Foodies Guide To F&B Industry

Photo by NFK

9 Makanan Mood Booster buat Anak Millennial

January 16, 20205 min readHealthy Foodie

Kesibukan, aktivitas, atau faktor lingkungan sekitar bisa jadi alasan yang membuat mood ambyar seketika. Jangan sampai mood jelek ini mempengaruhi hari kalian. Biar mood jelek cepat hilang, kalian bisa lho memanfaatkan makanan mood booster.

Yup, menurut beberapa penelitian, ada makanan-makanan tertentu yang bisa membangkitkan semangat dan memperbaiki mood yang kacau. Rahasianya terdapat pada kandungan makanan tersebut yang bisa mempengaruhi hormon dan cara kerja otak.

Mau tahu makanan mood booster apa saja yang bisa ngilangin stres dan membuat kita tersenyum lagi? Simak yuk!

1. Boba

Siapa coba yang tak suka boba? Olahan teh dengan bola-bola tapioka yang kenyal sukses menjadi mood booster nomor satunya anak millennial. Itu semua dapat terjadi karena kandungan gula dalam boba.

Gula bisa dikatakan dapat memuaskan pusat ‘nafsu’ di otak kita, meningkatkan tekanan darah, serta detak jantung kita. Jadi jangan heran kalau kita mendadak lebih berenergi setelah makan boba. Sesekali tentu tidak apa dilakukan, khususnya saat kalian sedang butuh mood booster instan. Tapi jangan terlalu sering mengandalkan boba sebagai mood booster ya.

Selain bisa bikin berat badan meningkat, lonjakan energi tiba-tiba dalam tubuh justru bisa membuat kita merasa semakin down. Buat yang saat ini lagi butuh asupan boba, kalian bisa cek 15 Boba Enak di Jakarta yang Bikin Lidah Gemes.

2. Cokelat

Sejak dulu, cokelat juga dipercaya jadi makanan mood booster yang handal. Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau mood seseorang bisa semakin baik saat makan atau minum cokelat. Tapi ingat, biar aman, kalian harus memilih dark chocolate ya. Kandungan dalam makanan ini dapat melepas hormon endorphin dan meningkatkan serotonin pada otak. Hasilnya, kita bisa merasa lebih happy dan hormon stress di otak semakin berkurang.

3. Ice Cream

Makanan mood booster yang satu ini cocok banget dengan cuaca panasnya Jakarta. Kesegaran ice cream tak hanya mengenyahkan perasaan gerah dan kepanasan, kandungan gula pada ice cream juga menaikkan level serotonin yang bikin kita makin bahagia. Tapi kalian mesti ingat, sama seperti boba, ice cream tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering untuk memperbaiki mood yang rusak.

Sebagai alternatif, kalian bisa memilih gelato sebagai pilihan terbaik. Cek yuk 8 Tempat Makan Gelato di Jakarta Yang Bikin Ketagihan.

4. Green Tea

Photo source: plantd

Meski masuk dalam kategori minuman, green tea juga sering disebut-sebut sebagai makanan mood booster terbaik. Manfaat green tea memang tidak perlu diragukan. Sejumlah penelitian menyatakan kalau kandungan pada green tea bisa menekan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson .

Nah, salah satu jenis green tea yang sering kita kenal dengan sebutan matcha ternyata kaya akan asam amino L-theanine yang bisa bikin kita lebih relax dan tenang lho. Langsung aja yuk, serbu 7 Green Tea Latte di Jakarta Paling Nikmat.

5. Kacang-Kacangan

Kebiasaan makan kacang setiap hari mungkin kurang familiar di Indonesia. Tapi siapa sangka, banyak penelitian yang menegaskan kalau kacang sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Alasannya karena kacang dapat memenuhi kebutuhan serat, protein dan lemak sehat yang kita butuhkan. Hanya saja, kita perlu membatasi asupan kacang yang kita makan ya.

6. Yoghurt

Probiotik alias bakteri baik yang terkandung pada yogurt juga bisa meningkatkan mood. Hal tersebut dibenarkan oleh penelitian dari Leiden Institute of Brain. Para peneliti menyatakan kalau yogurt bisa jadi makanan mood booster terbaik untuk memerangi rasa cemas, depresi, dan mudah tersinggung. Nilai plusnya, yogurt mengandung cukup kalsium yang bermanfaat untuk tubuh juga. Mau berburu yogurt? Datengin aja 7 Frozen Yogurt Yang Segar dan Sehat di Jakarta.

7. Daging merah

Kalian yang merupakan para karnivor atau penggemar berat daging boleh bersorak gembira karena daging merah juga ditetapkan sebagai makanan mood booster paling ampuh.

Ada penelitian yang menyebutkan kalau seseorang yang makan daging lebih sedikit, ternyata memiliki risiko dua kali lebih besar mengidap depresi. Sebaliknya, penyuka daging merah diakui lebih kebal pada depresi. Hal ini karena daging mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk kesehatan mental dan fisik.

Namun, jangan sampai berlebihan mengonsumsinya ya. Utamakan untuk menyantap daging tanpa lemak dengan porsi sedang sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Kalian bisa mampir ke 8 Restoran BBQ di Jakarta Buat Yang Suka Daging.

8. Kopi

Beli kopi setiap hari di coffee shop ternama memang bisa bikin bangkrut di akhir bulan. Tapi, itu worth it kok untuk memperbaiki mood kalian yang berantakan. Studi yang dilakukan tahun 2016 lalu yang diterbitkan di Australian and New Zealand Journal of Psychiatry mengemukakan bahwa konsumsi kafein bisa menurunkan risiko depresi dan anxiety.

Kafein tersebut berfungsi untuk meningkatkan produksi serotonin dan dopamin di otak yang bikin kita merasa bahagia. Jangankan meminum kopi, menghirup aroma kopi saja bisa mengurangi stress kita lho.

Namun, jangan sampai berlebihan mengonsumsi kopi karena dapat membuat kita gelisah.  Jangan pula minum kopi saat perut masih kosong di pagi hari, bisa-bisa itu justru membuat kita pusing sepanjang hari. Yang lagi bad mood, mampir yuk ke 16 Coffee Shop di Jakarta Paling Nyaman.

9. Makanan pedas

Photo source: @eattemptationsby

Pernah nggak waktu kalian sedang bad mood banget, tiba-tiba ngidam makanan pedas untuk melampiaskan kekesalan? Rasa ngidam kalian nggak salah kok, makanan pedas memang bisa memproduksi hormon-hormon yang bikin kita merasa lebih baik, yaitu serotonin. Hormon tersebut kemudian akan mengurangi perasaan stress, sedih, dan juga depresi. Mencari makanan pedas? Kalian bisa cobain 20 Jenis Sambal Dari Seluruh Penjuru Nusantara ini.

Nggak nyangka ya, ternyata makanan mood booster bisa ditemukan di sekitar kita dengan mudahnya. Makanan mood booster apa nih favorit kalian?

Related Articles

Connect with Nibble