Nibble'S Guide

10 Kuliner Malam Surabaya Buat Ngobatin Laper Malam Hari

by Danang Lukmana | September 30, 2021

10 Kuliner Malam Surabaya Buat Ngobatin Laper Malam Hari
Ada banyak lho pilihan kuliner malam Surabaya yang layak untuk kamu jajal. Gak ada matinya kalau membicarakan makanan di Kota Pahlawan yang satu ini. Dari mulai kuliner khusus malam hari hingga yang buka 24 jam, siap membuat perut kenyang dan lidah bergoyang. Berikut ini daftar kuliner malam Surabaya yang wajib masuk dalam destinasi makan-makanmu!

1.      Nasi Bebek Tugu Pahlawan

Kuliner malam pertama yang harus kamu cobain adalah Nasi Bebek Tugu Pahlawan. Diberi nama tersebut karena memang lokasinya berada di depan Tugu Pahlawan Kota Surabaya. Tekstur daging bebek goreng di sini benar-benar empuk dan bumbu rempahnya meresap sampai ke dalam. Tambah nikmat dengan sambalnya yang pedas dan sangat nikmat. Jam bukanya dari pukul 6 sore sampai pukul 11 malam ya.

Source: @the.lucky.belly

Alamat: Jl. Tembaan No. 19A, Bubutan, Surabaya.

2.      Nasi Babat Cak Yasin

Di daerah Dukuh Kupang ada tempat makan nasi babat yang terkenal enaknya, yakni Nasi Babat Cak Yasin. Tempat makan ini buka selama 24 jam kok, jadi kapan pun kamu lapar bisa datang langsung ke TKP. Menu utama di sini tentu saja nasi dengan babat sapi goreng yang gurih banget karena sebelumnya sudah dibumbui. Ada juga pilihan potongan jeroan lainnya seperti usus dan paru yang gak kalah enak.

Source: @ammamamo

Alamat: Jl. Raya Dukuh Kupang No.30, Dukuh Kupang, Kec. Dukuhpakis, Kota Surabaya.

3.      Sego Sambel Mak Yeye

Ngomongin kuliner malam Surabaya gak lengkap kalau belum cobain Sego Sambel Mak Yeye yang sudah sangat terkenal ini. Tempat makan sego sambal ini khusus buka malam hari dari jam 9 malam hingga jam 4 subuh. Pilihan makanannya sederhana saja, berupa nasi dengan siraman sambal pedas dan lauk seperti iwak pe, telur dadar, hingga tempe goreng.

Source: @panzkuliner

Alamat: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya.

4.      Nasi Bali Pengampon

Pilihan buat kamu yang sering dilanda kelaparan tengah malam adalah Nasi Bali Pengampon. Kedai makan di Jalan Kalianyar Kulon, Pabean Cantian ini buka pukul 21.30 sampai jam 01.00 dini hari. Menu utama di sini tentunya nasi Bali, yang merupakan nasi putih dengan lauk telur rebus atau goreng, tempe, tahu, dan daging yang dimasak dengan bumbu merah. Cita rasanya gurih pedas dan pas untuk dinikmati tengah malam.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Kalianyar Kulon II No.1, RT.002/RW.07, Bongkaran, Pabean Cantian, Surabaya.

5.      Bubur Ayam Mang Dudung

Siapa bilang hangatnya semangkuk bubur ayam hanya pas dinikmati untuk sarapan? Di Surabaya ada lho bubur legendaris yang berjualan malam hari, namanya Bubur Ayam Mang Dudung. Yup, di tempat makan ini memang buka dari jam 11 malam sampai jam 4 subuh. Bubur di sini punya rasa yang gurih dan dilengkapi dengan keripik pangsit, ati ampela, serta telur ayam setengah matang. Apabila telur ayamnya diaduk maka akan menghasilkan tekstur yang creamy.

Source: @foo.ga

Alamat: Jl. Kedungdoro No. 107, Tegalsari, Surabaya.

6.      Tahu Campur dan Tahu Tek Cak Kahar

Daerah Jalan Embong Malang yang cukup ramai dan strategis, terdapat kedai Tahu Campur Cak Kahar yang cukup legendaris. Buka dari jam 4 sore hingga 12 malam, kamu bisa menikmati menu tahu campur dan tahu tek yang khas Surabaya. Bumbu petis di sini cukup berasa tendangannya dan pas dinikmati sebagai kuliner malam.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Embong Malang No. 78 G, Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

7.      Rawon Kalkulator

Di sekitaran Taman Bungkul terdapat tempat makan rawon yang legendaris bernama Rawon Kalkulator. Dinamakan Rawon Kalkulator karena pegawai di sini terbiasa berkomat-kamit untuk menghitung jumlah harga secara tepat dan cepat. Selain kuahnya yang gurih nikmat, potongan daging di sini juga terkenal besar-besar dan bikin puas. Dahulu jam bukanya dari pagi hingga jam 3 subuh, tapi sejak pandemi rawon ini buka cuma sampai jam 11 malam.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Sentra PKL Taman Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya.

8.      Nasi Cumi Pasar Atom (Jl.Waspada)

Sebagian besar masyarakat Surabaya pasti mengetahui kuliner nasi cumi hitam 24 jam yang satu ini. Konon Nasi Cumi Pasar Atom yang ada di Jalan Waspada ini sering dikunjungi artis dan tokoh penting yang berkunjung ke Surabaya. Dalam seporsinya berisi cumi yang dimasak hitam, tahu dan telur bumbu Bali, empal, perkedel, hingga peyek udang yang nikmat banget. Nasi cumi ini cocok buat kamu yang BM kuliner sedepan di Surabaya.

Source: @laparlagimakanlagi

Alamat: Jl. Waspada No.30, Bongkaran, Kota Surabaya.

9.      Pecel Rawon Pucang

Bagaimana ya rasanya makan pecel yang diberi kuah rawon? Kombinasi kedua makanan tersebut bisa kamu cobain di Pecel Rawon Pucang. Awalnya mungkin terlihat agak aneh, tetapi setelah dicoba rasanya sangat enak. Kamu juga bisa memilih aneka lauk lainnya, mulai dari telur, ayam goreng atau empal. Tempat yang buka dari jam 9 malam sampai jam 4 subuh ini gak pernah sepi dari pelanggan.

Source: @amazingindonesiafood

Alamat: Jl. Pucang Anom No.17, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Kota Surabaya.

10.   Es Kacang Ijo Man Men

Setelah membahas kuliner berat yang bercita rasa gurih pedas, akan lebih baik ditutup dengan membahas kuliner manis. Salah satu kuliner malam yang punya cita rasa manis dan segar adalah Es Kacang Ijo Man Men. Bukanya mulai dari jam 7 sore sampai tengah malam. Menu utamanya tentu saja es kacang ijo dengan tambahan ketan hitam, degan (kelapa muda), susu, hingga durian.

Source: @eskacangijomanmen_arjuno

Alamat: Jl. Arjuno No. 154, Sawahan, Surabaya. Cukup beragam bukan pilihan kuliner malam di Surabaya? Dari mulai nasi bebek, sego sambel, rawon, hingga es kacang ijo siap menemani waktu malam kamu. Oh iya, terkait era pandemi ada beberapa pedagang lebih memajukan waktu operasionalnya. Namun geliat kuliner malam di Kota Pahlawan masih tetap semarak dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.