Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Buenosia Carol

9 Makanan Penghangat Tubuh untuk Musim Hujan

January 10, 20204 min readTips & Tricks

Cuaca dingin di musim hujan ternyata sangat mempengaruhi kondisi tubuh. Suhu yang dingin kerap membuat tubuh rawan mengalami penyakit, seperti flu. Nah, sebelum hal tersebut terjadi, yuk minimalisir risikonya dengan menyantap makanan penghangat tubuh yang cocok dimakan saat musim hujan. Kalau kehabisan ide makanan, coba cek beberapa rekomendasinya berikut ini.

Bakso

Photo source: @the.lucky.belly

Dinginnya hujan pasti langsung mengingatkan kalian dengan bakso. Kuah kaldu yang panas membuat bakso menjadi makanan penghangat tubuh terlaris saat musim hujan. Ditambah lagi adanya sejumlah bakso yang terbuat dari daging, itu semua seakan menambah energi kita saat hujan.

Agar hangatnya makin nendang, kalian bisa menambahkan sambal yang membuat rasanya makin nikmat. Buat yang lagi bingung mencari bakso paling recommended, simak yuk 7 Bakso Enak di Jakarta Yang Membuatmu Hangat di Musim Hujan.

Mie Instan Rebus

Photo source: @tiaswidodo

Lagi hujan, tapi mager untuk cari makan? Tenang, semangkuk mie instan yang bisa dibuat dengan mudah di rumah dapat memberikan kehangatan instan untuk tubuh kita. Kuahnya yang gurih memang bikin nagih. Biasanya mie instan rebus paling enak disantap dengan telur rebus dan potongan cabai rawit. Kalau tidak mau ribet masak, kalian bisa delivery dari 11 Tempat Makan Mie Instan Hits di Jakarta.

Sup Ayam

Photo source: Freepik

Makanan penghangat tubuh yang satu ini merupakan andalan para Ibu untuk membuat keluarga tetap sehat di musim hujan. Sup ayam rumahan buatan Ibu memang tidak ada duanya. Kaldu ayamnya yang nikmat terasa pas dan familiar di lidah.

Bumbu lada dan bawang putihnya juga saling melengkapi. Sayur yang ada di dalamnya penuh gizi dan menyehatkan tubuh selama melewati musim hujan. Duh, jadi kangen 12 Masakan Ibu Paling Legendaris Sepanjang Masa yang lain.

Tom Yum

Photo source: Freepik

Tom Yum merupakan sup khas Thailand yang hadir dengan cita rasa unik. Perpaduan rasa pedas dan asamnya sangat menyatu di mulut. Rasanya hangat di perut, cocok untuk disantap selama musim hujan.

Makanan penghangat tubuh ini tampil dengan kuah merahnya yang segar. Di dalamnya terdapat beragam seafood, seperti udang, ikan, dan cumi yang gurihnya tak bisa ditolak. Kalau ngidam tom yum, kalian bisa simak 7 Tom Yum Pilihan Nibble Yang Sedap Banget di Jakarta.

Bubur Ayam

Photo source: @the.lucky.belly

Kuliner yang satu ini biasanya selalu menjadi menu pilihan saat sarapan. Terkadang bubur juga menjadi makanan andalan saat sedang sakit. Kehangatannya bubur memang seakan bisa memeluk tubuh dari dalam. Tekstur bubur yang lembut juga tidak akan membuat kita kerepotan untuk menelannya.

Rasanya makin mantap saat kalian menambahkan sambal, sate usus, dan setumpuk kerupuk di atas bubur kalian. Mau cari bubur yang murah meriah? Kalian bisa  simak rekomendasi 7 Bubur Ayam Kaki Lima Kesukaannya Orang Jakarta.

Soto

Photo source: @e_ndro

Warna kuah soto yang kuning cerah dapat menarik perhatian siapapun untuk mencicipinya. Makanan penghangat tubuh ini sangat mudah ditemukan di berbagai kota di Nusantara. Pasalnya, setiap kota biasanya punya soto dengan ciri khas masing-masing. Misalnya Jakarta terkenal dengan Soto Betawinya, Bogor punya Soto Mie, dan Surabaya punya Soto Ambengan.

Rasanya juga sedap karena terdiri dari kuah kaldu ayam atau sapi yang dipadukan dengan bumbu rempah dari kunyit, dan tidak lupa terdapat potongan ayam suwir atau daging yang menjadi sumber protein. Mau tahu tempat berburu soto enak? Cek aja 14 Soto di Jakarta yang Ngumpet Tapi Rasanya Gokil.

Sop Buntut

Photo source: @lambekuliner

Kalau butuh booster nutrisi saat musim hujan, sop buntut bisa menjadi jawabannya. Buntut sapi yang menjadi bahan utama makanan penghangat tubuh ini ternyata memiliki sejuta manfaat. Di dalamnya mengandung protein, karbohidrat, lemak, fosfor, dan zat besi.

Selain itu, terdapat pula wortel yang menjadi sumber vitamin A, tomat yang mengandung vitamin C, serta kentang yang tak kalah menyehatkan. Kuah kaldunya yang hangat pasti akan membuat kalian ketagihan. Jangan sampai melewatkan 7 Restoran Dengan Sop Buntut Yang Rasanya Paling Enak di Jakarta ya.

Pho

Photo source: @downright.social

Sajian asal Vietnam ini juga bisa menjadi pilihan makanan penghangat tubuh di kala musim hujan. Penampilan sup ini sebenarnya sederhana, hanya terdiri dari kuah kaldu dengan bumbu herbal, bihun, serta potongan daging sapi. Namun, siapa sangka kelezatannya sudah mendunia. Mungkin karena rasanya yang gurih berkat rebusan tulang sapi selama berjam-jam. Tertarik mencoba pho autentik? Yuk kunjungi 5 Restoran Vietnam di Jakarta Ini.

Shabu Shabu

Photo source: @iluvnomnom

Siapa yang tak kenal makanan Jepang yang satu ini? Cara penyajiannya yang wah dan sedikit heboh membuat banyak orang mengantri untuk mencobanya. Shabu shabu biasanya dihidangkan langsung dari pancinya. Banyak restoran Jepang yang menyediakan kompor listrik di setiap meja customer.

Di atas kompor tersebut, kita bisa memanaskan kuah dan memasak bahan isian shabu shabu, seperti daging sapi, ayam, sayuran, dan pelengkap lainnya. Panasnya kuah shabu shabu dijamin bisa menghangatkan tubuh selama musim hujan. Cobain juga yuk di 12 Restoran Shabu Shabu di Jakarta Yang Bisa Menghangatkan Perut Kamu.

Jadi, apa nih makanan penghangat tubuh favorit kalian selama musim hujan?

Related Articles

Connect with Nibble