Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram @foodventurer_

10 Tempat Makan Halal di Bali Buat Traveler Muslim

September 29, 20215 min readFood

Bagi traveler Muslim, berikut ini ada pilihan tempat makan halal di Bali yang bisa kamu kunjungi. Baik di Kuta, Sanur, hingga Ubud dan lain-lainnya, kamu bisa menjumpai banyak tempat makan yang halal. Pilihannya pun beragam dari mulai restoran, kedai makan sederhana, hingga warung nasi ayam Bali bisa kamu santap dengan perasaan aman.

Yuk langsung saja simak rekomendasi tempat makan halal di Bali berikut ini!

1.      Warung Mak Beng

Berada di pinggir pantai wisata Sanur, Warung Mak Beng jadi pilihan pas untuk kamu yang suka makan ikan. Warung makan legendaris ini selalu ramai oleh pengunjung meski menu yang disajikan hanya satu jenis paket. Di sini kamu akan disajikan seporsi nasi putih, dengan lauk ikan goreng, sop ikan yang segar, dan sambal yang pedas mantap. Meskipun hanya tersedia menu tersebut, warung ini sudah sangat legendaris dan sudah berdiri sejak 1941 karena rasanya yang terkenal banget enaknya.

Source: @makanterusss

Alamat: Jalan Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan.

2.      Nasi Bali Men Weti

Masih di seputaran daerah Sanur, jangan sampai lewatkan untuk menikmati santapan di Warung Nasi Bali Men Weti. Konon warung nasi ini sudah berdiri sejak 1970 lho! Dan yang dijual adalah nasi campur khas Bali dengan isian ayam sisit, sayur urap Bali, kulit ayam garing, dan sate lilit. Ciri khas lainnya ada pada sambal yang merah merona serta bikin nafsu makan jadi bertambah.

Source: @laskarkuliner

Alamat: Jalan Segara Ayu, Sanur

3.      Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Jika kamu sedang berlibur di Ubud, pastikan mampir untuk mencicipi Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku. Warung makan ini sudah sangat terkenal dan punya menu nasi ayam yang termasuk paling the best di Bali. Seporsi nasi ayam akan dilengkapi dengan sate lilit, telur, ayam sisit, ayam goreng, sayur lawar, dan sambal yang nendang. Semakin mantap karena bangunan rumah makannya berkonsep bangunan pendopo rumah khas Bali yang bikin syahdu.

Source: @nasiayamkedawetan

Alamat: Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

4.      Warung Mek Juwel

Pilihan warung makan nasi ayam khas Bali yang halal lainnya adalah Warung Mek Juwel. Warung ini cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1980. Cita rasanya cenderung pedas, cocok banget buat kamu yang hobinya menantang kekuatan lidah. Satu porsinya kalian bisa mendapat nasi, lengkap dengan beragam lauk seperti telur pindang, ayam betutu, kacang, sayur kangkung, dll.

Source: @eatwithclaudi

Alamat: Jl. Melati, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

5.      Warung Nasi Ayam bu Oki

Menu nasi ayam memang jadi pilihan untuk sepaket menu makanan halal yang punya cita rasa khas Bali. Pilihan nasi ayam berikutnya yang paling lezat ada di daerah Nusa Dua, yakni Warung Nasi Ayam Bu Oki. Dalam satu porsinya berisi daging ayam betutu, potongan telur rebus, urap kacang panjang, sate lilit, kacang tanah, sambal matah, dan kuah pedas.

Source: @aritriyu

Alamat:

  • Siligita Jl. Raya Nusa Dua Selatan No.27, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali.
  • Celagi Basur No.3Y, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali.

6.      Ayam Betutu Men Tempeh

Warung makan ayam betutu ini lokasinya berada di terminal lama Gilimanuk. Warung Ayam Betutu Men Tempeh sudah berdiri sejak Tahun 1978 dengan cita rasa otentik yang terjaga kualitas resepnya. Bumbu betutu yang pedas berempah pastinya bikin kamu ketagihan menyantapnya. Bagi pengunjung Muslim, di tempat makan ini bahkan tersedia Musholla untuk yang ingin beribadah.

Source: @makanber2

Alamat: Gilimanuk, Melaya, Jembrana, Bali.

7.      Warung Nasi Tekor Bali

Di kawasan Desa Budaya Kertalangu, terdapat Warung Nasi Tekor di mana kamu bisa menikmati hidangan tradisional Bali. Tekor sendiri mempunyai arti wadah pincuk tradisional yang terbuat dari daun pisang. Menu nasi tekor sendiri merupakan paket makanan nasi campur yang berisi ayam, sate lilit ayam, lawar, sayur gonde, sambal, kacang, dan kuah kaldu ayam. Suasana tempatnya yang bergaya tradisional Bali akan semakin membawamu untuk bernostalgia ke masa lalu.

Source: @nomnombali

Alamat: Kawasan Desa Budaya Kertalangu, Jl. By Pass Ngurah Rai Tohpati No.28, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Timur, Bali.

8.      Warung Makan Nikmat Kuta

Meskipun berlokasi di Kuta Bali, menu sajian di Warung Makan Nikmat adalah makanan khas Jawa yang semuanya nikmat. Kamu akan menemukan berbagai pilihan menu seperti sayur lodeh, rendang, empal, penyetan, rawon dan lainnya. Semua lauk-pauknya tersaji dalam etalase kaca yang tinggal kamu pilih sesuai keinginan. Tentu saja tempat makan ini populer bukan cuma karena kehalalannya, tapi juga karena enaknya.

Source: @cohituji

Alamat: Gg. Biduri No.6A, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

9.      Kari Ayam Pedas, Kerobokan

Salah satu warung makan street food alias pinggir jalan yang wajib kamu coba di Bali adalah Kari Ayam Pedas. Lokasinya ada di daerah Jalan Kerobokan dan beroperasi dengan tenda pinggir jalan. Tempatnya memang sederhana, tapi antrian di sini sangat panjang. Menu andalannya adalah nasi kari ayam yang rasanya pedas gurih dan nikmat. Ada juga pilihan lauk lainnya seperti telur dadar, ayam pedas, perkedel, hingga rawon.

Source: @mgdalenaf

Alamat: Seberang Bank BCA Kerobokan, Jl. Raya Kerobokan no.3, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Bali.

10.   Nasi Tempong Warung Pink

Nasi Tempong merupakan makanan khas Banyuwangi yang dilengkapi ikan asin, tahu, tempe, sayur bayam yang direbus, dan sambal yang super pedas. Pilihan lauk lainnya bisa kamu pilih seperti lele, ayam kampung, bebek, dan sebagainya. Nah, selain menikmati nasi tempong yang khas, di Warung Pink ini kamu bisa menikmati dekorasi yang dominan warna merah muda.

Source: @pinktempong

Alamat: Jl. Teuku Umar No.168, Dauh Puri Kauh, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali.

Nah, itu dia rekomendasi tempat makan halal di Bali untuk para traveler Muslim. Kamu gak perlu ragu dan takut mengunjungi Pulau Dewata, karena pilihan tempatnya makannya pun beragam. Yang terpenting tetap patuhi protokol kesehatan agar semua aman dan pariwisata kembali bergairah.

Related Articles

Connect with Nibble