Foodies Trends

9 Dessert Ini Sering Muncul di Drama Korea

by Danang Lukmana | August 08, 2021

9 Dessert Ini Sering Muncul di Drama Korea
Pencinta drama Korea pasti sudah sering melihat sajian makanan khas Korea baik itu main course ataupun dessert yang populer. Khusus dessert, sajian makanan penutup khas Korea umumnya sangat lucu, menarik, dan tentu saja menggugah selera siapa saja yang melihatnya. Apalagi sambil melihat aktris dan aktor di dalam drama yang lahap menikmatinya. Wah dijamin pasti tambah ngiler deh. Ciri khas dessert Korea itu terdiri atas beragam kue hingga es yang dibentuk secara unik dan cantik menggugah selera. Dibuat dengan beragam bahan dan warna, sehingga rasanya sangat bervariasi. Ingin tahu apa saja sih nama dessert yang kalian sering liat di drama Korea? Berikut Nibble rangkumkan seperti yang dirangkum dari TasteAtlas dan Kimchimari.

1.      Patbingsu

Gak cuma Indonesia yang punya menu dessert es campur, ternyata di Korea juga ada menu yang hampir serupa lho namanya patbingsu. Patbingsu atau bing soo memang salah satu menu hidangan penutup manis yang sangat populer yang mempunyai arti es serut kacang merah. Secara tradisionalnya, hidangan ini terdiri dari serutan es,kacang merah azuki, dan susu kental manis. bingsu drama korea

source: istockphoto

Tetapi variasi lebih modern menyajikan aneka topping beraneka macam bahan dan warna. Kalian bisa memilih sendiri isiannya sesuai selera, seperti aneka potongan buah-buahan segar, sereal,  dan kue lainnya. Karena mirip sajian es campur, dessert ini cocok dinikmati di siang hari ketika musim panas.

2.      Hotteok

Nah, kalau dessert yang satu ini dikenal sebagai pancake ala Korea. Hotteok berbentuk bulat pipih serta terbuat dari tepung gandum, susu, gula, air, dan juga tambahan ragi secukupnya. Berbeda dari pancake Western pada umumnya, makanan yang satu ini digoreng menggunakan minyak dan sudah ada isian manis di dalamnya. Isian manisnya bisa dipilih sesuai selera, seperti gula merah cair, madu, kacang-kacangan, hingga cokelat.

source: istockphoto

Biasanya dijual sebagai jajanan pinggir jalan di berbagai stan jalanan Korea, terutama saat cuaca dingin. Dipercaya bahwa hotteok ditemukan pada akhir abad ke-19 ketika pedagang Tiongkok mengikuti tentara negara mereka ke Korea. Versi pancake Tiongkok umumnya berisi isian gurih, sedangkan orang Korea lebih suka isian yang manis.

3.      Hwajeon

Hwajeon yang menjadi makanan penutup khas yang terbuat dengan bahan dasar tteok atau kue beras. Bagi penggemar film dan drama Korea pasti sudah gak asing lagi sama makanan ini karena lumayan sering muncul. Makanan ini adalah kreasi kue beras yang digoreng dengan bagian atas diberi bunga yang bisa dimakan.

source: wikipedia

Secara etimologi bahasa, dessert ini berasal dari bahasa Sino-Korea yakni “hwa” dan memiliki arti bunga goreng. Diyakini bahwa hwajeon berasal dari Dinasti Koryo dan sering dikonsumsi pada liburan tradisional musim semi.

4.      Dasik

Dasik adalah sajian dessert kecil mungil yang ditata secara dekoratif sebagai teman minum teh. Makanan kecil ini diperkenalkan ke Korea bersamaan dengan budaya minum teh yang awalnya cuma diperuntukkan bagi bangsawan dan kelas atas yang kaya. dasik drama korea

source: wikipedia

Umumnya terbuat dari bahan dasar tepung beras, tepung chestnut, wijen hitam, dan kacang-kacangan. Supaya lebih artistik dan dekoratif, dasik selalu dibuat dengan cetakan khusus serta tambahan berbagai warna yang cantik.

5.      Yaksik

Sekilas dari tampilannya, makanan satu ini mirip seperti kue wajik dari Indonesia. Yaksik berbentuk nasi ketan lengket yang dimasak pakai saus manis. Makanan ini adalah kombinasi nasi ketan, madu, kacang pinus, buah jujube kering, dan chestnut. Selanjutnya yaksik dimasak pakai saus cokelat gelap yang terdiri dari gula karamel, kayu manis, kecap, dan minyak wijen hingga meresap.

source: istockphoto

Setelah yaksik matang dan mulai hangat, adonan nasi ketan manis ini bisa dituan di atas nampan atau loyang cetak. Selanjutnya ketika sudah dingin, yaksik bisa dipotong kotak-kotak dan bisa dimakan dengan tangan. Zaman dahulu ia dianggap makanan obat karena ada kandungan madunya.

6.      Bungeoppang

Dessert unik Korea selanjutnya adalah Bungeoppang yang berbentuk kue ikan mas. Asal katanya dari bungeo yang artinya ikan mas, dan ppang yang punya arti roti. Jadi ciri khas makanan ini adalah adonan tepung terigu yang dicetak menyerupai ikan dan diisi pasta kacang merah azuki.

source: istockphoto

Oh iya bungeoppang ini serupa lho sama jajanan khas Jepang yang bernama taiyaki. Karena memang makanan ini diperkenalkan ke Korea ketika dibawah pendudukan Jepang di tahun 1930. Sama seperti taiyaki, bungeoppang juga sering ditemukan saat festival.

7.      Chapssaltteok

Chapssaltteok adalah makanan penutup Korea Selatan yang dibuat dengan adonan tepung beras ketan dan pasta kacang merah azuki. Karena bentuknya mirip mochi dalam makanan Jepang, maka chapssaltteok disebut mochinya Korea.

source: istockphoto

Dessert ini memiliki ciri khas berupa tekstur yang padat, kenyal, dan cukup populer untuk disiapkan di rumah sebagai teman minum teh dan camilan anak-anak. Terkadang, chapssaltteok diberikan kepada siswa yang akan menghadapi ujian penting. Makanan ini dianggap pengharapan untuk membawa keberuntungan bagi mereka.

8.      Yakgwa

Yakgwa terbuat dari tepung terigu dan minyak wijen yang digoreng. Secara tradisional kue ini dibentuk menjadi bentuk bulat atau bunga, lalu disiram sirup manis dan madu sampai meresap.

source: istockphoto

Sama seperti yaksik, kata yak dalam yakgwa juga mengandung arti obat karena kandungan madu di dalamnya. Makanan penutup Korea kuno ini diyakini berasal dari akhir era Silla. Secara tradisional hanya disajikan di berbagai perayaan dan acara-acara khusus.

9.      Songpyeon

Songpyeon adalah kue beras yang dibuat dengan 100% adonan tepung beras yang kemudian dibentuk tangan dan dikukus. Sebelum dikukus, makanan ini akan diberi isian manis yang terbuat dari kacang merah, kedelai, biji wijen, jujube, dan madu.

source: istockphoto

Biasanya songpyeon dihadirkan dalam bentuk bulat atau setengan bulan (half moon). Nah, makanan manis kenyal ini adalah sajian wajib di rumah selama perayaan Chuseok di Korea untuk merayakan hasil panen yang melimpah. Itu dia 9 deretan dessert khas yang biasanya muncul dalam film dan drama Korea. Sangat cantik-cantik dan menggugah selera. Kalau kalian paling ingin mencoba dessert yang mana nih?