Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Sayur Rendah Karbohidrat untuk Program Dietmu

June 18, 20213 min readHealthy Foodie

Sayuran merupakan salah satu asupan nutrisi penting bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet. Beberapa jenis sayur sangat baik dikonsumsi karena sangat kaya kandungan  mineral, vitamin, dan nutrisi penting lainnya untuk tubuh.

Ada beberapa jenis sayur rendah karbohidrat yang berguna mendukung keberhasilan program diet kalian. Terutama bagi yang menjalankan program diet rendah karbohidrat seperti diet Keto, Atkins, dan DEBM.

Untuk melakukan diet rendah karbohidrat tersebut, umumnya orang akan dibatasi konsumsi karbonya hanya sekitar 150 gram per hari. Nah, cara terbaik untuk mensukseskannya adalah lebih banyak lagi konsumsi sayuran dalam menu makan kalian.

Pilihan Jenis Sayur Rendah Karbohidrat

Berikut ini adalah pilihan jenis sayur-sayur rendah karbohidrat yang bisa konsumsi secara rutin, dikutip dari Healthline dan DietDoctor,

1.      Brokoli

brokoli sayur rendah karbohidrat

source: freepik

Brokoli adalah salah satu sayuran yang sering direkomendasikan dalam program diet sehat dan masuk kategori superfood. Studi juga menunjukkan bahwa kerabat dari kembang kol ini bisa menurunkan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe-2. Selain itu, kandungan vitamin C dan K yang tinggi dapat membantu melawan kanker.

Dalam 90 gram brokoli, hanya mengandung 4 gram karbohidrat saja. Selain itu sayuran ini dilengkapi serat untuk melancarkan pencernaan.

2.      Jamur

jamur sayur rendah karbohidrat

source: freepik

Jamur dikenal sebagai bahan makanan yang sangat rendah karbohidratnya. Bayangin, dalam 70 gram jamur putih mentah hanya mengandung 1 gram saja karbo, dan sisanya adalah serat. Selain itu, bahan makanan ini juga bersifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi risiko peradangan pada penderita gangguan sistem metabolik.

3.      Zucchini

zucchini sayur rendah karbohidrat

source: freepik

Zucchini adalah sayuran yang secara tampilan mirip terong Jepang tapi punya tekstur yang padat dan empuk. Sayuran ini juga lengkap dengan kandungan nutrisi penting di dalamnya, seperti protein, serat, vitamin A dan C, mangan, folat, potasium, magnesium, dan masih banyak lagi. Dalam satu buah zucchini (sekitar 125 gram) hanya mengandung karbohidrat sebanyak 3 gram saja.

4.      Bayam

bayam sayuran rendah karbohidrat

source: pexels

Sudah gak perlu diragukan lagi bahwa sayuran ini memang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Dalam satu porsinya, sayuran ini sudah memenuhi asupan vitamin K harian kalian yang mampu merawat imunitas tubuh dan menjaga irama jantung.

Bayam mentah juga cukup rendah karbohidrat, hanya sekitar 7 gram saja per porsinya. Namun karbohidrat tersebut akan susut ketika dimasak dan hanya menyisakan 3 gram saja. Cocok deh untuk menu harian kalian.

5.      Kale

source: istockphoto

Kale merupakan sayuran trendy saat ini karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan masuk kategori superfood. Sayur ini mengandung senyawa flavonol kaempferol dan quercetin yang bersifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan dinding arteri jantung.

Per porsinya, kale hanya mengandung sekitar 6 gram karbohidrat yang bisa dicerna tubuh. Ia juga dilengkapi oleh vitamin A dan C, serta asam alfa-linolenat yang bisa mengurangi komplikasi bagi penderita diabetes, lho.

6.      Terong

source: pexels

Sayuran satu ini tentu sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia dan mudah ditemui di mana-mana. Umumnya sering diolah menjadi menu balado atau dijadikan campuran dalam sayur lodeh. Satu porsi terong juga hanya mengandung 6 gram karbohidrat dan 2 gram serat yang bisa dicerna tubuh.

Jika kalian mengonsumsi sayuran ini, jangan kupas atau singkirkan kulitnya ya. Pigmen ungu pada kulit terong terbukti mengandung senyawa antioksidan yang dikenal sebagai nasunin. Nasunin bermanfaat mengurangi paparan radikal bebas dan merawat kesehatan otak.

7.      Kubis

source: freepik

Sayuran yang juga sangat lazim ditemui di makanan Indonesia ini juga ternyata memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan. Satu porsi kubis hanya mengandung 2 gram karbohidrat dan tinggi kandungan seratnya. Selain itu sayuran ini bisa memenuhi 70% kebutuhan harian akan vitamin C dan K yang dapat mengurangi risiko kanker kerongkongan dan perut.

Nah, itu tadi Nibblers pilihan sayur rendah karbohidrat untuk mendukung program diet yang kalian jalani. Bahan sayuran tersebut masih cukup mudah kok dijumpai di sekitaran kita. Jangan ragu untuk selalu menerapkan pola hidup sehat ya!

Related Articles

Connect with Nibble