Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Japan-Guide

10 Jajanan Khas Jepang Super Lezat dan Bikin Ngiler

July 14, 20215 min readFood

Jajanan khas Jepang terkenal lezat dan pastinya bakal bikin kalian ngiler deh untuk mencoba. Soal kuliner, Negeri Sakura ini memang sudah gak perlu diragukan lagi kreativitasnya. Gak cuma berhasil mengkreasikan makanan berat seperti sushi, teriyaki, atau yakiniku saja. Kudapan ringannya pun mampu dikreasikan dengan cita rasa yang sangat lezat dan tampilannya menggugah selera.

Mau tahu jajanan khas Jepang apa saja yang pasti bikin kalian menahan air liur? Ini dia daftar 10 di antaranya.

1.      Takoyaki

Jajanan Jepang satu ini berasal dari daerah Osaka yang mulai diperdagangkan sekitar tahun 1935. Melansir dari laman Japan-Guide dan LiveJapan, secara harafiah tako berarti gurita, dan yaki berarti bakar atau goreng. Namun bentuk umum hidangan ini adalah potongan daging gurita yang dimasukkan dalam bola-bola dari adonan tepung dan telur. Ukuran bolanya tersebut kurang lebih sebesar bola golf.

takoyaki jajanan khas jepang

source: istockphoto

Biasanya jika kalian memesan takoyaki, maka penjualnya baru akan memasaknya supaya disajikan masih dalam keadaan hangat kepada pelanggan. Bagian luar bolanya berwarna cokelat keemasan, sementara bagian dalamnya bisa sedikit meleleh. Satu sajian takoyaki biasanya berisi sekitar delapan bola yang atasnya dengan serutan serpihan cakalang (katsuobushi), serpihan rumput laut nori dan dibubuhi saus takoyaki atau mayones.

2.      Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah jajanan Jepang berbentuk pancake yang terbuat dari adonan tepung dan telur serta kubis. Topping beserta bahan-bahan pilihan yang ditambahkan, bisa sangat bervariasi (mulai dari daging, makanan laut, hingga wasabi dan keju). Variasi isian dan topping ini merupakan cerminan dari nama hidangan ini sendiri yakni; "okonomi" secara harfiah berarti "sesuai dengan keinginan” atau “apapun yang kamu suka".

okonomiyaki jajanan khas jepang

source: istockphoto

Ada dua gaya dari jajanan satu ini, yakni gaya Kansai (dikenal juga dengan gaya Osaka) dan ala Hiroshima. Gaya Kansai adalah paling umum dan dikenal di seluruh Jepang maupun dunia. Setelah hidangan ini selesai dimasak, okonomiyaki akan disajikan dengan saus spesial ataupun mayones Jepang yang menggugah selera.

3.      Yakitori

Siapa suka makan sate ayam? Ternyata Jepang juga punya sajian sate ayam khas nya sendiri lho yang bernama yakitori. Proses pembuatannya hampir sama dengan sate ayam, yaitu pedagangnya akan memanggang langsung potongan daging ayam yang sudah ditusuk dengan gagang kayu, di atas bara api dari arang. Potongan daging ayamnya bisa pelanggan pilih sendiri, seperti dada, paha, kulit, hati, hingga jeroan.

source: istockphoto

Pilihan bumbu pelengkapnya juga disediakan yang bisa pelanggannya pilih sendiri. Umumnya yakitori dihidangkan bersama saus khasnya yaitu ‘tare’ yang memiliki rasa manis gurih, atau hanya garam (shio) saja seperti taichan di Indonesia.

4.      Oden

Di malam hari atau saat sedang memasuki musim dingin, banyak orang Jepang akan mampir sebentar ke warung kaki lima yang menjual oden (dibaca: o deng). Makanan ini termasuk dalam rumpun jenis ‘nabe’ atau sajian hot pot seperti sukiyaki dan shabu-shabu. Gak heran, hidangan ini jadi favorit di musim dingin karena bisa menghangatkan tubuh.

jajanan khas jepang musim dingin

source: istockphoto

Oden sendiri merupakan sajian kuah dari kaldu ikan (dashi) dan kecap asin (soyu) yang diisi dengan bakso ikan, tofu, rumput laut, cumi-cumi, gurita, dan berbagai makanan laut lainnya. Ada juga pilihan isi lainnya seperti lobak daikon, kue konjak (konnyaku), telur, dan kentang. Mustard juga sering disediakan sebagai tambahan bumbunya.

5.      Onigiri

Dalam kartun atau anime dari Jepang, onigiri sering ditampilkan sebagai jajanan maupun bahan perbekalan, karena mampu mengenyangkan perut. Sajian ini berbentuk nasi kepal yang umumnya akan dibungkus oleh rumput laut nori. Orang Indonesia tentu lebih menyukai isian daging, salmon, atau suwiran tuna/cakalang yang disebut okaka. Namun, di Jepang onigiri sering juga diisi dengan umeboshi yaitu acar buah plum atau prem yang rasanya sangat asam, terutama bagi lidah orang Indonesia.

source: istockphoto

Di Jepang sendiri, nasi kepal ini adalah makanan ringan yang sangat populer dan murah meriah. Selain mudah dibuat sendiri, makanan ini juga tersedia di warung kaki lima, restoran, atau minimarket (konbini).

6.      Dango

Selain jajanan atau makanan ringan bercita rasa asin gurih, Jepang juga memiliki sajian manis atau wagashi, yang secara tradisional digunakan sebagai teman minum matcha. Salah satu wagashi yang terkenal adalah dango.

source: istockphoto

Dango adalah kue kecil berbentuk bola-bola yang terbuat dari adonan tepung beras seperti mochi. Teksturnya sangat dengan isian dalam saus manis atau pasta kacang merah jenis azuki yang disebut anko. Tampilannya sekilas mirip bola-bola dalam wedang ronde di Indonesia. Namun, dango umumnya disajikan dalam tusukan sate berjumlah tiga hingga empat buah per tusuk.

7.      Dorayaki

Siapa yang suka yang nonton Doraemon pasti kenal dengan kue favorit si robot kucing ini. Dorayaki secara tradisional terdiri atas isian pasta kacang merah azuki yang diapit oleh dua buah roti mirip pancake. Namun, variasi dorayaki modern saat ini memiliki isian beragam antara lain, cokelat, selai buah, krim kocok, custard, hingga krim rasa matcha.

source: istockphoto

8.      Taiyaki

Jajanan unik khas Jepang ini sering muncul juga dalam anime seperti Crayon Sinchan. Taiyaki adalah makanan ringan dengan bentuk ikan yang terbuat dari adonan mirip pancake dengan tekstur manis gurih yang renyah. Isian tradisionalnya mirip seperti kue Jepang lain yakni pasta kacang yang manis. Akan tetapi, versi modern banyak yang berisi krim cokelat, custard, krim keju, bahkan es krim.

source: istockphoto

9.      Melon Pan

Melon pan (dibaca: merong pang) merupakan variasi jenis roti manis untuk kudapan yang sangat populer kalau kalian berkunjung ke negeri Sakura tersebut. Meskipun bernama melon, tapi secara tradisional nggak ada hubungannya sama rasa buah tersebut. Meskipun saat ini sudah ada melengkapinya dengan rasa dan isian buah melon. Penyebutan nama ini, lebih karena bentuknya yang bulat dengan bagian luar yang renyah dan keras, namun dalamnya lembut seperti bentuk buah melon.

source: istockphoto

10. Mochi Daifuku

Mochi adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari tepung beras yang bertekstur kenyal. Salah satu jenis mochi yang terkenal adalah daifuku. Daifuku merupakan jenis mochi berbentuk bulat dengan isian pasta kacang manis dan bagian luarnya ditaburi tepung kentang supaya gak lengket.

source: istockphoto

Variasi daifuku modern yang populer sering juga berisi stroberi (ichigo), kacang-kacangan (mame), dan es krim. Jajanan ini harus dimakan dengan cepat saat baru matang supaya tekstur kenyalnya masih terasa dan gak menjadi keras jika dibiarkan terbuka.

Gimana Nibblers, menggugah selera banget kan deretan jajanan khas Jepang tersebut? Kira-kira kalian paling ingin mencoba yang mana dulu nih? Share di kolom komentar ya!

Related Articles

Connect with Nibble