayam, dan sate daging manis. Makanan manis untuk berbukanya ada es durian, es teler, es tape ketan hitam, dan rondo royal.

Source: @javanineresto

Alamat: Jl. Pahlawan Trip No.5, Oro-oro Dowo, Kota Malang.

2. Simpang Luwe Cafe & Resto

Tempat makan satu ini sudah sangat terkenal sebagai pilihan lokasi nongkrong dan makan favorit bagi kawula muda Malang. Saat Bulan Ramadan tiba, tempat ini juga gak pernah sepi dari kunjungan orang-orang yang ingin ngabuburit dan buka puasa. Hal tersebut karena memang tempat ini didesain sangat cozy sebagai pilihan tempat nongkrong.

Pilihan menu makanan di sini juga beragam dengan harga yang tergolong ramah di kantong tapi tetap enak. Beberapa menu favoritnya ada rawon bloceng, ayam pop, sup tomyam, sop buntut, mie goreng Jawa, dan kwetiaw siram ayam. Kudapan dan minumannya ada lunpia, roti bakar, bakpao, es kelapa muda, dan vanilla milkshake.

Source: @ourdelishjournal

Alamat: Jl. Letjen Sutoyo No.2, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang.

3. Festival Dermaga Kuliner

Berlokasi di kawasan Sawojajar, restoran bernama Festival Dermaga Kuliner jadi pilihan tempat buka puasa berikutnya di Malang. Sesuai namanya, restoran ini mengusung konsep desain dan ornamen khas pelabuhan, seperti kapal, jangkar, serta batu karang. Konsepnya unik banget dan banyak spot lucu Instagramable, sehingga acara ngabuburit di sini jadi menyenangkan.

Bukan hanya spot makannya saja yang unik dan lucu, pilihan makanannya juga enak-enak semua. Beberapa menu best seller di sini ada gurame tiga rasa, ayam koloke saus Inggris, ayam penyet kampung dermaga, nasi goreng merah, dan fuyunghai. Lalu untuk minumannya ada es alpukat mocca, es campur, es teler, dan aneka jus buah.

Source: @festivaldermagakuliner

Alamat: Jl. Danau Toba G1/E19, Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang.

4. Harmoni Cafe and Resto

Salah satu andalan untuk tempat makan keluarga di Malang yang keren juga untuk pilihan lokasi bukber adalah Harmoni Cafe & Resto. Sesuai namanya, tempat ini jadi harmonisasi antara unsur arsitektur modern mewah dengan aspek tradisional yang alami. Areanya sendiri cukup luas dan desainnya sangat cantik memanjakan mata dengan banyaknya objek foto-foto.

Selagi menunggu waktu berbuka, kamu bisa menikmati area outdoor sejuk dengan tanaman hias, kolam ikan yang gemericik, dan lampu gantung menawan. Soal menu, beberapa pilihan favoritnya ada iga bakar spesial, iga cobek, asem-asem gurame goreng, sapo tahu Jepang, dan ayam kampung goreng kremes. Untuk kudapan dan minuman manisnya ada mixed ice cream, milkshake mocca, es teler, es buah, dan soda gembira.

Source: @harmonirestomalang

Alamat: Jl. Bromo No.44, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

5. Ikan Bakar Cianjur-Malang

Pilihan restoran berikutnya untuk buka puasa nikmat di Malang adalah Ikan Bakar Cianjur. Tersebar di banyak kota besar Indonesia, restoran ini mengusung kuliner cita-rasa Nusantara khususnya Sunda. Cabang Malang sendiri bangunannya cukup megah dan luas, dengan dominasi warna putih elegan serta meja kursi kayu yang nyaman.

Sebagai pilihan tempat buka puasa, restoran ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga besar atau kolega. Pilihan menu makanan favoritnya ada nila/gurame pesmol, ikan bakar, pepes, asam manis, hingga nasi goreng kambing dan sop iga. Kudapan Pelepas dahaga di sini ada es campur tempo doeloe, es shanghai, es alpukat, dan jeruk kelapa muda.

Source: @ikanbakarcianjur

Alamat: Jl. Simpang Balapan No.5, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

6. Malibu Steak ā€˜nā€™ Pizza

Berikutnya ini adalah pilihan tempat makan steak untuk buka puasa di Malang yang bisa kamu coba. Malibu Steak n Pizza ini tergolong sudah cukup lama beroperasi dan jadi favorit banyak kalangan di Kota Apel. Suasana dalam restonya sendiri sangat cozy, bergaya modern yang bikin pas untuk buka puasa.

Sesuai namanya, restoran ini menyajikan ragam pilihan makanan Barat seperti steak, pizza, pasta, salad, dan lainnya. Beberapa menu steak favoritnya ada Malibu steak special, sirloin steak Lyonnaise, fillet rosini, dan rolled beef steak. Pilihan lainnya ada daging sapi hot plate, koloke, sup jamur, dan fruit salad.

Source: @amazingmalangeats

Alamat: Jl. Terusan Kawi No.6C, Gading Kasri, Klojen, Malang.

7. Rumah Makan Cairo

Buat yang mau cari tempat buka puasa di Malang yang punya cita-rasa kuliner Timur Tengah, Rumah Makan Cairo ini bisa jadi pilihan. Tempat makannya memang sederhana, tapi cukup pas untuk ajak beberapa orang untuk langsung bersantap di dalamnya. Kalau berkunjung ke sini, kamu langsung disambut harum aroma rempah-rempah khas masakan Arab.

Pilihan menu menggunakan daging kambing, ayam, sapi, hingga kikil bisa kamu nikmati. Contoh menu untuk kamu coba antara lain, sate kambing, gule marak, gule kikil, nasi krengsengan kambing, kambing goreng, dan tentu saja nasi kebuli. Tersedia juga pilihan martabak ala Cairo, roti Maryam, dan susu kambing untuk mendongkrak stamina.

Source: @rumahmakancairomlg

Alamat: Jl. Kapten Piere Tendean No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang.

8. Warung Lesehan Yogyakarta

Jika dilihat dari namanya, Warung Lesehan Yogyakarta ini mengusung gaya makan sederhana yang lesehan ala Jogja. Tapi gak semuanya lesehan kok, malah tempat makannya ini sangat luas dengan desain modern yang keren abis. Terdiri dari dua lantai, kamu bisa memilih mau duduk secara lesehan atau dengan bangku dan kursi.

Hiasan tanaman hijau rambatnya, berpadu serasi dengan unsur modern sekaligus sedikit tradisional di sini. Sebagai pilihan tempat buka puasa di Malang, sajian di sini bergaya makanan Indonesia yang sudah familiar di lidah semua kalangan. Ada ayam goreng kremes, gurame pesmol, ayam bakar kecap, lele goreng, bandeng, dan sambal lalapannya.

Source: @warunglesehanyogyakarta

Alamat:  Jl. Lembah Dieng No.8, Sumberjo, Kalisongo, Malang.

9. Rumah Makan Inggil

Kalau mau menikmati menu buka puasa dengan nuansa tradisional Jawa tempo dulu, maka Rumah Makan Inggil ini pilihan tepat. Lokasinya baru, yang saat ini ada di Jalan Zainul Arifin, Klojen, setelah sebelumnya di Jalan Gadah Mada. Suasana vintage di sini tercipta dengan menggabungkan restoran dan museum yang menampilkan barang lawas serta pernak-pernik kebudayaan.

Selagi menunggu waktu berbuka, kamu bisa ngabuburit dengan melihat melihat sepeda tua, mesin jahit jadul, radio, piringan hitam, hingga koleksi topeng seni. Menu makanannya berkonsep Jawa tradisional seperti nasi goreng Jawa, nasi goreng ikan asin, rawon, sop buntut, dan sayur asem. Ada juga menu sate ayam, gurame bakar, penyetan ayam, hingga pecel terong.

Source: @inggil.museumresto

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.53 A-B, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang.

10. Taman Indie

Pilihan tempat buka puasa terakhir ini adalah Taman Indie yang punya view alami di tengah Kota Malang. Di sini sembari menunggu waktu berbuka, kamu bisa menikmati pemandangan lembah sungai beserta pepohonan hijaunya. Apalagi saat magrib ke malam hari, nuansa eksotis dan romantis makin terasa dengan tampilan lampu-lampu cantik.

Bangunan tempat makannya sendiri berkonsep joglo Jawa dengan bale-bale beratap ijuk yang menambah kesan estetik. Menu spesial di sini ada nasi timbel Mangkunegaran, ayam bakar parahyangan, ayam betutu, bakmie anglo, rawon pawon, dan sup lontong kikil. Tersedia juga sate ayam Madura, iga bakar, dan minuman es cendol serta es campur.

Source: @tamanindieresto

Alamat: Jl. Araya Megah No.9, Pandanwangi, Kec. Blimbing, Kota Malang.

Langsung saja catat dan tetapkan pilihan resto maupun cafe sebagai tempat buka puasa di Malang pada tahun ini. Kamu bisa ajak keluarga besar, sahabat, kolega bisnis, hingga pasangan untuk menikmati momen buka puasa yang asyik.