Nibble'S Guide

10 Kuliner di Simpang Lima Semarang yang Murah Meriah dan Komplit

by Danang Lukmana | June 27, 2022

10 Kuliner di Simpang Lima Semarang yang Murah Meriah dan Komplit

Yuk berburu kuliner di Simpang Lima Semarang yang enak, murah meriah, dan juga khas. Kawasan pusat kota Semarang ini bukan hanya ikonik karena destinasi wisata dan pusat berkumpulnya masyarakat saja, ada banyak kuliner enak di sini. Dari mulai jajanan kaki lima dan warung makan yang enak bisa kamu temui dengan mudah. 

Buat yang mau memuaskan lidah dan perut, berikut pilihan kuliner di Simpang Lima Semarang yang wajib dicoba.

1. Nasi Ayam Bu Sami

Kuliner di sekitaran Simpang Lima Semarang yang pertama bisa kamu coba adalah Nasi Ayam Bu Sami. Menu nasi ayam khas Semarang memang jadi kuliner wajib yang kamu harus coba kalau mau kulineran di kota ini. Salah satu penjual nasi ayam khas Semarang yang terkenal lezat dan bisa ditemui di dekat Simpang Lima adalah Nasi Ayam Bu Sami.

Nasi ayam Bu Sami sudah berjualan sejak tahun 1970-an dan sampai saat ini jadi favorit karena harga terjangkau serta lokasi strategis. Seporsi nasi ayamnya berisi nasi gurih, siraman sayur labu siam, suwiran daging ayam, krecek, dan juga kuah kuning opor. Tambahan lauknya ada tahu dan telur bacem, sate kulit ayam, sate jeroan, dan sate telur puyuh.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Pojok Matahari Simpang Lima, Karang Kidul, Semarang Tengah, Semarang.

2. Nasi Ayam Bu Wido

Kalau ngomongin soal nasi ayam legendaris lainnya yang ada di Semarang, gak lengkap kalau belum nyobain makan di Bu Wido. Lokasinya yang berada di kawasan Jalan Melati Selatan, Brumbungan, juga terhitung gak terlalu jauh dari area Simpang Lima. Berbentuk warung sederhana, kamu hanya perlu waktu 3 menit berkendara dari daerah Simpang Lima tersebut.

Dengan disajikan di atas wadah pincuk daun pisang, kamu bisa mendapatkan nasi gurih, siraman sayur labu siam, kuah krecek, dam suwiran ayam. Kamu juga bisa memesan daging per potongan serta aneka tambahan lauk yang tersaji di meja. Ada sate kulit ayam, sate usus, sate ati ampela, kepala ayam, ceker, dan gorengan.

Source: @the.lucky.belly

Alamat: Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

3. Nasi Liwet Bu Widodo

Berada persis di pojokan kawasan Simpang Lima Semarang, warung Nasi Liwet dan Nasi Ayam Bu Widodo juga bisa untuk mengisi perut laparmu. Jam bukanya malam hari sampai pagi dini hari waktu sarapan, membuatnya memang cukup unik dan pas untuk orang yang suka begadang. Bumbunya pun lebih ringan dibanding nasi ayam gaya Semarang lainnya, sehingga gak bikin perut “berat” saat disantap tengah malam.

Menu nasi liwet yang sedikit mirip dengan gaya kuliner khas Solo menjadi salah satu menu andalan di sini. Komposisinya ada nasi gurih, siraman sayur labu, suwiran ayam, krecek, telur bumbu, serta kuah opor yang manis gurih. Tambahan lainnya ada sate jeroan, sate telur muda, gorengan, serta kerupuk.

Source: @dentist.chef

Alamat: Jl. Simpang Lima, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

4. Nasi Pecel Mbok Sador

Beralih kuliner nasi pecel, ada pilihan tempat makan yang enak di kawasan Simpang Lima Semarang, yaitu Nasi Pecel Mbok Sador. Berlokasi di area semacam foodcourt terpadu, kamu akan nyaman untuk bersantap di sini. Apalagi jam bukanya dari sore sampai malam, membuatnya jadi buruan selepas jam pulang kerja. 

Seporsi nasi pecelnya murah berisi nasi, bayam, kacang panjang, tauge, kembang turi, dan juga siraman saus kacang gurih, pedas, manis. Menu pendampingnya ada telur dadar/ceplok, telur asin, tempe tahu bacem, perkedel, empal, babat, iso, paru, dan jeroan lainnya. Supaya lebih kriuk ada rempeyek, kerupuk gendar, dan sate keong.

Source: @siannakaur

Alamat: Jl. Pahlawan No.1, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang.

5. Soto Ayam Mbak Lin

Di Jawa Tengah gak komplit kalau belum mencicipi sajian berkuah hangat dalam semangkuk soto. Kuliner soto di sekitaran Simpang Lima Semarang yang bisa kamu nikmati adalah Soto Ayam Mbak Lin di Jalan Ki Mangunsarkoro. Buka dari jam 7 pagi, semangkuk soto hangat bergaya soto Kudus bisa kamu nikmati untuk sarapan sampai makan malam.

Seperti umumnya soto bergaya Kudus, satu sajiannya disuguhkan memakai mangkuk kecil yang khas. Dalam satu mangkuknya berisi komposisi nasi putih, suwiran ayam, kecambah, bawang goreng, daun bawang, dan siraman kuah gurih. Sebagai tambahannya ada perkedel kentang, sate kerang, sate ayam, tempe goreng, otak sapi goreng, dan sate telur puyuh.

Source: @_mykuliner__

Alamat:  Jl. Ki Mangunsarkoro No.15, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

6. Soto Bangkong

Ngomongin soto di Semarang yang legendaris dan terkenal, pastinya ada nama Soto Bangkong yang sudah buka sejak tahun 1950. Salah satu cabangnya yang berada di Jalan Brigjen Katamso hanya berjarak 7-10 menit berkendara dari kawasan Simpang Lama. Tenang saja, meskipun namanya bangkong tapi gak memakai bahan daging bangkong alias kodok besar kok.

Nama bangkong dalam sajian ini karena sang penjual awalnya berjualan di wilayah yang masih banyak kodoknya. Semangkuk sotonya berisi nasi putih, suwiran ayam, bihun, daun bawang, tomat, dan siraman kuah bening berempah. Seperti sate lainnya, pendampingnya ada sate kerang, sate ati ampela, dan sate telur puyuh yang dimasak semur.

Source: @nonik.kuliner

Alamat: Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No.1, Peterongan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang.

7. Tahu Gimbal Pak Edi

Makanan khas Semarang lainnya yang juga wajib kamu coba dan lokasinya gak jauh dari kawasan Simpang Lima ada tahu gimbal. Tahu Gimbal Pak Edi jadi pilihan pas dan legendaris untuk menikmati sajian khas satu ini yang lezat. Lokasinya yang berada di sekitar kawasan Taman Indonesia Kaya, hanya berjarak sekitar 3 menit berkendara dari Simpang Lima.

Satu porsi tahu gimbal punya komposisi potongan lontong, irisan kubis, tahu goreng, dan tentu saja gimbal udang atau bakwan udang. Bahan isian tersebut selanjutnya akan disiram dengan kuah saus kacang yang punya cita rasa gurih manis. Jangan lupa dinikmati dengan kerupuk udang yang gurih dan kriuk.

Source: @bubueataway

Alamat: Jl. Pandanaran No.2, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang.

8. Tahu Petis Prasojo

Kali ini ada camilan atau jajanan khas yang juga tersedia di kawasan pujasera Simpang Lima Semarang untuk kamu coba. Namanya adalah Tahu Petis Prasojo yang sudah ada sejak tahun 1980-an dan jadi salah satu pelopor di kawasan Simpang Lima. Dengan harga murah selayaknya gorengan pada umumnya, tentu di sini jadi pilihan jajanan favorit khas Semarang.

Sajian tahu ini berasal dari tahu pong yang bagian tengahnya kosong, tapi diisi dengan saus petis hitam. Saus petisnya yang hitam pekat mempunyai rasa asin gurih dengan aroma udang yang cukup kuat dan menggugah selera. Selain tahu petis, ada juga gorengan lain seperti lumpia, tahu bakso, risoles, dan mendoan.

Source: @tahu.petis.prasojo

Alamat: Pleburan, Semarang Selatan, Semarang.

9. Lunpia Cik Me Me

Siapa sih yang nggak tau sajian lumpia khas Semarang yang memang jadi kuliner ikonik dari kota ini? Dari beberapa pilihan tempat lumpia terkenal yang gak jauh dari kawasan Simpang Lima, rekomendasi yang bisa kamu coba ada Lunpia Cik Me Me.  Nama Cik Me Me sendiri merupakan panggilan dari sang pendiri yaitu Meliani Sugiarto yang merupakan generasi kelima dari pendiri lumpia legendaris Semarang.

Jika umumnya lumpia tradisional hanya berisikan olahan rebung (bambu muda) dan udang, maka di sini kreasi lebih terkini. Di sini tersedia lumpia crab isian daging kepiting, lalu ada lumpia ikan kakap, lumpia jamur, hingga lumpia keripik. Ada juga isian lumpia yang unik yaitu lumpia isi daging kambing muda. 

Source: @lunpiacikmeme

Alamat: Jl. Gajahmada No.107, Miroto, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

10. Es Puter Cong Lik

Malam hari sudah biasa bagi masyarakat Semarang untuk menikmati sajian dingin seperti es krim. Ngomongin kuliner es krim tradisional yang khas dan gak jauh dari kawasan Simpang Lima Semarang, maka ada nama Es Puter Cong Lik. Memakai resep jadul, kamu akan mendapatkan es krim yang terbuat dari bahan santan sehingga punya rasa manis sedikit asin gurih.

Seporsi sajian es tradisional ini berisi beberapa scoop es puter, irisan roti, biji mutiara, dan daging kelapa muda. Varian rasa es krimnya daging durian utuh, kelapa muda, daging alpukat, cokelat, serta mix dua macam rasa. Tapi saat momen tertentu seperti Ramadan, tersedia tambahan lain seperti nangka, sirsak, kacang hijau, blewah, leci, hingga lontar atau siwalan.

Source: @suroboyomaknyus

Alamat: Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

Nah itu dia deretan kuliner di sekitaran Simpang Lima Semarang yang dijamin maknyus dan punya cita rasa khas. Ibukota Jawa Tengah ini juga menyimpan ragam kuliner khas yang gak kalah dibandingkan kota-kota besar lainnya. Jadi yuk kulineran di Semarang!